Bantuan
Free Tele x

Isi Piringku: Slogan Pelengkap 4 Sehat 5 Sempurna

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 14 Jul 2020

Bagikan

Isi Piringku: Slogan Pelengkap 4 Sehat 5 Sempurna

Apa saja sih makanan 4 sehat 5 sempurna itu? Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, pola hidup manusia pun harus ikut mengalami perkembangan. Dewasa ini, Kementerian Kesehatan menyusungkan slogan baru untuk pola makan warga Indonesia yang lebih baik.

Slogan yang semula bertajuk "4 Sehat, 5 Sempurna" ini digantikan oleh slogan "Isi Piringku" karena dianggap lebih sesuai dengan perkembangan zaman. Lantas, dimanakah letak perbedaannya?

Definisi 4 Sehat, 5 Sempurna

Slogan ini bertujuan untuk menjelaskan jenis makanan yang harus dikonsumsi setiap makan besar untuk memenuhi nutrisi kebutuhan sehari-hari. Makanan tersebut dikategorikan sebagai 4 sehat yakni:

  • Makanan pokok atau karbohidrat (nasi, kentang, ubi)

  • Lauk-pauk atau protein (ayam, ikan, daging)

  • Sayur-sayuran (bayam, kangkung)

  • Buah-buahan (apel, jeruk)

Keempat makanan tersebut kemudian disempurnakan oleh susu.

Baca Juga: Diet Gizi Seimbang Membuat Hati Senang

Mengenal Lebih Jauh Mengenai "Isi Piringku"

Isi Piringku merupakan sebuah pedoman terbaru mengenai konsumsi makanan sehari-hari yang harus dipenuhi. Berbeda dengan slogan sebelumnya.

Isi Piringku lebih mengutamakan proporsi makanan agar sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu, slogan ini juga membawakan beberapa poin hidup sehat lainnya seperti mencuci tangan.

Berikut pesan yang dibawakan oleh slogan isi piringku:

1. Proporsi Makanan Pokok Sebanyak 30% Dari Isi Piring Sekali Makan

Makanan pokok adalah sumber utama energi untuk menjalani aktivitas. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki berbagai jenis makanan pokok seperti nasi, kentang, jagung, ubi, dan lain sebagainya. Syarat makanan pokok diantaranya mengandung karbohidrat, mengenyangkan, rasanya netral (tidak asin atau manis)

2. Proporsi Sayuran Sebanyak 30% Dari Isi Piring Sekali Makan

Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral, diantaranya adlaah karoten, vitamin A, vitamin C, zat besi, dan fosfor. Ia berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Contoh dari sayuran yang umum ditemukan di Indonesia adalah kangkung, bayam, daun singkong, teong, ketimun, kol, wortel, tomat, brokoli, selada air, dan sebagainya.

3. Proporsi Lauk-Pauk Sebanyak 20% Dari Isi Piring Sekali Makan

Laukpauk merupakan sumber protein yang berfungsi untuk perkembangan tubuh. Laukpauk terdiri dari protein hewani dan protein nabati.

Protein hewani berasal dari hewan, seperti ikan, ayam, daging sapi, udang, susu dan produk olahahnnya. Sedangkan protein nabati berasal dari tumbuhan, diantaranya adalah tempe, tahu, dan kacang-kacangan.

Protein hewani memiliki asam amino lebih lengkap dan mudah diserap oleh tubuh, tetapi ia memiliki tingkat kolesterol yang lebih tinggi dan harga yang relatif mahal dibandingkan dengan protein nabati.

Sebaliknya, protein nabati memiliki asam amino lebih sedikit daripada protein hewani. Namun, protein nabati memiliki kandungan isoflavon yang memilik banyak manfaat.

4. Proporsi Buah-Buahan Sebanyak 20% Dari Isi Piring Sekali Makan

Sama halnya dengan sayuran, buah-buahan memiliki peran sebagai antioksidan. Buah mengandung berbagai minera, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin V1, vitamin B6, vitamin C, dan serat pangan. Buah-buah yang umum ditemukan di Indonesia adalah pisang, melon, semangka, rambutan, pepaya, mangga, apel.

Selain itu, Isi Piringku juga membawa poin perilaku hidup sehat lainnya, yakni mencuci tangan setiap sebelum dan sesudah makan, minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari, aktif berolahraga minimal 30 menit per hari, dan memantau berat badan sesuai dengan Indeks Massa Tubuh (IMT).

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido HealthDownload aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jenis Makanan Untuk Menaikkan Berat Badan yang Baik Untuk Dikonsumsi

 

Referensi:

1. Yuk, terapkan konsep "Isi Piringku" dalam kehidupan sehari-hari [internet]. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; [published: 2019 Jan 26; cited: 2020 Mei 22]. 

2. LEAFLEFT Isi Piringku [internet]. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; [cited: 2020 Mei 22]. 

3. Ramadhani Y. Yang Penting Gizi Seimbang, Bukan "4 Sehat 5 Sempurna" [intenet]. Jakarta: tirto.id; [published: 2017 Nov 02; cited: 2020 Mei 22]. 

Bagikan artikel ini