Bantuan

Tahapan Pemasangan Implan Gigi Serta Keuntungannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Jun 2022

Bagikan

Tahapan Pemasangan Implan Gigi Serta Keuntungannya

Kehilangan gigi merupakan permasalahan yang sering ditemukan di bidang kedokteran gigi, untuk mengatasinya dokter gigi akan menyarankan implan gigi. Salah satu keuntungan Implan gigi adalah menambah kepercayaan diri seseorang, terutama ketika gigi yang hilang atau ompong pada bagian depan. Selain menambah kepercayaan diri, terdapat beragam keuntungan dan tahapan implan gigi yang bisa Anda ketahui melalui pembahasan di bawah ini. 

Baca juga: Perawatan Scaling: Mengenal Cara dan Harga Bersihkan Karang Gigi

 

Apa itu Implan Gigi?

Implan gigi merupakan akar gigi buatan yang memiliki bentuk seperti baut dan ditanam pada rahang pasien untuk menopang gigi buatan. Cara ini dilakukan untuk mengganti gigi asli yang terlepas dengan gigi buatan sehingga tidak terlihat ompong dan lebih kuat dibandingkan dengan gigi palsu biasa. Implan gigi terbuat dari titanium atau bahan lainya yang kompatibel dengan tubuh manusia, sehingga gigi yang ditanam bisa kokoh dan tahan lama.

Keuntungan Implan Gigi

Dibandingkan dengan gigi palsu biasa, implan gigi menjadi salah satu metode yang paling banyak dipilih. Ini karena implan gigi tidak memiliki dampak pada gigi di dekatnya dan memiliki beragam keuntungan jika dibandingkan dengan gigi palsu biasa. Berikut beberapa keuntungan implan gigi yang perlu Anda ketahui:

  1.  Lebih Mudah Digunakan untuk Mengunyah

Salah satu keuntungan implan gigi dibandingkan dengan gigi palsu biasa adalah lebih mudah digunakan untuk mengunyah. Karena gigi palsu yang digunakan pada implan gigi memiliki sifat lebih kuat seperti gigi asli. Dengan sifatnya yang kuat, risiko pergeseran gigi pun bisa dihindari.

  1. Memiliki Daya Tahan Lebih Lama

Keuntungan implan gigi yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah tahan lama, jika dibandingkan dengan gigi palsu biasa. Jika gigi palsu biasa memiliki daya tahan antara 5 hingga 10 tahun. Berbeda dengan implan gigi yang daya tahannya bisa sampai seumur hidup, selama Anda rajin melakukan perawatan gigi dengan baik.

  1. Mencegah Munculnya Masalah Ketika Berbicara

Keuntungan lain dari implan gigi adalah mengurangi masalah ketika berbicara. Berbeda dengan gigi palsu biasa yang dipasang tanpa prosedur implan, memungkinkan gigi bergeser atau bahkan terlepas saat berbicara. Dengan implan gigi Anda tidak perlu khawatir gigi terlepas saat berbicara, sebab implan gigi lebih kuat dibandingkan gigi palsu biasa, sehingga risiko terlepas atau bahkan bergeser pun sangat kecil sekali.

Tahapan Pemasangan Implan Gigi

Pemasangan implan gigi membutuhkan beberapa tahapan seperti tahap persiapan, pemasangan dan perawatan. Ketiga tahapan ini diperlukan agar proses pemasangan implan berhasil, kokoh dan tahan lama. Berikut tahapan pemasangan implan gigi yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1. Tahap Persiapan

Tahap pertama sebelum dilakukan implan gigi adalah tahap persiapan. Pada tahap ini dokter akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan kondisi gusi dan mulut Anda memenuhi kriteria pemasangan implan gigi. Jika dokter menemukan masalah pada gusi atau mulut Anda, maka dokter akan melakukan pengobatan terlebih dahulu, agar pemasangan implan gigi berjalan dengan lancar.

  1. Tahap Pemasangan Implan

Pada tahap ini dokter akan menyuntikan anestesi terlebih dahulu untuk mencabut gigi yang tertinggal atau patah. Setelah dicabut, dokter akan melakukan pengeboran pada gusi yang akan dipasang implan. Pada tahap ini mungkin Anda akan merasa sedikit nyeri, gusi tidak nyaman dan wajah sedikit bengkak, namun Anda tidak perlu khawatir, sebab dokter akan memberikan obat pereda nyeri. Pada tahap pemasangan implan sebaiknya Anda tidak sendiri agar ada orang yang membantu ketika Anda merasa pusing di perjalanan pulang.

  1. Tahap Perawatan

Tingkat keberhasilan implan gigi relatif tinggi, meski demikian hasilnya akan tetap bergantung pada perawatan yang Anda lakukan nantinya. Perawatan gigi bisa Anda lakukan dengan menghindari makanan bertekstur keras, menghindari kebiasaan merokok, permen serta membatasi minuman yang mengandung kafein. Pada tahap ini, Anda juga perlu sesekali pergi ke dokter gigi agar implan gigi terpantau dengan baik.

Melalui pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui beberapa keuntungan dan tahap pemasangan implan gigi. Jika Anda tertarik untuk melakukan pemasangan implan gigi di tempat tertentu, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis gigi. Hal ini dilakukan agar dokter spesialis gigi melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, guna memastikan keamanan implan gigi bagi kesehatan Anda secara menyeluruh.

Baca juga: Harga Tambal Gigi Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Mayo Clinic: Dental implant surgery. 2019. Available at: https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/dental-implant-surgery/about/pac-20384622 (Accessed: 3 November 2021).

University General Dentistry: The Benefits of Dental Implants (no date). Available at: https://tuscaloosauniversitydentistry.com/benefits-dental-implants/ (Accessed: 3 November 2021).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Mulut & Gigi

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang