Bantuan
Free Tele x

Manfaat dan Efek Samping Bleaching Gigi Yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Nov 2021

Bagikan

Manfaat dan Efek Samping Bleaching Gigi Yang Perlu Diketahui

Apa manfaat bleaching gigi? Salah satu perawatan yang dapat memberikan gigi putih, yaitu bleaching gigi. Perawatan ini banyak dilakukan karena banyak orang yang ingin mengubah penampilannya terutama pada gigi agar lebih percaya diri saat senyum ataupun berbicara. Apakah Anda salah satu dari orang tersebut?  

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan bleaching gigi, sebaiknya Anda memahami mengenai seluk beluk bleaching gigi terlebih dahulu. Oleh karena itu, Anda perlu menyimak terus penjelasan pada artikel ini agar lebih memahami mengenai apa itu bleaching gigi mulai dari manfaat hingga efek sampingnya. 

Apa itu bleaching gigi?

Sudah sempat disinggung sebelumnya, bleaching gigi adalah salah satu metode perawatan yang dapat memutihkan gigi. Akan tetapi, faktanya tidak semua gigi bisa diputihkan kembali. Gigi yang berwarna kekuningan dapat diputihkan kembali, tetapi gigi yang berwarna kecoklatan, keunguan, atau kebiruan akan sulit diputihkan kembali.

Pada umumnya, terdapat dua metode yang bisa digunakan untuk memutihkan gigi, yaitu bleaching gigi yang dilakukan dokter atau bleaching gigi yang dilakukan secara mandiri. Akan tetapi, baik bleaching gigi yang dilakukan dokter atau secara mandiri tetap perlu konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk menentukan cara yang tepat untuk memutihkan gigi. 

Manfaat bleaching gigi

Lalu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan perawatan bleaching gigi? Secara umum, manfaat dari bleaching gigi, yaitu mengembalikan gigi menjadi putih sehingga membuat Anda lebih percaya diri. Namun, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari melakukan bleaching gigi. Berikut ini beberapa manfaat dari bleaching gigi tersebut.

  • Memberikan perlindungan pada gusi.

  • Membersihkan karang gigi dan plak.

  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri.

  • Memutihkan gigi.

  • Menjaga kesehatan gigi.

Efek samping bleaching gigi

Walaupun perawatan bleaching gigi dapat memutihkan gigi, namun juga dapat menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, Anda juga perlu mengetahui beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah Anda melakukan perawatan bleaching gigi. 

  1. Iritasi gusi

Efek samping yang bisa muncul setelah melakukan perawatan bleaching gigi, yaitu iritasi gusi. Hal ini karena pemutih gigi yang berlebihan pada saat bleaching gigi akan bersentuhan dengan gusi. Kondisi ini biasanya hanya bersifat sementara dan akan hilang setelah beberapa hari perawatan. 

  1. Gigi sensitif

Efek samping yang selanjutnya, yaitu menyebabkan gigi sensitif. Umumnya, efek samping ini akan muncul pada tahap awal perawatan bleaching gigi. Namun dengan seiring perawatan yang Anda lakukan, maka efek samping yang satu ini akan berkurang dan menghilang. 

  1. Gigi menjadi rapuh

Gigi menjadi rapuh merupakan salah satu efek samping yang dapat muncul akibat perawatan bleaching gigi. Hal ini disebabkan bahan kimia yang tidak tepat saat melakukan bleaching gigi dapat merusak struktur lapisan gigi yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Selain mengetahui manfaat dan efek sampingnya, Anda juga perlu mengetahui beberapa hal terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan bleaching gigi. Di bawah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu. 

  1. Warna putih yang dihasilkan hanya sementara

Warna putih yang dihasilkan dari melakukan bleaching gigi tidaklah bersifat permanen. Biasanya warna putih yang dihasilkan bleaching hanya bertahan selama beberapa bulan atau beberapa tahun saja. Ketahanan warna putih tersebut akan berbeda-beda tergantung pada perawatan yang Anda lakukan.. 

  1. Hasil bleaching tidak sama dengan veneer

Metode pemutihkan gigi selain bleaching gigi adalah veneer, akan tetapi warna yang dihasilkan bisa disesuaikan dengan keinginan bahkan bisa seputih cat, sedangkan warna yang dihasilkan bleaching gigi, tidak dapat disesuaikan keinginan dan  lebih natural. 

  1. Bleaching gigi tidak dapat dilakukan pada anak-anak

Bleaching gigi ini tidak dapat dilakukan pada anak-anak terutama yang masih memiliki gigi susu. Hal ini nantinya akan menyebabkan perbedaan warna pada saat gigi permanen anak tumbuh. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat dan efek samping dari bleaching gigi. Apabila Anda hendak melakukan bleaching gigi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Selain itu, hindari melakukan bleaching gigi di tempat yang tidak terpercaya agar tidak menimbulkan efek samping yang lebih buruk. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ini Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras, Untuk Kembalikan Percaya Diri Anda!

 

Sumber:

Fries, Wendy C. 2020. Teeth Whitening and Bleaching

Watson, Shawn. 2020. The Possible Side Effects of Whitening Your Teeth.

Tag :
Bagikan artikel ini