Bantuan

Apa Saja Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Mar 2022

Bagikan

buah nanas

Apakah Anda tahu apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil? Dari banyaknya buah yang ada, mungkin Anda bingung mana buah yang bagus untuk ibu hamil. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel kali ini akan dijelaskan buah apa saja yang bagus untuk ibu hamil. 

Mengonsumsi buah bagi ibu hamil menjadi penting karena memiliki beragam nutrisi mulai dari kalium, serat, vitamin, dan asam folat. Berbagai nutrisi ini sangat berperan penting dalam mendukung perkembangan janin dan juga kesehatan ibu. Hal inilah yang membuat ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah sebanyak 2 hingga 4 porsi per harinya. 

Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Lalu, apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil tersebut? Berikut ini akan dijelaskan beberapa rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil. 

  1. Alpukat

Buah yang bagus untuk ibu hamil pertama yaitu alpukat. Di dalam alpukat terdapat banyak nutrisi seperti asam folat, kalium, vitamin  B, dan vitamin C. Kandungan gizi yang dimiliki alpukat ini dapat membantu perkembangan otak janin, jaringan bayi, sistem saraf dan juga mengurangi morning sickness. Akan tetapi, ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi alpukat terlalu banyak karena mengandung lemak yang tinggi. 

  1. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan serat dan kalori yang dapat menjadi sumber energi sehingga terhindar dari kelelahan. Selain itu, kandungan kalium yang dimiliki pisang dapat membantu menjaga tekanan darah ibu hamil tetap normal. Tidak hanya itu, pisang juga memiliki kandungan zat besi yang dapat  membantu mencegah anemia ketika hamil. Bahkan buah pisang bisa menjadi alternatif makanan untuk menghilangkan mual ketika hamil. 

  1. Mangga

Buah mangga memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin A yang dalam buah mangga mampu mencegah munculnya komplikasi pada janin dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan kandungan vitamin C dalam buah mangga mampu menangkal radikal bebas dan meningkatkan stamina tubuh. Tidak hanya itu, mangga juga memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan sehingga mampu mencegah sembelit saat hamil. 

Baca juga: Mari Ketahui Manfaat Mangga Muda yang Sering Jadi Primadona Ibu Hamil Muda

  1. Apel

Buah yang bagus untuk ibu hamil selanjutnya yaitu buah apel. Di dalam buah apel terdapat beragam nutrisi seperti serat, kalium, vitamin A dan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil yang rutin mengonsumsi apel, menunjukkan penurunan risiko asma dan alergi pada bayi. 

  1. Nanas

Mungkin Anda sering mendengar bahwa nanas dapat menyebabkan pendarahan dan juga keguguran sehingga sering dihindari oleh ibu hamil. Namun hal tersebut belum terbukti secara ilmiah. Di sisi lain, nanas memiliki kandungan nutrisi yang cukup melimpah yaitu zat besi, asam folat, magnesium, vitamin B6, dan vitamin C. Berbagai kandungan ini sangat baik untuk ibu hamil dan juga janin yang sedang berada di dalam kandungan. 

  1. Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, fosfor dan juga kalium. Kandungan vitamin A  dan vitamin C di dalam jambu biji berperan sebagai antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang dapat menghambat perkembangan janin di dalam tubuh. Tidak hanya itu, jambu biji juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah ibu hamil. 

  1. Semangka

Buah yang bagus untuk ibu hamil yang terakhir yaitu buah semangka. Buah yang satu ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi, vitamin A, vitamin C, vitamin B,  kalium dan juga magnesium. Dengan mengonsumsi semangka,  maka membantu memenuhi kebutuhan cairan harian ibu hamil. Tidak hanya itu, buah semangka juga dipercaya dapat menangkal mual di pagi hari saat hamil. Bahkan buang semangka dipercaya dapat mengurangi bengkak di tangan dan kaki saat trimester 3 kehamilan.

Nah itulah beberapa rekomendasi buah yang bagus untuk ibu hamil. Perlu diperhatikan, sebelum mengonsumsi buah-buahan, sebaiknya dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Selain mengonsumsi buah-buahan yang disebutkan di atas, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat yang lainnya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mineral dan Vitamin untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Konsumsi agar Mendukung Tumbuh Kembangnya Janin

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

New Health Guide. Fruits and Vegetables to Eat During Pregnancy. https://www.newhealthguide.org/Fruits-To-Eat-During-Pregnancy.html

Cadman, Bethany. 2020. Which fruits should you eat during pregnancy?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322757#the-best-fruits-to-eat-during-pregnancy

McDermott, Annette. 2020. 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-fruits-to-eat#benefits

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang