Bantuan

Memahami Struktur Gigi dan Berbagai Jenisnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Mar 2022

Bagikan

struktur gigi

Apakah Anda tahu bagaimana struktur gigi dan apa fungsinya? Walaupun terlihat sederhana, ternyata gigi merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang cukup rumit. Secara sederhana struktur gigi terdiri dari akar dan juga mahkota. Di dalam struktur tersebut, terdapat bagian-bagian yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

Di dalam artikel ini akan membahas struktur gigi dan juga fungsinya tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga akan mengetahui berbagai jenis gigi yang ada di dalam mulut. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak terus penjelasan di bawah ini.  

Struktur Gigi 

Seperti yang sudah dijelaskan, struktur gigi terdiri dari mahkota gigi yang bisa Anda lihat pada gigi Anda dan juga akar gigi yang ada di bagian dalamnya. Di dalam struktur ini, terdapat berbagai jenis jaringan yang menyusun gigi dan memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini akan dijelaskan berbagai jenis jaringan dalam struktur gigi. 

  • Enamel

Enamel merupakan bagian terluar gigi yang paling keras dan putih. Di enamel ini terdapat kandungan kalsium fosfat sebanyak 95% yang berguna untuk melindungi jaringan vital di dalam gigi. 

  • Dentin

Pada lapisan di bawah enamel, terdapat jaringan dentin. Dentin itu sendiri merupakan sebuah jaringan  keras yang mengandung tabung kecil. Pada saat enamel yang seharusnya melindungi dentin rusak, maka suhu ekstrem seperti panas dan dingin dapat masuk ke gigi sehingga menyebabkan gigi sensitif. 

  • Cementum

Cementum merupakan sebuah jaringan ikat berwarna kuning yang berguna untuk mengikat akar gigi dengan gusi dan tulang rahang. Ketika Anda tidak merawat gigi dan  gusi dengan baik, maka menyebabkan plak dan bakteri menumpuk pada cementum sehingga menyebabkan gusi menjadi sakit. 

  • Pulpa

Jaringan pada struktur gigi yang selanjutnya yaitu pulpa. Pula itu sendiri merupakan bagian yang paling lembut dan berada di pusat gigi yang berisi pembuluh darah, jaringan lunak dan juga saraf. Fungsi dari bagian ini yaitu untuk memberi nutrisi dan juga sinyal pada gigi. 

  • Periodontal ligamentum

Periodontal ligamentum merupakan jaringan yang menahan gigi dengan rahang. Dengan kata lain, Periodontal ligamentum merupakan jaringan yang menahan gigi agar kuat ketika Anda menggigit dan mengunyah.

  • Gusi

Struktur gigi yang terakhir yaitu gusi. Gusi itu sendiri merupakan jaringan lunak yang berwarna merah muda. Gusi memiliki fungsi untuk melindungi akar gigi dan juga tulang rahang. 

Jenis-Jenis Gigi

Setelah Anda mengetahui struktur gigi dan fungsinya. Anda juga perlu tahu apa saja jenis-jenis gigi. Berikut ini akan dijelaskan jenis-jenis gigi yang perlu Anda ketahui. 

  1. Gigi seri

Jenis gigi yang pertama yaitu gigi seri yang terdiri dari 8 gigi. Anda bisa menemukan gigi seri pada bagian depan mulut, 4 berada di rahang atas dan 4 lagi berada di rahang bawah. Fungsi dari gigi seri yaitu untuk menggigit, merobek dan memotong makanan.

  1. Gigi taring

Jenis gigi yang selanjutnya yaitu gigi taring yang berada tepat di sebelah gigi seri. Total ada 4 gigi taring yaitu 2 berada di rahang atas dan 2 lagi berada di rahang bawah. Seperti namanya, gigi ini berbentuk tajam dan runcing sehingga sangat berguna untuk merombak makanan. 

  1. Gigi premolar

Gigi premolar pada umumnya disebut sebagai gigi geraham depan. Total ada 8 gigi premolar yang berada tepat di sebelah gigi taring, 4 berada di rahang atas dan 4 lagi berada di rahang bawah. Fungsi gigi premolar yaitu untuk menggiling, menghancurkan dan juga mengunyah makanan menjadi potongan kecil. 

  1. Gigi geraham

Jenis gigi yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu terakhir yaitu gigi geraham. Jenis gigi ini merupakan gigi yang paling kuat dan paling besar. Terdapat total ada 12 gigi geraham, 6 terletak di rahang atas dan 6 lagi berada di rahang bawah. Fungsi dari gigi geraham kurang lebih sama seperti gigi premolar.

  1. Geraham bungsu

Jenis gigi yang paling terakhir dan juga paling terakhir muncul yaitu gigi geraham bungsu. Apabila jenis gigi lain muncul sedari kecil, maka gigi geraham bungsu baru akan muncul ketika menginjak usia 18 hingga 20 tahun. 

Nah, itulah dia beberapa informasi mengenai struktur gigi serta berbagai macam jenis gigi. Mengingat fungsi gigi yang penting, Anda perlu selalu menjaga kesehatan gigi dengan rutin melakukan pemeriksaan gigi. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengganggu Penampilan, Berikut Ini Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Membandel

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Mouth Healthy. Tooth. https://www.mouthhealthy.org/en/az-topics/t/tooth

VC Dental. Tooth Anatomy Education. https://www.vcdental.com.au/tooth-anatomy-education/

Healthline. 2018. Tooth Anatomy. https://www.healthline.com/health/tooth-anatomy

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang