Bantuan
Free Tele x

Manfaat & Kriteria Terapi Plasma Darah Untuk Pasien Covid-19

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Dec 2021

Bagikan

Manfaat & Kriteria Terapi Plasma Darah Untuk Pasien Covid-19

Pernahkah Anda mendengar terapi plasma darah? Terapi plasma darah banyak digunakan sebagai metode pengobatan untuk penyembuhan pasien Covid-19. Plasma darah memiliki antibodi yang bisa membantu melawan infeksi, protein, dan fibrinogen. Terapi plasma darah untuk pasien Covid-19 memiliki beberapa kriteria tertentu. 

Manfaat Terapi Plasma Darah

Sebelum Anda mengetahui beberapa kriteria pasien penerima terapi plasma darah, ada beberapa manfaat terapi plasma darah yang perlu Anda ketahui, diantaranya: 

  1. Mempercepat Proses Penyembuhan 

Salah satu manfaat terapi plasma darah adalah mempercepat proses penyembuhan pada pasien Covid-19 dengan kondisi berat dan kritis. Plasma darah mengandung antibodi yang bisa langsung bekerja dalam tubuh pasien melawan virus corona.

  1. Mengurangi Tingkat Kematian Covid-19

Terapi plasma darah terbukti memberikan 35% peluang hidup pasien Covid-19. Dalam sebuah studi yang melibatkan 70 ribu pasien Covid-19, ditemukan fakta bahwa terapi plasma darah bisa meningkatkan kelangsungan hidup pasien. Pasien yang mendapatkan plasma darah dengan antibodi tingkat tinggi mendapatkan manfaat terbesar dalam pengobatan ini.

  1. Proses Berjalan Dengan Cepat

Terapi plasma darah bisa dilakukan dengan cepat. Sehingga bagi Anda yang sudah sembuh dari Covid-19 bisa mendonorkan darah Anda. Plasma darah akan diambil menggunakan alat, untuk memisahkan sel darah merah dan plasma yang akan digunakan. Sel darah merah akan dikembalikan ke dalam tubuh pendonor, karena yang akan diambil hanya plasma darah saja.

  1. Mengecilkan Pori-Pori

Terapi plasma darah juga memiliki manfaat untuk mengecilkan pori-pori. Terapi plasma darah bisa memicu tumbuhnya jaringan sel kulit baru dan meningkatkan produksi kolagen untuk mengatasi pori-pori besar.

  1. Mengatasi Kebotakan

Anda bisa menggunakan terapi plasma darah sebagai pilihan terbaik untuk mengatasi kebotakan. Terapi plasma darah bisa merangsang pertumbuhan sel rambut baru dan meningkatkan suplai darah ke folikel rambut, sehingga pertumbuhan rambut baru pun bisa meningkat.

  1. Mengurangi Bekas Jerawat

Bekas jerawat berwarna hitam bisa menyebabkan tekstur kulit jadi tidak rata dan akan mengganggu penampilan Anda. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa menggunakan terapi plasma darah untuk memicu jaringan sel kulit baru tumbuh, sehingga tampilan bekas jerawat yang mengganggu perlahan akan berkurang.

  1. Mengurangi Kerutan

Bertambahnya usia, akan membuat keriput muncul di muka. Banyak orang melakukan terapi plasma darah untuk mengatasi kerutan tersebut. Plasma darah yang disuntikkan pada kulit wajah akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru serta membentuk kolagen dan elastin. Sehingga tanda penuaan garis halus dan kerutan akan memudar.

Baca Juga: Kepanjangan PPKM dan Manfaatnya di Masa Pandemi Covid-19

Kriteria Penerima Terapi Plasma Darah Untuk Pasien Covid-19

Itulah beberapa manfaat terapi plasma darah. Tetapi plasma darah juga bisa diberikan untuk mengobati penyakit Covid-19. Namun terapi plasma darah untuk pasien Covid-19 tidak bisa diberikan untuk semua pasien. Terapi plasma darah ini hanya diperbolehkan untuk pasien Covid-19 yang memenuhi kriteria berikut:

  1. Memiliki Gejala yang Berat

Terapi plasma darah lebih baik diberikan untuk pasien Covid-19 yang memiliki gejala sedang hingga berat, atau mengalami kondisi gawat darurat. Adapun pendonor plasma darah tersebut, sebaiknya berasal dari pasien Covid-19 dengan gejala berat yang telah dinyatakan sembuh. Pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala tidak bisa mendonorkan plasma darah. Plasma darah bisa diberikan setelah 2 sampai 12 minggu setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

  1. Pasien yang Memiliki Riwayat Kesehatan yang Buruk

Kriteria pasien terapi plasma darah selanjutnya ialah pasien yang memiliki riwayat kesehatan yang bisa memperburuk kondisi Covid-19. Terapi plasma darah ini diutamakan bagi Anda  yang memiliki riwayat kesehatan yang memperburuk kondisi Covid-19 tersebut.

  1. Bukan Orang Tanpa Gejala (OTG)

Orang tanpa gejala (OTG) bukan merupakan kriteria penerima terapi plasma darah. Bagi Anda pasien Covid-19 tanpa gejala hanya perlu melakukan isolasi mandiri di rumah, untuk menekan penyebaran Covid-19.

Itulah beberapa manfaat terapi plasma darah dan kriteria terapi plasma darah pada pasien Covid-19. Terapi plasma darah tidak sembarangan diberikan kepada semua penderita Covid-19. Terapi plasma darah sebaiknya dilakukan berdasarkan rekomendasi dari dokter, dengan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Terinfeksi COVID-19 Tapi Tidak Menunjukkan Gejala? Waspadai Ciri-ciri OTG Covid

 

Sumber:

1. Cole, Jessi. The Benefits of Platelet-Rich Plasma Therapy. (2017).

2. Convalescent Plasma. (2021).

Bagikan artikel ini