Bantuan

Mari Ketahui Manfaat Mangga Muda yang Sering Jadi Primadona Ibu Hamil Muda

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Mar 2022

Bagikan

manfaat mangga muda

Jangan salah, mangga muda ternyata memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan tubuh Anda, tahukah Anda apa saja manfaat mangga muda untuk kesehatan? Sebagian besar ibu hamil sering mengalami ngidam atau adanya rasa keinginan untuk memakan makanan atau minuman tertentu, salah satunya adalah mangga muda. Rasa ngidam ini seringkali dikatakan sebagai bawaan dari keinginan sang buah hati di dalam perut.

Mungkin banyak di antara Anda yang bertanya-tanya mengapa ibu hamil suka sekali ngidam mangga muda yang terbilang rasanya asam, tidak manis dibandingkan mangga-mangga lainya. Tidak hanya sekedar memenuhi keinginan sang buah hati di dalam perut, mangga muda juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual pada awal kehamilan dan menghindari adanya rasa hambar di mulut. Selain menghilangkan rasa mual dan hambar, ada sejumlah manfaat mangga muda lainya yang bisa Anda ketahui melalui pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Mangga Muda?

Semua orang tentunya mengenal apa itu mangga muda, mungkin di antara Anda bisa menjawabnya mangga yang belum matang, mentah dan asam. Namun yang perlu Anda ketahui disini adalah sejumlah manfaat mangga muda. Mangga muda adalah salah satu rekomendasi buah terbaik yang bisa menghilangkan kalori di dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan masalah berat badan Anda

Manfaat Mangga Muda

Tidak hanya untuk ibu hamil, mangga muda memiliki sejumlah manfaat lainya, salah satunya adalah menurunkan berat badan, sehingga sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki kelebihan berat badan atau masalah berat badan naik selepas masa kehamilan. Begitu banyaknya manfaat mangga muda, sehingga tidak habis-habisnya mengupas banyaknya manfaat mangga muda ini. Berikut beberapa manfaat mangga muda lainnya yang perlu Anda ketahui:

  1. Mencegah Asam Lambung

Bagi Anda yang memiliki masalah lambung, seperti asam lambung naik atau memiliki penyakit maag, sepotong mangga muda ternyata bisa menjadi salah satu alternatif pencegahan dan pengobatan. Kondisi ini dikarenakan mangga muda kaya akan antioksidan, vitamin A, vitamin C dan asam amino yang mampu bekerjasama untuk menetralkan asam pada lambung.  Anda bisa mencoba cara ini dengan mengunyah sepotong mangga muda. Jika cara ini berhasil maka Anda tidak perlu mengonsumsi obat untuk mengatasi masalah asam lambung.

  1. Mengatasi Gangguan Darah

Menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa mangga muda memiliki manfaat untuk mengatasi gangguan pada darah seperti anemia, hemofilia dan gangguan pembekuan darah. Selain itu, mangga muda juga dipercaya mampu meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan membantu proses produksi sel darah di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan niasin atau vitamin B dalam mangga muda dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung, karena niasin di dalam mangga muda mampu meningkatkan kadar kolesterol darah, sehingga bisa mengurangi risiko terkena penyakit serangan jantung dan stroke.

  1. Meningkatkan Energi 

Manfaat mangga muda selanjutnya adalah untuk meningkatkan energi. Rasa ngantuk selepas kerja bisa Anda atasi dengan mengonsumsi mangga muda selepas makan siang untuk menghindari rasa ngantuk yang sering terjadi pada siang menjelang sore hari. Mengapa bisa demikian? Karena mangga muda mampu mendorong energi yang ada pada tubuh Anda. 

  1. Mencegah Dehidrasi

Mangga muda bagus dikonsumsi di siang hari ketika cuaca terasa panas sehingga menimbulkan rasa gerah, panas di dalam tubuh. Efek panas yang menyengat di siang hari ini bisa Anda kurangi dengan mengonsumsi mangga muda untuk mencegah tubuh kekurangan cairan, sehingga terhindar dari risiko dehidrasi.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C, A dan nutrisi dalam mangga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C dipercaya mampu meningkatkan produksi sel di dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Meskipun mangga muda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun perlu Anda ingat mengonsumsi mangga muda secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Beragam efek samping dari konsumsi yang berlebihan misalnya timbulnya gangguan pencernaan seperti disentri, kolik perut dan sakit tenggorokan. Mangga muda sebaiknya dikonsumsi setelah makan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Kecil-Kecil Punya Segudang Khasiat, Ini Manfaat Buah Kelengkeng bagi Kesehatan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Referensi

Snyder, Cecilia. 8 Emerging Benefits of Mango Leaves. 2020. Available at: https://www.healthline.com/nutrition/benefit-of-mango-leaf (Accessed: 29 September 2021).

PharmEasy: 9 Incredible Health Benefits Of Raw Mango. 2021. Available at: https://pharmeasy.in/blog/9-incredible-health-benefits-of-raw-mango/ (Accessed: 29 September 2021).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang