Bantuan

Bagaimana Efektivitas Masker KN94 untuk Menghindari Virus Corona?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Mar 2022

Bagikan

masker KN94

Banyak beredar di pasaran, bagaimana efektivitas masker KN94 untuk mencegah Covid-19? Masker KN94 menjadi salah satu tipe masker yang sekarang ini banyak beredar dimasyarakat Indonesia. KN94 atau KF94 ini berasal dari Korea Selatan yang mana KF merupakan singkatan dari Korean Filter. Sementara itu, 94 merujuk bahwa masker ini dapat mencegah 94 persen partikel yang berukuran sangat kecil. Layaknya masker bedah pada umumnya, tipe ini juga memiliki garis kawat tipis pada bagian atas masker. Seperti perahu, bentuk masker tipe ini didesain melebar agar bisa menyesuaikan bentuk wajah pemakai dengan lebih luas. Hal ini supaya area dagu dan juga celah di bagian samping bisa tertutup dengan baik. 

Bagaimana Efektivitas Masker KN94

Dengan banyaknya beredar di masyarakat, mungkin menimbulkan pertanyaan bagaimana efektivitas masker KN94 untuk menghindari virus Corona. Dibawah ini adalah beberapa ciri yang perlu Anda ketahui terlebih dulu tentang masker KN94:

  1. Desain Masker

Tipe masker satu ini mempunyai bentuk yang melebar, yang mana dibuat agar dapat menyesuaikan bentuk wajah pemakainya

  1. Filtrasi 

Mampu mencegah setidaknya 94 persen partikel dengan ukuran 0,3 mikron, yang mana partikel ini sangatlah kecil. 

  1. Rekomendasi Pemakai

Bagaimana efektivitas masker KN94 ini agar dapat berfungsi dengan optimal? Pemakai yang disarankan untuk menggunakan tipe masker ini adalah dia yang harus pergi ke luar rumah. Juga dia yang berada di lingkungan dengan risiko paparan virus Corona rendah hingga sedang. 

Tipe masker yang berasal dari Korea itu sendiri ada banyak, diantaranya adalah seperti KN94 atau KF94 dan N95. Lalu bagaimana keefektifan keduanya? Apakah sama? Dari beberapa hasil penelitian, disebutkan bahwa kedua tipe masker ini mempunyai keefektifan yang sama. Bahkan, diketahui bahwa tipe masker KN94 dapat menjadi lebih efektif daripada tipe N95 dan juga masker KN95. Hal ini diungkapkan oleh ahli epidemiologi dan spokesperson Infectious Diseases Society of America

Dari penelitian yang dilakukan tersebut, diketahui bahwa masker KN94 dan masker N95 ini dapat mencegah atau memblokir partikel virus Corona. Dimana virus Corona ini adalah penyebab utama penyakit Covid-19. Sementara itu, masker bedah dinilai kurang efektif untuk menyaring partikel virus Corona dari pasien yang terjangkit Covid-19. Pada penelitian lainnya diketahui bahwa lapisan filtrasi tipe masker N95, delapan kali lebih tebal daripada masker KN95. Bukan itu saja, N95 juga mempunyai kelebihan yang mana dapat filtrasi elektrostatis dua kali lipat dibandingkan dengan KN95. 

Anda perlu tahu bahwa bagaimana efektivitas masker KN94 ini juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi. Para peneliti sudah mengingatkan bahwa hasil studi yang telah dilakukan hanyalah skala kecil. Oleh karea itu, studi lebih lanjut masih dibutuhkan guna mengetahui keefektifan tipe masker yang berasal dari Korea ini. Selain itu, tipe masker KN94 ini hanya baru memenuhi standar kualifikasi dari pemerintah Korea Selatan saja. Dimana tipe masker ini belum memperoleh standarisasi dari NIOSH atau National Institute for Occupational Safety and Health Amerika Serikat. 

Survei juga dilakukan pada Agustus 2020 untuk menguji efektivitas masker KN94, masker bedah, dan juga masker N95. Survei atau riset ini melibatkan tujuh partisipan, yang mana hasilnya menunjukkan bahwa tipe masker KN94 dan juga tipe N95 dapat memblokir partikel virus yang menjadi penyebab penyakit Covid-19, yakni virus Corona. Sementara itu, masker bedah terbukti kurang efektif guna menyaring virus Corona. 

Masker KN94 Palsu

Sekarang ini Anda wajib berhati-hati dan waspada terhadap oknum yang mungkin memanfaatkan kondisi pandemi. Dimana oknum tersebut memproduksi atau mengimpor tipe masker KN94 dengan standar tidak sesuai, bahkan palsu. Menggunakan tipe masker apapun yang tidak sesuai standar bahkan palsu, tentu saja akan sia-sia. Hal ini dikarenakan masker palsu tersebut tidak dapat melindungi, baik diri sendiri dan orang lain di sekitar anda. 

Untuk mencegah Anda menggunakan masker palsu, maka gunakanlah masker yang Anda beli dari penjual terpercaya. Jangan mudah terlena dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual. Pilihlah penjual yang memiliki testimoni atau ulasan bagus dari banyak pembeli. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Berikut Ini Cara Penggunaan Masker yang Benar

Referensi

CNET Health and Wellness. https://www.cnet.com/health/n95-vs-kn95-vs-kf94-masks-which-is-safest/

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/32845196/

American Chemical Society Public Health Emergency Collection. https://pubs.acs.org/doi/10.1021/acsami.0c17333 

SF Gate. https://www.sfgate.com/shopping/article/difference-between-n95-kn95-kf94-surgical-masks-15906159.php

Health. https://www.health.com/condition/infectious-diseases/coronavirus/kf94-masks-effective-different-kn95

The Strategist. https://nymag.com/strategist/article/whats-the-difference-between-kn95-and-kf94-masks.html

Bagikan artikel ini