Bantuan
Bantuan

Mari Kenali Berbagai Kelainan Tulang Belakang yang Bisa Saja Anda Alami

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Nov 2021

Bagikan

Mari Kenali Berbagai Kelainan Tulang Belakang yang Bisa Saja Anda Alami

Apakah Anda telah mengetahui apa itu kelainan tulang belakang? Salah satu tanda seseorang telah mengalami kelainan tulang belakang, yaitu memiliki postur tubuh yang bungkuk. Hal ini karena fungsi dari tulang belakang itu sendiri, yaitu untuk membentuk postur tubuh dan menopang tubuh bagian atas. Oleh karena, ketika terjadi kelainan pada tulang belakang maka dapat merubah postur tubuh seseorang.

Overview Kelainan Tulang Belakang 

Kelainan tulang belakang merupakan suatu kondisi di mana terdapat masalah yang memengaruhi kelengkungan atau susunan tulang belakang. Kondisi dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari penuaan, postur tubuh yang buruk, obesitas, hingga cacat dari lahir. Apabila terdapat cedera atau kondisi lain maka dapat menimbulkan rasa nyeri serta kerusakan yang akan membatasi mobilitas tubuh. 

Jenis-jenis Kelainan Tulang Belakang

  1. Skoliosis

Jenis kelainan tulang belakang yang pertama, yaitu skoliosis atau kondisi tulang belakang yang melengkung secara berlebihan ke samping. Pada umumnya, kelainan ini merupakan kondisi yang ringan. Akan tetapi, dengan seiring bertambahnya usia maka kondisinya akan semakin memburuk, bahkan dalam kasus  yang buruk, skoliosis dapat menyebabkan melumpuhkan dan mengganggu fungsi paru-paru. Kondisi ini terjadi karena lekukan tulang belakang akan mengurangi ruang ada di dada. 

  1. Lordosis

Lordosis merupakan kelainan tulang belakang yang di mana terjadi lekukan yang berlebihan ke arah depan pada bagian punggung bawah. Kondisi ini dapat membuat bokong penderita akan terlihat lebih menonjol. Kelainan tulang belakang ini terjadi karena adanya pergeseran ruas tulang, cedera tulang, postur yang buruk, dan peradangan yang terjadi di ruang antara tulang belakang. Kondisi ini juga dapat dialami oleh anak-anak, tetapi, umumnya  akan membaik seiring waktu berjalan.  

  1. Kifosis

Jenis kelainan tulang belakang yang selanjutnya, yaitu kifosis atau kelainan yang membuat tulang belakang pada punggung atas melengkung hingga membentuk bulatan yang berlebihan.  Orang yang memiliki postur tubuh yang bungkuk merupakan salah satu tanda telah mengalami kelainan tulang belakang kifosis. Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kondisi ini, yaitu sering menggendong beban berat, tulang keropos, radang sendi, penyakit Scheuermann, hingga osteoporosis. 

  1. Spondylosis

Apabila tiga kelainan tulang belakang sebelumnya memengaruhi bentuk tulang belakang maka spondylosis merupakan kelainan yang memengaruhi tulang belakang hingga sendi dan bantalan tulang. Kelainan ini dapat memengaruhi saraf yang dapat mengganggu pergerakan tulang belakang. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kebiasan merokok, obesitas, dan malas bergerak. Akan tetapi, seorang atlet pun miliki risiko kelainan ini seperti atlet sepak bola dan angkat beban karena melakukan aktivitas yang menyebabkan tekanan berulang pada bagian punggung. 

  1. Spondylolisthesis

Jenis kelainan tulang belakang yang bisa saja Anda alami terakhir, yaitu spondylolisthesis. Kelainan ini merupakan suatu kondisi di mana terjadi pergeseran tulang belakang dari posisinya. Pergeseran itu dapat terjadi karena adanya fraktur stres yang berulang-ulang. Pada umumnya, kondisi ini terjadi pada punggung bawah, punggung atas, bahkan area belakang leher. 

Mencegah Kelainan Tulang Belakang

Lantas, apa hal yang perlu dilakukan agar terhindar dari berbagai kelainan tulang belakang ini? Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kelainan tulang belakang ini.

  1. Menjaga pola makan

Pola makan yang sehat dapat membuat berat badan menjadi ideal dan memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang ditubuhkan oleh tulang belakang. Hal ini karena berat badan yang berlebih dapat menyebabkan peradangan pada sendi dan otot disekitar tulang belakang. 

Baca Juga: Pola Makan Anak Saat Pubertas

  1. Melakukan aktivitas fisik

Anda perlu melakukan beberapa aktivitas fisik seperti berolahraga yang teratur. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan, dan mendukung otot dapat bekerja dengan efektif. 

  1. Memperbaiki posisi tubuh

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kelainan tulang belakang, yaitu memperbaiki posisi tubuh. Posisi tubuh memberikan pengaruh yang signifikan dalam kelainan tulang belakang.  Hal yang bisa Anda lakukan, yaitu menggunakan bantal yang tidak terlalu tinggi saat tidur. 

Itulah beberapa informasi mengenai kelainan tulang belakang yang dapat mengintai Anda. Setiap orang tentunya tidak ingin mengalami kelainan tulang belakang ini, jadi pastikan Anda selalu menghindari kebiasan yang bahaya bagi kesehatan tulang belakang. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Bahaya bagi Tulang Belakang Ini Harus Segera Dihentikan

 

Sumber :

WebMD. 2019. Types of Spine Curvature Disorders. 

Johnson, Shannon. 2021. Everything You Need to Know About Scoliosis. 

Fletcher, Jenna. 2020. What is lordosis and what causes it?. 

Mayo  Clinic. 2020. Kyphosis..

Cleveland Clinic. 2020. Spondylolisthesis.

Tag :
Bagikan artikel ini