Bantuan
Bantuan

Ini Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras, Untuk Kembalikan Percaya Diri Anda!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Oct 2021

Bagikan

Ini Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras, Untuk Kembalikan Percaya Diri Anda!

Anda wajib tahu cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Gigi menjadi salah satu organ yang dalam sistem pencernaan perlu dijaga kesehatannya. Tak hanya kesehatannya, tetapi kebersihan gigi dan mulut perlu untuk Anda jaga. Organ gigi dan mulut merupakan yang pertama melakukan kontak langsung, yakni dengan makanan atau minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa bagian gigi rentan terkena kotoran yang berasal dari makanan dan minuman itu tadi sehingga penting untuk Anda membersihkan gigi dengan baik dan rutin agar kotoran dari sisa makanan dan minuman, tidak menempel dan berkumpul pada sela-sela gigi. Kotoran yang ada pada sela gigi ini disebut sebagai plak gigi. Plak yang menumpuk dan tidak dibersihkan dengan sempurna, lalu akan mengeras dan disebut karang gigi. Tentu Anda tidak boleh meremehkan kondisi ini karena bisa-bisa karang gigi menyebar lalu menyebabkan gusi Anda mengalami peradangan. 

Baca Juga: Mudah dan Ampuh, Begini Cara Memutihkan Gigi dan Menghilangkan Karang Gigi

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras

Tak hanya itu, timbulnya karang gigi akan mengganggu penampilan Anda. Dimana gigi akan terlihat tidak sehat, tidak terawat, dan kotor. Ini diperparah, ketika karang gigi dapat menimbulkan bau mulut maka sehingga akan mengurangi rasa percaya diri pada seseorang yang mengalaminya, lalu adakah cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras? Simak di bawah ini adalah beberapa cara alami untuk menghilangkan karang gigi yang sudah parah:

  1. Gosok gigi dengan teratur

Kunci utama untuk cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras adalah gosok gigi yang teratur, yakni dua kali dalam sehari. Ini merupakan cara alami yang paling mudah untuk Anda lakukan. Tak hanya untuk menghilangkan, tetapi juga untuk mencegah munculnya karang gigi sehingga perlu untuk Anda menanamkan kebiasaan menggosok gigi sejak dini. Namun Anda juga perlu tahu, bahwa menggosok gigi dengan rutin saja tidak cukup untuk menuntaskan masalah karang gigi. Menggosok gigi dengan sempurna juga perlu dilakukan. Menggosok gigi yang benar adalah tidak dilakukan dengan terburu-buru atau dengan cepat. Gosok gigi dianjurkan untuk dilakukan selama 2 menit, sedangkan gerakan yang tepat adalah dengan memutar serta menjangkau ke setiap sela gigi. Pemilihan sikat gigi juga penting, pilihlah sikat yang memiliki tekstur bulu lembut juga ramping. Hal ini agar sikat dapat membersihkan sisa kotoran sampai ke sela gigi terdalam. 

  1. Pasta gigi flouride

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Mengapa? Ini karena kandungan flouride mampu memperkuat lapisan enamel gigi. Tak hanya itu, flouride juga bisa mengurangi risiko pembusukan, yang diakibatkan oleh makanan serta minuman asam. Maka, menjadi penting bagi Anda untuk memperhatikan kandungan yang ada dalam pasta gigi yang akan digunakan. Di mana dengan Anda memperhatikan hal kecil seperti ini maka akan bantu menghilangkan karang gigi Anda lebih efektif. Hal ini juga karena flouride memiliki fungsi lain, yakni bantu proses memperbaiki gigi yang telah rusak. Bagaimana? Banyak bukan manfaat kandungan flouride untuk gigi.

  1. Flossing

Menggunakan benang sebagai cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras bisa Anda coba. Teknik ini disebut sebagai flossing, yang mana dipercaya mampu untuk membersihkan plak gigi. Hal ini karena benang bisa menjangkau sela gigi yang mungkin sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi. Jangan sembarang dalam melakukan teknik flossing, ada baiknya untuk Anda memilih dan menggunakan benang yang halus. Tidak lupa untuk menyesuaikannya dengan kondisi gusi dan gigi. Namun, jika Anda benar tertarik dengan cara ini maka lebih baik berkonsultasi dengan dokter gigi. Mengenai bahan apa yang cocok dan sesuai untuk Anda gunakan, lalu bagaimana melakukan teknik flossing yang aman untuk dilakukan. 

  1. Gunakan mouthwash

Selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah berkumur dengan mouthwash. Ini efektif untuk membersihkan kotoran dari sisa makanan dan minuman serta untuk membunuh bakteri pada sekitar gigi yang sempit. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang optimal, maka lakukanlah cara ini setelah menggosok gigi dan melakukan flossing

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ingin Gigi Tampak Lebih Putih? Ketahui Manfaat Veneer Gigi dan Efek Sampingnya

 

Referensi:

 

Dunkey, Marry Anne. 2021

Bagikan artikel ini