Bantuan

Kapan Harus Berobat ke Dokter? Ketahui Ciri-Ciri Amandel Normal dan Tidak Normal Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Apr 2022

Bagikan

amandel

Membedakan ciri-ciri amandel normal dan tidak merupakan hal yang sangat penting. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, Anda dapat menjadi lebih mudah memutuskan kapan harus segera berkonsultasi ke dokter atau harus segera mendapatkan tindakan gawat darurat. 

Amandel sendiri sejatinya merupakan dua organ kecil berbentuk oval yang terletak di sisi kiri dan kanan bagian belakang tenggorokan. Berperan penting sebagai bagian dari sistem imunitas tubuh, fungsi utama amandel adalah untuk melindungi tubuh dari mikroorganisme berbahaya yang masuk melalui mulut. Hal ini pula menjadikan amandel rentan mengalami infeksi atau radang. Ketika mengalami infeksi, kita kemudian mengenal istilah radang amandel atau tonsilitis.

Sekilas Mengenai Radang Amandel

Radang amandel merupakan kondisi saat amandel seseorang mengalami inflamasi. Dapat dikatakan bahwa inilah suatu kondisi di mana amandel berada dalam kondisi yang tidak normal. Umumnya kondisi ini terjadi pada anak-anak di rentang usia 3 sampai 7 tahun, tetapi tidak menutup kemungkinan juga dapat terjadi pada orang dewasa, terutama pada kaum lansia. 

Penyebab utama dari radang amandel adalah infeksi dari bakteri maupun virus. Bahkan beberapa virus yang menyebabkan radang amandel juga merupakan virus yang sama dengan virus yang menyebabkan flu, batuk, dan pilek. 

Gejala dan Ciri-Ciri Amandel Meradang

Gejala yang mungkin timbul dari radang amandel dapat bervariasi, mulai dari gejala yang cukup normal dan umum ditemui, gejala yang tidak umum atau tidak normal, hingga gejala yang membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin. Untuk lebih jelasnya mengenai ciri-ciri amandel normal, tidak normal, dan membutuhkan penanganan dokter ini akan dibahas pada pembahasan di bawah ini.

  1. Ciri-Ciri Amandel Meradang yang Normal

Pada kondisi yang cukup umum, radang amandel dapat sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan obat. Waktu yang diperlukan untuk sembuh ini kira-kira adalah selama satu minggu. Meskipun demikian, tentu saja gejala yang dialami mungkin akan menimbulkan perasaan yang tidak nyaman, terutama pada hari ketiga sampai kelima sejak radang amandel pertama kali terjadi. 

Adapun ciri-ciri amandel mengalami radang yang cukup normal dapat diketahui dari gejala sebagai berikut. 

  • Sakit tenggorokan, terutama saat menelan makanan.

  • Amandel tampak bengkak dan kemerahan, serta dipenuhi dengan bintik-bintik berisi nanah.

  • Demam dan menggigil.

  • Sakit kepala, sakit telinga dan leher.

  • Tubuh mudah lelah dan susah tidur.

  • Batuk-batuk.

  • Kelenjar getah bening membengkak.

  1. Ciri-Ciri Amandel Meradang yang Tidak Normal

Selain ciri-ciri amandel normal, saat mengalami peradangan sangat mungkin Anda mengalami gejala atau ciri yang tidak normal atau kurang umum ditemui. Adapun beberapa kasus dari radang amandel yang kurang umum ini di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mual dan muntah.

  • Sakit perut.

  • Sulit membuka mulut dan suara berubah.

  • Bau mulut.

  • Lidah tampak berbulu.

  1. Ciri-Ciri Amandel Meradang yang Perlu Segera Diperiksakan

Apabila Anda atau anak mengalami gejala amandel yang akan disebutkan ini, sebaiknya segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih dalam. Adapun gejala atau ciri amandel meradang yang perlu diwaspadai adalah sebagai berikut.

  • Sakit tenggorokan yang dialami tak kunjung hilang.

  • Terasa nyeri dan sangat sulit saat menelan. 

  • Demam yang dialami semakin tinggi.

  • Leher terasa kaku.

  • Tubuh menjadi lebih lemah, lelah dan rewel dengan cukup parah.

Selain itu, gejala radang amandel yang memerlukan tindakan dari unit gawat darurat secepatnya adalah sebagai berikut.

  • Penderita menjadi semakin sulit bernapas. 

  • Penderita menjadi sangat sulit menelan. 

  • Penderita tidak dapat mengontrol sekresi air liur. 

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri amandel normal, tidak normal, dan yang perlu segera diperiksakan saat mengalami radang. Jika Anda atau anak terdiagnosa mengalami radang amandel, maka beberapa penanganan yang mungkin akan diberikan oleh dokter adalah dengan konsumsi obat-obatan untuk meredakan gejala dari radang amandel, operasi pengangkatan amandel jika ciri peradangan yang dialami terlalu sering kambuh dan terjadi secara berkala. Selain itu, sangat mungkin Anda atau anak akan disarankan untuk memulihkan diri di rumah saat mengalami radang amandel. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Seluk Beluk Radang Amandel dan Pengobatannya yang Perlu Anda ketahui

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Dunkin, Mary Anne. 2020. What Is Tonsillitis?. https://www.webmd.com/oral-health/tonsillitis-symptoms-causes-and-treatments

Mayo Clinic. 2020. Tonsillitis. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tonsillitis/symptoms-causes/syc-20378479#:~:text=Tonsillitis%20is%20inflammation%20of%20the,the%20sides%20of%20the%20neck.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang