Bantuan

Mengapa Mulut Terasa Pahit Saat Puasa? Ini Dia Jawabannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Apr 2022

Bagikan

mulut terasa pahit, mulut terasa pahit saat puasa

Apakah Anda pernah merasa mulut terasa pahit saat puasa? Sebenarnya, apa penyebab mulut terasa pahit saat puasa ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini telah menyiapkan beberapa informasi mengenai penyebab mulut terasa pahit saat puasa. Jadi, simak terus penjelasan yang ada di bawah ini. 

Penyebab Mulut Terasa Pahit Saat Puasa

Mulut terasa pahit merupakan salah satu keluhan yang sering dialami selama puasa. Apabila mulut terasa pahit yang Anda alami tidak disertai gejala lainnya, maka penyebabnya bukanlah hal-hal yang berbahaya. Berikut ini beberapa penyebab mulut terasa pahit saat puasa yang perlu Anda ketahui.  

  1. Naiknya asam lambung

Penyebab mulut terasa pahit saat puasa yang pertama yaitu naiknya asam lambung. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang telah memiliki riwayat mengenai masalah pada asam lambung. Jadi, saat perut tidak mendapatkan asupan apapun seharian akan membuat naiknya asam lambung. Naiknya asam lambung ini bisa membuat mulut terasa pahit karena asam lambung dapat naik hingga ke kerongkongan. 

  1. Tidak merokok

Saat berpuasa, seseorang tidak boleh makan dan minum selama seharian, termasuk menghisap rokok. Namun, bagi seorang perokok aktif biasanya akan merasa mulutnya pahit. Hal ini disebabkan karena zat kimia pada rokok merusak kemampuan pengecap seperti membedakan mana asin, manis dan pedas. Pada akhirnya, saat mereka tidak merokok mulutnya akan terasa pahit. 

  1. Tidak menyikat gigi

Tidak menyikat gigi merupakan penyebab mulut terasa pahit yang selanjutnya. Kondisi ini dapat menyebabkan sisa-sisa makan yang terdapat di sela-sela gigi akan semakin menumpuk dan memicu bakteri tubuh dengan subur. Semakin lama, kondisi ini membuat bakteri mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan menyebabkan rasa pahit di mulut. Apabila kondisi ini dibiarkan, maka bisa menyebabkan masalah gigi lainnya seperti infeksi gigi. 

  1. Tidak terpenuhi kebutuhan cairan

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Terlebih lagi saat menjalankan puasa, karena Anda lebih mudah mengalami dehidrasi. Jika Anda tidak mencukupi kebutuhan cairan, maka produksi air liur akan berkurang. Kondisi ini membuat mulut menjadi kering dan menyebabkan jumlah oksigen berkurang. Pada akhirnya, bakteri akan tumbuh dengan subur dan menyebabkan rasa pahit dan bau tidak sedap. 

  1. Sedang hamil

Wanita hamil biasanya akan merasakan mulut yang pahit. Kondisi ini biasanya menjadi tanda awal kehamilan. Hal ini karena, selama kehamilan wanita akan mengalami ketidakstabilan hormon estrogen yang mempengaruhi indra perasa. Oleh karena itu, wanita hamil akan merasa mulutnya pahit atau mual karena mencium aroma tertentu. Kondisi ini biasanya akan kembali normal setelah beberapa minggu kehamilan. 

Mengatasi Mulut Pahit saat Puasa

Setelah mengetahui apa saja penyebab mulut terasa pahit saat puasa, Anda sebaiknya juga memahami bagaimana cara mengatasi mulut pahit ini. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan, agar ibadah puasa terhindar dari mulut pahit. 

  • Rutin menyikat gigi

Jika Anda tidak ingin merasakan mulut pahit, sebaiknya rutinlah menyikat gigi sebanyak dua kali sehari yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Jika perlu, Anda bisa menggunakan benang gigi untuk mengangkat sisa makanan yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. 

  • Hindari makanan pemicu naiknya asam lambung

Salah satu penyebab mulut terasa pahit yaitu karena naiknya asam lambung. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda menghindari berbagai makanan yang sekiranya dapat memicu naiknya asam lambung. Beberapa makan yang perlu Anda hindari yaitu makanan berminyak dan makanan pedas. 

  • Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Cara terakhir untuk mengatasi mulut pahit saat puasa yaitu dengan mencukupi cairan tubuh. Setidaknya Anda perlu minum sebanyak 6-8 gelas per harinya. Anda bisa minum saat berbuka, sebelum Tarawih, setelah Tarawih, sebelum tidur, saat bangun, dan saat imsak. 

Itulah dia beberapa penjelasan mengenai apa saja penyebab mulut terasa pahit saat puasa. Semoga informasi yang telah dijelaskan di atas, dapat membantu Anda mengatasi rasa pahit yang dirasakan saat berpuasa. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mari Cegah Asam Lambung Naik Saat Puasa dengan Cara - Cara Ini!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cleveland Clinic. 2021. Common Causes for a Metallic Taste in Your Mouth. https://health.clevelandclinic.org/common-causes-for-metallic-taste-in-your-mouth/

Newman, Tim. 2018. Everything you need to know about dry mouth. https://www.medicalnewstoday.com/articles/187640#treatment 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang