Ini Syarat Donor Darah PMI Yang Harus Anda Penuhi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Ini Syarat Donor Darah PMI Yang Harus Anda Penuhi

Apakah Anda tahu apa syarat donor darah PMI? Donor darah tidak dapat dilakukan pada semua orang. PMI atau Palang Merah Indonesia menetapkan ada beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh setiap calon pendonor. Lantas apa saja syarat donor darah PMI? Simak penjelasan berikut ini


Syarat donor darah PMI

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa untuk melakukan donor darah diperlukan persyaratan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa prasyarat yang perlu dipenuhi. 

  • Telah berusia 17 tahun dan tidak lebih dari 65 tahun. 

  • Memiliki berat badan di atas 45 kg. 

  • Dalam keadaan sehat jasmani dan juga rohani. 

  • Memiliki tekanan darah sistolik 110 hingga 170 dan diastolik 70 hingga 100.

  • Jarak setelah donor darah sebelumnya selama 12 minggu atau 3 bulan. 

  • Memiliki kadar hemoglobin di rentang 12.5 g% hingga 17 g%. 

Persyaratan tersebut merupakan pemeriksaan pendahuluan pada saat Anda mendatangi lokasi donor darah. Setelah itu, dokter akan memeriksa kondisi fisik Anda untuk mengetahui golongan darah dan juga apakah Anda layak untuk mendonorkan darah. 


Kondisi yang dilarang melakukan donor darah

Selain memenuhi syarat donor darah PMI tersebut, Anda beberapa kondisi yang membuat Anda tidak boleh melakukan donor darah. Apa saja kondisi tersebut? Berikut ini penjelasan mengenai kondisi yang dilarang untuk melakukan donor darah.  

  1. Tekanan darah tinggi

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa syarat donor darah PMI salah satunya yaitu tekanan darah. Tekanan darah normal berkisar di antara 120/80 mmHg hingga 139/89 mmHg. Apabila Anda memiliki tekanan darah di atas ini, maka Anda mungkin mengalami tekanan darah tinggi. WHO menyarankan menunda donor darah apabila Anda baru saja mengonsumsi obat hipertensi dan baru dapat melakukan donor setelah 28 hari. 

  1. Memiliki riwayat hepatitis 

Memiliki riwayat hepatitis baik B ataupun C, akan membuat Anda tidak boleh melakukan donor darah. Palang Merah Indonesia mengatakan bahwa, orang yang pernah mengalami penyakit hepatitis B dan hepatitis C dilarang untuk melakukan donor darah. Walaupun Anda telah dinyatakan sembuh dari penyakit hepatitis, tetap tidak diperbolehkan untuk melakukan donor darah. 

  1. Berat badan kurang

Berat badan merupakan salah satu syarat utama dalam mendonorkan darah. Apabila Anda memiliki berat badan di bawah 45 kg, maka Anda tidak diperbolehkan untuk mendonorkan darah. Hal ini karena, jumlah darah yang dimiliki seseorang sesuai dengan proporsi tinggi badan dan berat badan. Orang yang memiliki berat badan kurang 45 kg dianggap memiliki jumlah darah yang sedikit, sehingga tidak dapat menoleransi darah yang diambil pada saat donor darah. 

  1. Hamil

Sedang dalam kondisi hamil juga tidak dianjurkan untuk melakukan donor darah. Hal ini bertujuan untuk melindungi kesehatan sang ibu, dan mencegah terjadinya stress pada janin akibat sirkulasi darah yang berkurang. Apabila telah melahirkan, Anda juga perlu menunggu sembilan bulan dari ketika melahirkan untuk melakukan donor darah. Hal ini karena, menunggu tubuh dapat memiliki kadar zat besi yang cukup untuk menjaga kesehatan Anda dan juga bayi pada saat menyusui. 

  1. Merokok

Merokok sebelum donor merupakan suatu hal yang dilarang. Hal ini karena, merokok sebelum melakukan donor dapat meningkatkan tekanan darah. Bahkan dapat memicu tekanan darah meningkat tajam pada saat melakukan donor darah. Hal ini akhirnya membuat Anda tidak memenuhi syarat untuk melakukan donor darah. 


Donor darah di PMI

Apabila Anda memenuhi syarat donor darah PMI dan juga tidak memiliki kondisi yang dilarang, maka Anda bisa melakukan donor darah. Apabila Anda ingin melakukan donor darah, caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil formulir donor dan mengisinya. Setelah itu Anda akan melakukan pemeriksaan darah yang meliputi, berat badan, nadi dan tekanan darah. Apabila lolos, Anda bisa langsung dapat melakukan donor darah. 

Itulah beberapa syarat donor darah PMI yang perlu Anda penuhi apabila ingin mendonorkan darah. Semoga dengan informasi ini, dapat menambah wawasan Anda mengenai syarat-syarat donor darah. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

Syarat Untuk Menjadi Donor Darah. (ayodonor.pmi.or.id/about.php)

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi