Bantuan

Mengenal Aneka Manfaat Talas untuk Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Feb 2022

Bagikan

Talas

Pernahkah Anda bertanya apa saja manfaat talas bagi kesehatan? Talas merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Banyak olahan yang dibuat dari talas, mulai dari keripik hingga kue. Walaupun cukup populer, tetapi mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui manfaat kesehatan yang bisa diberikan oleh talas. 

Kandungan Talas

Talas merupakan salah satu umbi-umbian yang dapat memberikan banyak kesehatan bagi tubuh. Hal ini karena talas memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Setidaknya dalam 100 gram talas, terdapat kandungan gizi seperti berikut ini.

  • Protein: 1,50 gram

  • Kalori: 112

  • Karbohidrat: 26,46 gram

  • Serat

  • Folat

  • Niacin: 0,6 mg

  • Riboflavin: 0,025 mg

  • Zat besi: 0,55 mg

  • Magnesium: 33 mg

  • Manganese: 0,383 mg

  • Zinc: 0,23 mg

  • Vitamin A

  • Vitamin C

  • Vitamin E

  • Vitamin K

Manfaat Talas

Melihat banyaknya kandungan yang dimiliki talas, bukan hal yang tidak mungkin bahwa talas bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat talas untuk Anda ketahui.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat talas untuk kesehatan yang pertama, yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena talas merupakan salah satu sumber serat yang dapat menurunkan tekanan darah serta kadar kolesterol. Selain itu, talas juga memiliki kandungan pati resisten yang bisa menurunkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

  1. Menjaga kesehatan usus

Selain dapat menjaga kesehatan jantung, talas juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan usus. Hal ini dapat terjadi karena kandungan serat yang dimiliki oleh talas. Kandungan serat ini dapat menjadi makanan bagi mikroba yang berada di usus serta meningkatkan pertumbuhan bakteri baik. Bakteri baik ini nantinya akan memfermentasikan serat-serat dan menciptakan asam lemak yang bisa menyehatkan sel-sel pada lapisan usus dan membuatnya tetap kuat.

  1. Menjaga kesehatan mata

Talas memiliki banyak kandungan antioksidan seperti, cryptoxanthin dan beta karoten. Berbagai kandungan antioksidan ini sangat  bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata. Pasalnya, kandungan antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas yang menyerang mata dan mencegah terjadinya degenerasi makula atau katarak. Berkat hal inilah talas dipercaya mampu menjaga kesehatan mata. 

  1. Mencegah kanker

Selain memiliki antioksidan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan mata, talas juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah kanker. Salah satu jenis antioksidan yang mampu mencegah kanker tersebut, yaitu quercetin. Kandungan ini dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa ekstrak talas efektif dalam mengurangi penyebaran sel dan pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker payudara. 

  1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat talas bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan selanjutnya, yaitu membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang dimiliki talas. Kandungan serat ini mampu melambatkan pengosongan perut dan membuat rasa kenyang Anda bertahan lebih lama. Hal ini tentu bisa menahan nafsu makan Anda dan akhirnya jumlah kalori yang Anda konsumsi semakin berkurang. 

  1. Mengontrol gula darah

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa talas memiliki kandungan pati resisten dan serat yang tinggi. Kandungan ini dapat bermanfaat dalam mengendalikan gula darah. Disebutkan juga dalam sebuah penelitian bahwa diet tinggi serat dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan hemoglobin A1C. Hal ini bisa menjadi pertanda baik bagi pengendalian gula darah dalam jangka panjang. 

  1. Mengontrol tekanan darah

Manfaat talas bagi kesehatan yang terakhir, yaitu dapat mengontrol tekanan darah. Hal ini karena talas memiliki kandungan kalium yang merupakan elektrolit yang dibutuhkan  oleh tubuh dalam mengendalikan tekanan darah. Dalam sebuah penelitian ditunjukkan bahwa asupan kalium yang rendah memiliki hubungan dengan peningkatan tekanan darah serta stroke. 

Nah, itulah beberapa manfaat talas bagi kesehatan yang perlu Anda kenali. Setelah mengetahui berbagai manfaat tersebut, seperti talas layak untuk dimasukkan ke dalam menu makanan Anda. Talas dapat diolah menjadi berbagai olahan, seperti keripik, roti, puding hingga bolu.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Cara Memulai Pola Hidup Sehat dan Manfaatnya 

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Nutrition And You. Taro root Nutrition facts. https://www.nutrition-and-you.com/taro.html

WebMD. Health Benefits of Taro Root. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-taro-root#1

Julson, Erica. 2018. 7 Surprising Benefits of Taro Root. https://www.healthline.com/nutrition/taro-root-benefit

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang