Bantuan
Free Tele x

Manfaat Mencuci Tangan 20 Detik di Tengah Pandemi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Nov 2021

Bagikan

Manfaat Mencuci Tangan 20 Detik di Tengah Pandemi

Menjadi hal penting di tengah pandemi, apa manfaat mencuci tangan? Banyak ahli merekomendasikan untuk mencuci tangan selama 20 detik, menggunakan air mengalir dan sabun. Mengapa? Dikatakan bahwa hal ini penting karena sabun membutuhkan waktu untuk mengikat molekul air, juga minyak secara bersamaan. Tak hanya itu, mencuci tangan selama 20 detik juga diperlukan karena sabun memerlukan waktu tidak sebentar. Dimana sabun membutuhkan waktu untuk dapat mengangkat kuman-kuman pada tangan agar dibuang bersamaan dengan aliran air. 

Manfaat mencuci tangan 20 detik

80% dari seluruh kasus penyakit menular, ditularkan melalui sentuhan tangan hal ini dikatakan dokter I Made C. Wirawan pada buku karangannya Kata Dokter. Maka dari itu, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah menularkan dan tertular penyakit. Berikut ini adalah beberapa manfaat mencuci tangan 20 detik yang bisa Anda dapatkan :

  1. Dapat mencegah risiko tertular flu, demam, dan penyakit menular lainnya. Bahkan manfaat ini sampai 50% efektif.

  2. Dapat mencegah tertular penyakit serius seperti meningitis, hepatitis, dan lainnya.

  3. Dapat menurunkan risiko terkena diare dan penyakit pencernaan lainnya, yang mana diklaim sampai 59%.

  4. Dapat menghemat uang Anda karena meminimalkan anggota keluarga terkena penyakit.

Bila mencuci tangan sudah menjadi kebiasaan, yang mana tidak bisa ditinggalkan. Maka, sejuta kematian dapat dicegah setiap tahunnya. 

Pada masa pandemi, bersamaan dengan menjaga jarak dan memakai masker, mencuci tangan menjadi hal yang selalu diingatkan setiap harinya. Masyarakat sekarang ini mulai dibiasakan untuk mencuci tangan sesering mungkin. Hal ini bukan tanpa alasan karena manfaat mencuci tangan menjadi salah satu upaya untuk memutuskan penularan covid-19. Dimana covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona, yang dapat menularkan dari manusia ke manusia. WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan, bahwa manusia rentan terkena virus. Oleh sebab itu, WHO dan pemerintah sama-sama menyaranakan agar masyarakat mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. 

Manfaat mencuci tangan 

Selain menghindari virus corona, ada banyak manfaat mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Kebiasaan sederhana ini memiliki manfaat seperti di bawah ini :

  1. Cegah resistensi antibiotik, dimana dapat mencegah timbulnya iritasi dan resistensi antibiotik. CDC mencatat bahwa penggunaan hand sanitizer yang berlebihan dapat menurunkan sistem imun tubuh, adanya iritasi, dan bakteri yang kebal antibiotik. Maka dari itu, ahli tidak menganjurkan penggunaan hand sanitizer untuk mematikan kuman di tangan. 

  2. Aman untuk anak-anak, adanya kandungan zat kimia dalam sabun, disebut lebih aman pada kulit anak. Dibandingkan dengan cairan pembersih tangan. Hal ini tentu tidak boleh dianggap sepele karena mengingat bahwa anak-anak juga rentan tertular kuman dan virus di lingkungan sekitar. Diketahui dari CDC bawa sekitar hampir 2 juta anak di bawah 5 tahun, meninggal setiap tahunnya dikarenakan penyakit pneumonia dan diare. Oleh sebab itu, manfaat mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lebih efektif melindungi anak-anak dari kedua penyakit yang sebelumnya telah disebutkan, yaitu diare dan pneumonia. Supaya anak terbiasa menjaga kebersihan tangan setiap saat, dimana pun, baik di rumah, di sekolah, atau tempat umum lainnya. Maka Anda dapat menanamkan kebiasaan rajin mencuci tangan sejak dini. 

  3. Efektif membunuh kuman, ini merupakan manfaat mencuci tangan paling utama, yaitu untuk menghilangkan kuman dan virus yang mungkin menempel pada tangan. Sabun dan air efektif untuk menghilangkan virus, kuman, kotoran, dan partikel lainnya yang mungkin menempel dan sembunyi pada sela-sela jari. Mencuci tangan secara berkala dapat mencegah Anda dari terkena infeksi kulit dan mata. 

Selain beberapa manfaat yang disebutkan, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir baik untuk melindungi diri dan orang lain saat masa pandemi seperti sekarang ini. Rajin mencuci tangan menjadi upaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona. Selain mencuci tangan, masyarakat juga diharuskan untuk menjaga jarak dan menggunakan masker. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Alasan Mengapa Kita Harus Mencuci Tangan Sebelum Makan dan Cara Yang Tepat Melakukannya

 

Referensi :

Fries, Wendy C. 2020. 

 

Watson, Shawn. 2020.

Tag :
Bagikan artikel ini