Bantuan
Bantuan

Pahami Seluk Beluk Fungsi Mulut dan Anatominya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 19 Jan 2022

Bagikan

Pahami Seluk Beluk Fungsi Mulut dan Anatominya

Fungsi mulut dan anatominya penting Anda ketahui untuk meningkatkan rasa aware terhadap salah satu organ tubuh yang paling penting ini.  Tanpa mulut, manusia akan kesulitan ketika berkomunikasi karena salah satu fungsinya ialah mengeluarkan suara. Tidak hanya itu, fungsi mulut juga turut berperan penting dalam proses pencernaan manusia, sebab sebelum masuk ke lambung, makanan dilumatkan terlebih dahulu di dalam mulut.

Baca Juga: Pengaruh Kesehatan Mulut bagi Jantung

Apa Itu Mulut?

Sebelum mengetahui fungsi mulut dan anatominya, penting bagi Anda untuk mengetahui apa itu mulut? Mulut merupakan sebuah rongga tempat keluar masuknya makanan dan air dari luar maupun dari dalam perut, bisa dikatakan mulut sebagai jalan utama saluran pencernaan sebelum menuju ke anus. Di dalam mulut manusia terdapat beberapa bagian seperti gigi, ludah, lidah dan lainnya yang turut berperan penting dalam proses pencernaan makanan.

Anatomi Mulut Manusia

Anatomi mulut merupakan beberapa susunan yang membentuk mulut. Istilah anatomi telah lama digunakan dalam ilmu struktur tubuh manusia, hewan bahkan hingga tumbuhan. Namun tahukah Anda apa saja anatomi mulut? Berikut beberapa anatomi mulut manusia yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1.  Bibir 

Bibir merupakan bagian mulut terluar yang bisa dilihat secara langsung oleh orang lain. Bibir terdiri dari struktur yang bergerak serta berotot dan berfungsi. Sebagai pintu masuk makanan dan air, bibir menandakan transisi dari kulit ke selaput lendir yang lembab.

  1.  Rongga Mulut

Rongga mulut memiliki batas dari beberapa struktur. Di antaranya yaitu lengkungan alveolar yang merupakan struktur tulang gigi. Rongga mulut tetap lembab oleh sekresi dari kelenjar ludah submaxillary dan sublingual yang letaknya ada di dasar mulut bagian bawah lidah.

Baca Juga: Mulai Dari Garam Sampai Cuka Apel, Simak Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Berikut Ini!

  1.  Gigi

Gigi terdiri dari gigi susu dan gigi permanen. Gigi susu tumbuh di masa pertumbuhan anak-anak, kemudian akan berganti dengan gigi permanen secara bertahap. Rata-rata orang dewasa memiliki 32 gigi permanen yang terdiri dari 16 gigi di rahang atas dan 16 gigi di rahang bawah.

  1.  Kelenjar Ludah Minor

Anatomi mulut yang tidak kalah penting adalah kelenjar ludah minor. Kelenjar ludah minor merupakan kelenjar yang memproduksi cairan bening atau saliva sehingga membuat mulut tetap lembab. Selain itu kelenjar ini juga mengandung enzim untuk memecah makanan.

Fungsi Mulut Bagi Manusia

Setelah mengetahui anatomi mulut melalui pembahasan di atas. Ada beberapa fungsi mulut yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1.  Dalam Proses Pencernaan

Mulut merupakan salah satu organ yang berperan penting dalam proses pencernaan makanan seperti mengunyah. Ketika makanan masuk ke dalam rongga mulut, kelenjar air ludah akan langsung terangsang secara otomatis sehingga mengeluarkan air liur. Dengan bantuan enzim yang terdapat pada air liur, mulut bisa mencerna makanan hingga menjadi bentuk halus yang dapat dicerna oleh lambung.  Selain air liur, lidah dan gigi juga turut berperan dalam proses pencernaan makanan.

  1.  Fungsi Mulut dalam Sistem Pernapasan

Fungsi mulut cukup penting dalam sistem pernapasan manusia karena sebelum udara sampai ke paru-paru, selain melalui hidung, udara masuk melalui mulut.  Sehingga jika hidung tersumbat, mulut bisa Anda jadikan cadangan sebagai jalan masuknya udara ke dalam tubuh. Meskipun jalur udara melalui mulut tidak sepanjang hidung, namun mulut memiliki kelebihan dalam jumlah volume udara yang masuk ke dalam tubuh, volume udara melalui mulut lebih besar daripada melalui hidung.

  1.  Fungsi Mulut untuk Berkomunikasi 

Fungsi mulut yang tidak kalah penting ialah untuk berkomunikasi karena suara keluar melalui rongga mulut. Pertama udara melewati pita suara di laring, lalu udara akan membuat pita suara bergetar sehingga mulut mampu memproduksi suara. Kemudian gerakan bibir dan lidah turut membentuk proses terciptanya suara sehingga suara dapat keluar dengan jelas melalui mulut. Fungsi ini juga tidak terlepas dari langit-langit mulut dalam menghasilkan suara.

Fungsi mulut dan anatominya merupakan suatu kesatuan yang berfungsi dalam proses pencernaan, pernapasan, hingga saluran komunikasi. Maka dari itu penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan mulut, mulai dari lidah, gusi, langit-langit hingga rongga mulut di dalamnya.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Cleveland Clinic: Mouth. 2021. Available at: https://my.clevelandclinic.org/health/body/21765-mouth (Accessed: 30 Desember 2021).
  2. Oregon State University: The Mouth, Pharynx, and Esophagus (no date). Available at: https://open.oregonstate.education/aandp/chapter/23-3-the-mouth-pharynx-and-esophagus/ (Accessed: 30 Desember 2021).
Bagikan artikel ini