Bantuan
Bantuan

Mata adalah Bagian Penting, Waspadai Jenis-jenis Penyakit yang Mungkin Menyerang

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Nov 2021

Bagikan

Mata adalah Bagian Penting, Waspadai Jenis-jenis Penyakit yang Mungkin Menyerang

Mata adalah salah satu organ tubuh manusia dengan peran yang sangat penting. Fungsi dari mata adalah membuat Anda bisa melihat berbagai hal mulai dari suatu objek hingga warna. Oleh karena itu, jika terjadi gangguan pada mata maka dapat membuat Anda mengalami berbagai gangguan pada penglihatan. 

Overview Mata

Mata adalah organ sensorik yang akan memberikan reaksi pada cahaya serta memberikan informasi visual ke otak. Mata terdiri dari berbagai bagian yang tersusun dalam anatomi mata. Setiap bagian tersebut memiliki berbagai fungsi yang  berbeda dan saling mendukung untuk membuat Anda bisa melihat. Berikut ini beberapa bagian mata yang penting Anda ketahui. 

  • Kornea. Terletak pada bagian depan bola mata dengan warna bening dan sebagai tempat masuknya cahaya. 

  • Retina. Memiliki fungsi untuk mengirimkan pesan melalui saraf optik pada otak. 

  • Lensa. Terletak di belakang pupil dan risi yang bertugas untuk memfokuskan cahaya ke retina. 

Jenis-Jenis Penyakit Mata

Setelah Anda mengetahui apa itu mata maka Anda perlu mengetahui berbagai penyakit yang dapat menyerang mata. Berikut ini beberapa penyakit yang menyerang mata dan perlu untuk diwaspadai. 

  1. Katarak

Jenis penyakit yang dapat menyerang mata pertama adalah katarak. Bahkan, penyebab utama kebutaan di Indonesia, ialah katarak. Pada umumnya, penyakit ini diderita oleh orang yang berusia di atas 60 tahun. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan diderita oleh orang dengan usia lebih muda.

  1. Konjungtivitis

Konjungtivitis merupakan penyakit mata yang terjadi pada jaringan luka yang ada di sekitar mata. Jaringan tersebut akan mengalami peradangan yang membuat mata menjadi merah, mengeluarkan air, gatal, dan perih. Penyebab penyakit ini, yaitu alergi, infeksi. dan iritasi. 

  1. Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit mata yang terjadi ketika saraf optik mata rusak. Penyakit ini dapat menimbulkan gangguan penglihatan hingga kebutaan. Kondisi ini disebabkan oleh peningkatan tekanan yang ada di dalam bola mata yang dikarenakan adanya timbunan cairan di dalam mata. 

  1. Pterigium

Penyakit pada mata yang perlu untuk Anda waspadai selanjutnya, yaitu pterigium. Penyakit ini merupakan gangguan yang diakibatkan adanya selaput lendir yang menutupi bagian putih pada mata. Selain itu, paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko penyakit ini. 

  1. Degenerasi makula

Penyakit yang terakhir dapat menyerang mata adalah degenerasi makula. Degenerasi makula merupakan penyakit yang umum terjadi pada orang dengan usia di atas 50 tahun atau lebih. Kondisi ini akan membuat penderitanya sulit melihat pada bagian tengah. Sebagai contoh, Anda akan sulit melihat jarum jam, tetapi dapat melihat angka-angka pada jam. 

Baca Juga: Berikut Ini Gejala Mata Minus dan Cara Menanganinya!

Jenis-Jenis Prosedur dan Bedah Mata

Berbagai jenis penyakit pada mata dapat diatasi dengan berbagai prosedur dan bedah mata. Apa saja prosedur dan bedah mata tersebut? Berikut ini beberapa prosedur dan bedah mata untuk mengatasi berbagai masalah pada mata. 

  1. Lasik

Jenis prosedur dan bedah mata yang pertama, yaitu lasik. Bedah mata ini merupakan operasi refraktif yang bertujuan untuk memperbaiki penglihatan para penderita mata silinder, rabun dekat, dan rabun jauh. Prosedur pelaksanaan lasik , yaitu dengan membentuk kembali jaringan kornea agar dapat memfokuskan cahaya tepat di retina. 

  1. Photorefractive Keratectomy (PRK)

Tidak jauh berbeda dari sebelumnya, photorefractive keratectomy atau PRK dilakukan untuk memperbaiki penglihatan para penderita rabun dekat, rabun jauh, dan mata silinder mulai dari ringan hingga sedang. Prosedur ini dilakukan dengan bantuan laser yang digunakan untuk membentuk kembali jaringan kornea.

  1. Refractive Lens Exchange (RLE)

Prosedur bedah mata yang digunakan untuk mengatasi berbagai masalah mata, yaitu refractive lens exchange atau RLE. prosedur bedah ini bertujuan untuk mengatasi katarak dengan membuat sayatan pada tepi kornea. Hal ini dilakukan untuk menggantikan lensa alami dengan lensa plastik. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai mata dan berbagai penyakit yang bisa terjadi pada mata. Mengingat mata merupakan salah satu organ yang sangat penting, pastikan Anda selalu menjaga kesehatan mata. Anda bisa menjaga kesehatan mata mulai dari makan makanan bergizi, kurangi menatap layar terlalu lama, dan berolahraga. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tak Selalu Soal Primbon, Ini Arti Kedutan Mata Kanan Atas pada Wanita Dari Sisi Medis

 

Sumber: 

CDC. 2020. Common Eye Disorders And. Diseases.

American Academy Of Ophthalmology. Alternative Refractive Surgery Procedures.

Tag :
Bagikan artikel ini