Bantuan

Mengapa Perlu Mengonsumsi Susu Ibu Hamil? Ini Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Mar 2022

Bagikan

susu ibu hamil

Pernahkah Anda bertanya-tanya, apakah susu ibu hamil itu diperlukan? Mungkin orang tua dahulu tidak mengenal yang namanya, susu ibu hamil. Akan tetapi, dewasa ini banyak mulai dikenal berbagai jenis susu, salah satunya yaitu susu ibu hamil. Lalu pertanyaannya adalah, apakah susu ibu hamil itu diperlukan? Nah, untuk mendapatkan jawabannya, Anda perlu menyimak terus penjelasan yang ada di artikel ini. 

Perlukah Susu Ibu Hamil?

Untuk menjawab pertanyaan perlukah susu ibu hamil, pertama-tama Anda harus memahami bahwa ibu hamil sangat membutuhkan asupan nutrisi yang baik. Asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh selama kehamilan sangatlah berpengaruh pada kesehatan ibu hamil dan juga janin yang dikandung di dalamnya. 

Beberapa nutrisi yang diperlukan selama kehamilan diantaranya, yaitu kalsium, vitamin D, dan protein. Beberapa nutrisi pentingnya ini salah satunya terdapat di dalam susu. Oleh karena itu, jawaban dari perlukan susu ibu hamil yaitu perlu. 

Namun, jawabannya ini akan disesuaikan dengan kondisi setiap ibu hamil. Apabila dari pola makan, gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil sudah tercukupi, maka susu ibu hamil tidak menjadi wajib. Jadi, bagi Anda yang malas minum susu, pastikan makanan yang Anda konsumsi sudah memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut. Apabila Anda ragu mengenai kebutuhan nutrisi Anda, silakan untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Manfaat Susu Ibu Hamil

Berkat kandungan nutrisi yang diberikan saat mengonsumsi susu ibu hamil, maka Anda juga akan merasakan beberapa manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi susu ibu hamil. 

  1. Membantu anak memiliki tubuh yang tinggi

Manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi susu ibu hamil yang pertama, yaitu membantu anak memiliki tubuh yang lebih tinggi. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa, ibu hamil yang rutin mengonsumsi susu maka anaknya cenderung memiliki tubuh yang lebih tinggi. 

  1. Membantu perkembangan saraf bayi

Mengonsumsi susu saat hamil juga membantu perkembangan saraf bayi. Hal ini karena susu kaya dengan asam lemak, asam amino, dan juga asam lemak.. Tidak hanya itu, kandungan kalsium dalam susu juga membantu meningkatkan pembentukan dan perkembangan tulang bayi. 

  1. Mencegah risiko diabetes

Ibu hamil yang rutin mengonsumsi susu saat hamil, dapat membantu mencegah saat buah hati dari risiko diabetes. Hal ini karena susu ibu hamil dapat meningkatkan tingkat insulin dalam aliran darah. Dengan begitu, anak tidak mudah terserang diabetes terutama diabetes tipe 2. 

Tips Memilih Susu Ibu Hamil

Tahukah Anda, ternyata tidak semua susu baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara yang baik dalam memilih susu untuk kehamilan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat hendak membeli susu untuk kehamilan.

  • Perhatikan kandungan susu

Pada dasarnya, susu memiliki kandungan berupa protein, kalsium, dan kalsium. Namun, untuk memberikan nutrisi yang lebih baik, Anda perlu memastikan nutrisi apa saja yang terdapat pada susu yang hendak Anda beli. Beberapa nutrisi yang perlu Anda perhatikan, yaitu fosfor, asam folat, AHA dan DHA, serta vitamin B6. Semakin lengkap kandungannya, maka susu tersebut semakin baik untuk dikonsumsi. 

  • Pilih susu pasteurisasi

Tips memilih susu ibu hamil yang selanjutnya, yaitu memilih susu yang sudah dipasteurisasi. Pasteurisasi itu sendiri merupakan suatu proses untuk memanaskan susu di suhu yang sangat tinggi. Dengan begitu, bakteri yang bisa tumbuh di susu akan terhambat. Tips ini wajib untuk diterapkan karena susu yang tidak melewati proses pasteurisasi kemungkinan masih terdapat bakteri yang bisa membahayakan janin dan ibu hamil. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai susu ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Selain melalui susu, Anda bisa mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lain-lainnya. Selain itu, pastikan juga Anda rutin memeriksakan kondisi kandungan ke dokter kandungan agar kesehatan dan perkembangan janin bisa terus dipantau. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ini Jawaban dari Pertanyaan, Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

Tian C. 2017. Drinking Milk During Pregnancy – Is It Good?. https://parenting.firstcry.com/articles/drinking-milk-during-pregnancy-is-it-good-for-you/

Brar, Deepi. 2021. Is it safe to drink raw milk during pregnancy?. https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/is-it-safe-to-drink-raw-milk-during-pregnancy_10350874 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang