Bantuan
Free Tele x

Tidak Boleh Di Anggap Sepele, Ini Bahaya Cegukan Yang Perlu Anda Perhatikan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Jangan Dianggap Sepele, Ketahui Bahaya Cegukan

Cegukan merupakan hal yang lumrah terjadi pada manusia. Cegukan bukan hal yang berbahaya. Cegukan merupakan gangguan kesehatan ringan yang biasa terjadi pada manusia baik anak kecil maupun orang dewasa, pria maupun wanita. Pada umumnya cegukan terjadi hanya sebentar dan akan hilang dengan sendirinya. Namun jika cegukan terjadi secara berkepanjangan maka hal ini perlu diwaspadai. Ada beberapa bahaya cegukan yang perlu Anda waspadai. 

Pada beberapa kasus cegukan bisa terjadi berhari-hari. Tentu saja ini sangat mengganggu kenyamanan Anda. Kasus seperti ini menandakan cegukan yang kronis dan perlu mendapat penanganan. Bahaya cegukan tentu saja tidak boleh dianggap remeh. Jika cegukan terjadi secara lama dan  berulang, hal ini menandakan gangguan kesehatan pada seseorang atau terjadinya gangguan pneumonia dan gangguan peradangan pada selaput dada.

6 Penyebab Cegukan yang Perlu Anda waspadai

Berikut adalah 6 penyebab cegukan yang perlu Anda waspadai.

  1. Makan Terlalu Cepat dan Banyak

Penyebab pertama dari cegukan adalah karena seseorang makan terlalu cepat dan banyak dalam satu waktu. Kebiasaan pola makan yang buruk ini tentu saja tidak baik dan harus diubah. Bahaya cegukan karena makan terlalu cepat dan banyak tidak boleh dianggap sepele.

Pasalnya hal ini dapat mengakibatkan membuncitnya perut seseorang karena ketika seseorang makan terlalu cepat maka udara pun akan ikut masuk kedalam tubuh pada saat makan terlalu cepat dan banyak. Selain itu, dapat menyebabkan iritasi diafragma yang mengakibatkan cegukan.

  1. Gangguan Pada Pencernaan

Bahaya cegukan yang berkepanjangan benar-benar tidak bisa dianggap sepele. Gangguan pencernaan seperti diare akut dan diare kronis, biasanya menjadi pemicu terjadinya cegukan pada seseorang.

Penting untuk Anda agar selalu mengonsumsi makanan sehat yang berserat tinggi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan untuk mencegah gangguan pada pencernaan, karena jika Anda sudah mengalami gangguan pada pencernaan maka hal tersebut dapat memicu penyakit lainnya.

Baca Juga: Mengapa Stres Menyebabkan Gangguan Sistem Pencernaan?

  1. Pemberian Anestesi Pasca Operasi

Penyebab cegukan selanjutnya adalah pasca operasi medis.orang yang akan menjalani proses operasi biasanya akan dibius terlebih dahulu sebelum melakukan operasi. 

Pemberian obat bius ternyata dapat menjadi pemicu terjadinya cegukan. Namu, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini umum terjadi pada semua wanita yang baru selesai melahirkan.

  1. Stroke

Apabila cegukan terjadi secara terus menerus hingga 3 hari berturut-turut, maka Anda perlu memeriksakannya ke dokter. Bisa jadi ini adalah pertanda kerusakan pembuluh darah pada otak atau stroke.

Kerusakan pembuluh darah pada otak atau juga pecahnya pembuluh darah pada otak ternyata bisa menjadi faktor pemicu terjadinya cegukan terus menerus. Selain itu, cegukan yang terjadi terus menerus juga dapat terjadi pada pengidap penyakit stroke atau pengidap lupus eritematosus sistemik (SLE).

  1. Tumor Otak

Penyebab mengerikan selanjutnya ternyata juga dapat dipicu oleh penyakit tumor otak. Cegukan yang terjadi terus menerus dapat disebabkan oleh cedera pada sistem saraf otak atau biasa disebut dengan tumor otak. 

Selain tumor otak, ternyata kanker otak juga dapat memicu terjadinya cegukan berkepanjangan. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan tindakan operasi pada bagian lesi batang otak. 

  1. Kanker 

Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan yang bisa menjadi penyebab terjadinya cegukan yang berkepanjangan. Cegukan pada kasus ini biasanya hanya berkisar sesekali, ringan, hingga tidak berhenti. Bagi pengidap penyakit pernapasan, tentu saja hal ini menjadi hal yang menyakitkan pada saat cegukan. Serta menyebabkan orang tersebut menjadi lebih sulit untuk bernapas.

Jika hal ini terjadi pada Anda, maka anda perlu segera ke dokter untuk mendapat penangan segera. Biasanya dokter akan memberikan obat cisplatin yang merupakan obat kanker yang menjadi penyebab cegukan. Sebuah penelitian di Italia menyatakan bahwa pasien dalam kasus ini mengalami cegukan berkelanjutan yang parah.

Itulah beberapa penyebab cegukan yang perlu Anda waspadai. Sebab, beberapa penyakit yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan. Bahaya cegukan tidak boleh Anda anggap sepele. Bahaya cegukan akan menjadi boomerang bagi siapa saja yang menyepelekannya. Segera periksakan ke dokter bila Anda mengalami cegukan berkepanjangan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Bunda Perlu Tahu, Ini Dia Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

 

Sumber:

Mardatila, A. 6 Penyebab Cegukan, Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya. 2020.

Bagikan artikel ini