Bantuan
Free Tele x

Terapkan Tips Berkendara agar Tidak Mudah Lelah Saat Mudik Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Apr 2022

Bagikan

tips berkendara agar tidak mudah lelah
  1.  

Selain memilih waktu yang aman untuk memulai perjalanan, Anda juga wajib mencukupi waktu tidur terlebih dahulu. Jangan memulai perjalanan dengan waktu tidur yang tidak cukup, karena membuat Anda mengantuk saat berkendara sehingga meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, pastikan Anda telah tidur 6-8 terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan. Jika selama perjalanan  Anda merasa kantuk, sebaiknya menepi dan beristirahat terlebih dahulu. 

  1. Fokus dalam mengemudi

Tips berkendara agar tidak mudah lelah saat mudik yang bisa Anda terapkan selanjutnya yaitu fokus dalam mengemudi. Jika Anda sedang memegang setir kendaraan, maka hindari melakukan hal lain seperti menggunakan smartphone untuk mengecek navigasi. Hal ini akan membuat Anda terkejut jika tiba-tiba ada sesuatu di depan kendaraan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya minta bantuan rekan Anda untuk melihat petunjuk navigasi. 

  1. Bergantian saat menyetir

Disarankan juga untuk melakukan perjalanan tidak sendirian, setidaknya bersama teman yang bisa menyetir juga. Jadi, Anda bisa bergantian mengemudikan kendaraan dengan teman setiap dua jam sekali. Hal ini penting dilakukan agar bisa mengemudi dengan kondisi yang prima dan bisa tetap fokus. Namun, jika Anda akhirnya harus mudik sendirian, setidaknya beristirahatlah setiap dua jam sekali. 

  1. Beristirahat saat lelah

Momen mudik menjelang Idul Fitri sangat didukung oleh pemerintah. Oleh karena itu, akan tersedia banyak rest area atau tempat peristirahatan sepanjang perjalanan. Di rest area ini terdapat banyak fasilitas, seperti kamar mandi, makanan, ataupun pemeriksaan kesehatan. Jadi, bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan pribadi, jangan lupa untuk memanfaatkan rest area yang sudah tersedia ini. Pastikan jika merasa lelah agar singgah ke rest area terlebih dahulu untuk memulihkan kondisi. 

  1. Perhatikan asupan makanan dan minuman

Apa yang Anda makan dan minum akan berpengaruh pada kondisi saat berkendara. Oleh karena itu, perhatikan asupan makanan sebelum memulai perjalanan. Jadi, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan seperti buah dan sayuran dibandingkan makanan berkarbohidrat tinggi. Pasalnya, karbohidrat tinggi memiliki kandungan gula yang bisa memicu tubuh menjadi mengantuk.

  1. Regangkan otot-otot

Tips berkendara agar tidak mudah lelah saat mudik yang bisa Anda terapkan terakhir yaitu meregangkan otot-otot. Pasalnya, selama perjalanan mudik Anda harus duduk dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini bisa menyebabkan Deep Vein Thrombosis (DVT) atau penggumpalan darah pada kaki. Oleh karena itu, lakukan peregangan otot terlebih dahulu. Gerakan yang dilakukan pun cukup yang sederhana seperti membalikkan badan ke kanan dan kiri serta mengangkat kaki lalu memutar tumit. 

Demikianlah penjelasan mengenai tips berkendara agar tidak mudah lelah saat mudik yang bisa Anda terapkan. Selain menerapkan beberapa tips di atas, Anda juga perlu memastikan kondisi kendaraan yang hendak digunakan dalam kondisi baik. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan atau services terlebih dahulu sebelum menggunakannya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mari Ketahui Beragam Penyakit yang Mengintai saat Mudik

Tag :
Referensi

Jewell, Tim. 2019. How to Stay Awake While Driving Long Distances or at Night. https://www.healthline.com/health/how-to-stay-awake-while-driving

Sleep Foundation. 2022. How To Stay Awake on the Road. https://www.sleepfoundation.org/drowsy-driving/how-to-stay-awake-tips

America’s Car Mart. 2019. 10 Tips to Staying Awake while Driving. https://www.car-mart.com/blog/10-tips-to-staying-awake-while-driving/

Bagikan artikel ini