Bantuan
Free Tele x

Terinfeksi COVID-19 Tapi Tidak Menunjukkan Gejala? Waspadai Ciri-ciri OTG Covid

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Terinfeksi COVID-19 Tapi TIdak Menunjukkan Gejala? Waspadai Ciri-ciri OTG Covid

Tahukah Anda ciri-ciri OTG Covid? Dikutip dari Washington Post, 59% dari semua penularan Covid-19 berasal dari orang tanpa gejala, sehingga orang tanpa gejala perlu Anda waspadai. Orang tanpa gejala biasanya di artikan pada seseorang yang hanya memiliki gejala ringan dan tidak menimbulkan sakit serius. Berikut ciri-ciri OTG Covid yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  1. Sakit tenggorokan 

Beberapa orang tanpa gejala atau OTG Covid merasakan sakit tenggorokan yang kerap dianggap panas dalam biasa. Namun, seseorang dengan sakit tenggorokan dapat juga disebabkan karena kelelahan atau flu biasa. Sakit tenggorokan hingga suara parau juga bisa menjadi salah satu ciri seseorang terinfeksi Covid-19. Sebanyak 52,2 persen pasien Covid-19 mengalami kondisi ini sebagai tanda atau gejala awal dari Covid-19. 

  1. Kelelahan

Bagi Anda yang merasa lelah selama seminggu atau lebih, bisa jadi Anda terinfeksi Covid-19. Meskipun kelelahan merupakan hal biasa yang sering dialami banyak orang, namun Anda tetap perlu berhati-hati, karena bisa jadi kelelahan merupakan ciri-ciri OTG Covid-19 yang tidak menimbulkan demam atau batuk. Lebih dari 60 persen orang mengaku merasa sangat kelelahan pada saat terinfeksi Covid-19.

  1. Sakit Kepala

Ciri-ciri OTG Covid-19 yang perlu Anda waspadai selanjutnya ialah seseorang yang sering mengalami sakit kepala, karena 70 persen pasien Covid-19 mengaku mengalami sakit kepala. Sakit kepala yang sering dialami oleh banyak orang bisa menjadi ciri terinfeksi Covid-19 yang sering tidak disadari, karena banyak orang tidak mengetahui perbedaan antara sakit kepala biasa dengan sakit kepala karena Covid-19.

  1. Masalah gastroenteritis

Gastroenteritis atau muntaber merupakan muntah dan diare yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada dinding saluran pencernaan, terutama lambung dan usus. Bagi Anda yang tidak mengalami demam atau batuk, namun mengalami gejala muntaber dan beberapa gejala ringan lainya sebaiknya memeriksakan diri dengan menjalani tes Covid-19.

  1. Kehilangan indra penciuman atau perasa

Kehilangan penciuman dan perasa dengan tiba-tiba, namun tidak mengalami gejala serius, bisa menjadi salah satu ciri-ciri OTG Covid-19. Jika Anda merasakan kondisi ini, segera lakukan isolasi dan lakukan tes Covid-19 untuk mengetahui terinfeksi virus Covid atau tidak.

  1. Terkadang merasa sesak napas

Sesak napas yang terkadang Anda rasakan, bisa menjadi salah satu ciri Anda terkena virus Covid-19. Jika Anda mengalami kondisi ini, segera  lakukan pemeriksaan Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri, karena banyak orang yang terpapar virus Covid-19 mengalami sesak napas.

 

Tips Pemulihan Pasien OTG 

Setelah Anda mengetahui beberapa ciri-ciri OTG Covid di atas. Adapun tips pemulihan pasien OTG yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  1. Pakai masker pada saat isolasi mandiri

Orang tanpa gejala, namun memiliki beberapa ciri terinfeksi Covid-19 yang ringan tetap perlu melakukan isolasi mandiri dan rutin memakai masker yang bersih. Masker sekali pakai yang Anda gunakan harus langsung dibungkus dan dibuang ke tempat sampah.

  1. Cek kondisi tubuh dan rutin berjemur

Seserang dengan ciri-ciri OTG Covid  perlu menjemur tubuh secara rutin agar virus di dalam tubuh mati dan tidak menginfeksi orang lain. Selain itu, bagi Anda yang OTG pun perlu melakukan cek kondisi tubuh dengan mengukur suhu secara rutin. Berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi sangat penting dilakukan selama 15 hingga 30 menit.

  1. Menjaga pola hidup sehat dan bersih

Menjaga pola hidup sehat dan bersih juga tidak kalah penting, agar virus dalam tubuh mati dan tidak menular pada orang lain. Anda bisa memulai pola hidup sehat, dengan memakan makanan gizi seimbang, olahraga secara rutin dan teratur serta memastikan pikiran Anda tetap tenang. Selain itu, jangan lupa untuk menerapkan etika batuk dan bersin yaitu dengan menutup hidung dan mulut menggunakan siku lengan bagian dalam.

Itulah beberapa ciri-ciri OTG Covid  dan tips pemulihannya yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengalami beberapa ciri atau gejala di atas, segera periksakan diri Anda, untuk mencegah penularan pada keluarga Anda yang rentan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Hindawi: Clinical Characteristics of Asymptomatic Patients with SARS-CoV-2 in Zhejiang: An Imperceptible Source of Infection. 2020.

Tag :
Bagikan artikel ini