Mari Mengenal Manfaat Semangka yang Kaya Dengan Kandungan Air

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Dec 2021

Bagikan

Kaya Dengan Kandungan Air, Apa Saja Manfaat Semangka?

Sudahkah Anda tahu apa saja manfaat semangka bagi tubuh manusia? Buah yang kaya kandungan air ini sering dijadikan sebagai pencuci mulut atau makanan penutup. Selain menyegarkan, ternyata buah semangka ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Kandungan Nutrisi Semangka

Sebelum Anda mengetahui apa saja manfaat buah yang kaya kandungan air ini, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Setidaknya, di dalam 152 gram semangka terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut. 

  • Kalori 46

  • Karbohidrat 11,5 gram

  • Gula 9,4 gram

  • Protein 0,9 gram

  • Serat 0,6 gram

  • Lemak 0,2 gram

  • Vitamin A

  • Vitamin C

  • Potassium

  • Magnesium

Baca Juga: Sering Dijadikan Obat Demam Berdarah, Sebenarnya Apa Saja Manfaat Jambu Biji?

Manfaat Semangka

Melihat kandungan nutrisi yang cukup banyak tersebut, maka wajar saja jika semangka menyimpan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Lantas apa saja manfaat semangka tersebut? Mari simak penjelasan mengenai manfaat semangka di bawah ini. 

  1. Mencegah Hidrasi

Manfaat semangka yang perlu Anda ketahui pertama yaitu mencegah hidrasi. Wajar saja, karena buah semangka memiliki kandungan air dan elektrolit sebanyak 92%. Kedua kandungan ini merupakan senyawa yang mampu mencegah Anda mengalami hidrasi. Apabila tubuh Anda mengalami kekurangan cairan dan elektrolit, maka Anda akan mengalami berbagai gejala seperti rasa haus, lelah, pusing hingga jantung berdebar. 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah semangka memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Pasalnya, vitamin A berperan dalam membantu memperbaiki sel kulit serta membuat kulit tetap kenyal dan muda. Sedangkan kandungan vitamin C, berperan dalam menyembuhkan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen. Jadi, Anda bisa menggunakan buah semangka sebagai salah satu bahan alami untuk mempercantik diri. 

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat semangka yang selanjutnya yaitu mampu menjaga  kesehatan  pencernaan. Manfaat yang satu ini berkat kandungan air yang melimpah dan serat dalam buah semangka. Pasalnya, air dan serat mampu membuat sistem pencernaan berjalan dengan lancar sehingga buang air besar pun menjadi lancar. 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam buah semangka terdapat kandungan magnesium dan kalium yang dipercaya memiliki peran dalam menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kalium merupakan nutrisi vasodilator yang berperan dalam merilekskan pembuluh darah arteri.

Tentu saja hal ini akan membuat aliran darah menjadi lancar dan mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular. Tidak hanya itu, kandungan karotenoid yang ada di dalam buah semangka juga mampu mencegah pembekuan darah dan serangan jantung. 

  1. Menyuburkan Sperma

Di dalam buah semangka, terdapat kandungan asam folat dan vitamin B12 yang dapat membantu pembentukan materi genetik. Berkat kandungan tersebut, maka sperma abnormal mampu diperbaiki dan jumlah sperma pun dapat meningkat.

Tidak hanya itu, asam folat dan vitamin B12 ini juga mampu meningkatkan kemampuan gerak sperma. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah dengan kualitas sperma bisa mulai mengonsumsi buah yang satu ini. 

  1. Menyuburkan Kandungan

Tidak hanya menyuburkan sperma, buah semangka juga dapat menyuburkan kandungan. Manfaat ini berkat kandungan asam folat yang tinggi di dalam buah semangka. Kandungan ini mampu menyuburkan kandungan sekaligus mencegah terjadinya cacat pada bayi. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal, maka Anda bisa mengonsumsinya dengan cara membuatnya menjadi jus. 

  1. Meredakan Nyeri Otot

Manfaat buah semangka yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu dapat meredakan nyeri otot. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mengonsumsi jus semangka lebih dari 473 ml dalam 1 jam sebelum berolahraga, maka tubuh cenderung menjadi kebal terhadap nyeri otot. Hal inilah yang membuat salah satu kandungan buah semangka yaitu citrulline sering dijadikan sebagai bahan untuk suplemen pereda nyeri. 

Nah, itulah dia beberapa manfaat semangka bagi tubuh manusia yang perlu Anda ketahui. Walaupun buah semangka memiliki banyak manfaat, namun Anda tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Apabila Anda mengonsumsi semangka secara berlebihan maka dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai efek samping seperti hiperkalemia, gangguan usus, dan alergi. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengandung Antioksidan, Apa Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh?

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Jennings, Kerri-Ann. 2021. The Top 9 Health Benefits of Watermelon.
  2. Ware, Megan.  2019. What are the health benefits of watermelon?
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi