Bantuan

Lebaran Sudah Dekat, Ini Tips agar Tidak Mabuk Saat Mudik yang Bisa Anda Terapkan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Apr 2022

Bagikan

mabuk perjalanan

Apakah Anda sedang mencari tips agar tidak mabuk saat mudik? Menjelang lebaran Idul Fitri, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia akan melakukan perjalanan mudik atau pulang kampung. Namun tidak jarang ditemukan ada orang-orang yang mabuk saat melakukan perjalanan ini. Tentu saja hal ini tidak menyenangkan, karena orang yang mabuk perjalanan akan merasa mual, muntah, lemas, sakit kepala dan juga keringat dingin.

Agar Anda bisa melakukan perjalanan dengan nyaman, tentunya perlu mengetahui apa saja tips agar tidak mabuk saat mudik. Oleh karena itu, di bawah ini telah disiapkan beberapa informasi mengenai tips agar tidak mabuk saat mudik. 

Tips agar Tidak Mabuk Saat Mudik

Lantas apa saja tips agar tidak mabuk saat mudik tersebut? Untuk mengetahui apa saja tipsnya, mari simak terus penjelasan yang ada di bawah ini. 

  1. Hirup udara segar

Tips pertama yang bisa Anda terapkan agar tidak mabuk saat di perjalanan yaitu menghirup udara segar. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, usahakan tidak menutup rapat jendela agar ada udara segar yang masuk ke dalam kendaraan. Pasalnya, kendaraan yang tertutup rapat menyebabkan kadar oksigen akan berkurang sehingga memicu mabuk. Namun, untuk Anda yang menggunakan kendaraan umum bisa keluar beberapa saat kendaraan sedang beristirahat. 

  1. Perhatikan pemandangan di luar jendela

Selain menghirup udara segar, Anda juga bisa memerhatikan pemandangan yang ada di luar jendela. Memerhatikan pemandangan ini bisa mengalihkan perhatian Anda sehingga mencegah pusing. Sebaiknya hindari memandangi buku atau  gadget saat perjalanan. Jika Anda melakukan hal ini, hanya akan memicu mabuk karena bisa menimbulkan pusing. Jika Anda bosan melihat pemandangan, sebaiknya tidur sembari mendengarkan musik yang disukai. 

  1. Makan sebelum perjalanan

Sebaiknya Anda tidak melakukan perjalanan dalam kondisi perut kosong. Oleh karena itu, sebaiknya makan terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan. Pasalnya, perut yang kosong akan menimbulkan mual saat perjalanan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai makanan yang harus dikonsumsi. Sebaiknya hindari makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi maupun terlalu asam, karena memicu mual.

  1. Minum air hangat

Selain makan sebelum melakukan perjalanan, Anda juga disarankan untuk minum air hangat agar tidak mabuk saat mudik. Namun, disarankan untuk minum jahe hangat karena terdapat kandungan yang mampu mencegah munculnya mual dan muntah. Namun jika tidak ada, Anda bisa minum air hangat biasa agar tidak mual selama perjalanan. 

  1. Duduk di bagan depan

Tips agar tidak mabuk saat mudik yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan duduk di bagian depan kendaraan. Tips ini berlaku untuk Anda yang mudik menggunakan mobil atau bus. Pasalnya, duduk di bagian depan akan membuat Anda bisa melihat dengan jelas pemandangan yang ada di depan. Namun, bagi Anda yang mudik dengan pesawat, sebaiknya pilih kursi yang di bagian tengah. Pasalnya, duduk di bagian tengah akan meminimalkan getaran yang dirasakan. 

  1. Tempelkan koyo di pusar

Menempelkan koyo di pusar merupakan cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya untuk mencegah mabuk saat mudik. Walaupun terdengar sepele, namun menempelkan koyo di pusar cukup efektif mencegah mabuk saat mudik. Pasalnya, rasa hangat dari koyo akan mencegah mual yang muncul saat melakukan perjalanan. 

  1. Konsumsi obat anti mabuk

Tips agar tidak mabuk saat mudik yang bisa Anda terapkan terakhir yaitu mengonsumsi obat anti mabuk. Obat anti mabuk ini biasanya menimbulkan rasa kantuk, sehingga Anda akan tertidur selama perjalanan. Agar efeknya bisa dirasakan, sebaiknya konsumsi obat anti mabuk 30-60 menit sebelum perjalanan. Anda bisa menemukan obat anti mabuk dengan mudah, karena dijual bebas di apotek. 

Itulah beberapa tips agar tidak mabuk saat mudik yang bisa Anda terapkan. Selain menerapkan beberapa cara di atas agar tidak mabuk, Anda juga perlu memastikan kondisi fisik sedang dalam kondisi yang prima. Apabila sedang tidak prima, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Hati-hati Macet Saat Arus Balik Lebaran, Ini Tips Mencegah Dehidrasi Saat Mudik!

Tag :
Referensi

WebMD. 2020. How to Beat Motion Sickness. https://www.webmd.com/first-aid/how-to-beat-motion-sickness

Bagikan artikel ini