Bantuan

Cara Agar Menstruasi Cepat Selesai yang Tergolong Aman untuk Dilakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Jun 2022

Bagikan

Cara Agar Menstruasi Cepat Selesai yang Tergolong Aman untuk Dilakukan

Cara agar menstruasi cepat selesai perlu diketahui karena terkadang haid berlangsung lama. Haid sendiri merupakan proses pelepasan dinding rahim endometrium yang disertai pendarahan dan terjadi setiap satu bulan sekali, kecuali saat kehamilan. Normalnya menstruasi berlangsung 5 hingga 7 hari dengan siklus antara 28 hingga 35 hari. Namun jika haid berlangsung lama, kira-kira bagaimana agar haid cepat selesai? Mari cari tahu sejumlah cara agar menstruasi cepat selesai melalui ulasan berikut ini. 

 

Cara Agar Menstruasi Cepat Selesai

Salah satu faktor menstruasi berlangsung lama ialah hormon yang dipicu oleh stres sehingga nutrisi tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Maka dari itu, salah satu cara mengatasinya ialah dengan memperhatikan konsumsi makanan. Berikut ini cara agar haid cepat selesai yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

Baca juga: Inilah Proses Terjadinya Menstruasi dan Hormon yang Berperan Didalamnya

1. Relaksasi

Relaksasi bisa menjadi salah satu cara agar menstruasi cepat selesai. Misalnya dengan mengompres perut menggunakan air hangat untuk meningkatkan aliran darah secara perlahan dan mempercepat siklus haid. Selain itu, Anda bisa melakukan relaksasi dengan berendam atau mandi air hangat untuk mengendurkan otot tegang dan menghilangkan stres. Adapun berlatih yoga agar tubuh tetap sehat dan haid jadi lancar

2. Mencukupi Gizi

Cara agar menstruasi cepat selesai selanjutnya ialah dengan mencukupi gizi yang seimbang agar hormon tidak bermasalah. Misalnya membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat, menghindari rokok, konsumsi kopi secara berlebihan, alkohol dan begadang agar produksi hormon tidak terganggu. Selain bisa membuat sistem metabolisme tubuh jadi lebih baik, mencukupi gizi bisa melancarkan dan mempercepat haid. 

3. Memenuhi Vitamin C

Memenuhi kebutuhan vitamin C bisa Anda lakukan agar haid berlangsung dengan cepat. Apalagi vitamin C termasuk lezat dan bisa membantu meningkatkan hormon estrogen serta menurunkan hormon progesteron. Setelah itu, rahim akan berkontraksi dan meluruh. Namun perlu Anda perhatikan cara penggunaannya agar tidak berlebihan karena bisa membahayakan kesehatan.

Baca juga: Seluk Beluk Infus Vitamin C yang Perlu diketahui

4. Mengonsumsi Rempah

Mengonsumsi rempah tidak kalah penting sebagai salah satu cara ampuh untuk menghentikan haid dengan cepat. Rempah juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit akibat haid. Beberapa rempah di antaranya olahan kue adas dan kunyit untuk mempengaruhi tingkat estrogen dan progesteron di dalam tubuh. Selain itu, terdapat senyawa yang berkhasiat sebagai obat seperti kurkumin untuk anti oksidan dan anti inflamasi. 

 

Jenis Makanan yang Harus Dihindari agar Haid Lancar

Terdapat makanan yang dapat melancarkan haid dan ada juga beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar haid tetap lancar. Pasalnya sejumlah makanan ini akan mempengaruhi siklus haid pada wanita. Berikut beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar haid tetap lancar, di antaranya:

1. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula termasuk salah satu jenis makanan yang perlu dihindari agar haid tetap lancar. Misalnya minuman permen, manis dan desert karena dapat membuat tubuh mengalami peningkatan gula darah ketika menstruasi. Meningkatnya gula darah juga bisa berdampak pada suasana hati yang berlangsung naik turun. 

2. Mengandung Tinggi Garam

Jenis makan yang harus dihindari selanjutnya ialah mengandung tinggi garam karena dapat menimbulkan retensi cairan di dalam tubuh ketika menstruasi. Selain itu, garam dapat menyimpan cairan sehingga pipi jadi bengkak dan perut kembung. Maka dari itu hindari makanan yang mengandung tinggi garam seperti gorengan, makanan asin dan cepat saji. 

3. Makanan yang Mengandung Lemak Tinggi

Makanan yang mengandung lemak tinggi dipercaya dapat menghambat siklus menstruasi. Ini karena makanan berlemak akan mengganggu hormon yang berperan penting dalam siklus haid. Akan lebih baik jika menghindari makanan tinggi lemak seperti makanan cepat saji dan gorengan. 

Cara agar menstruasi cepat selesai sebetulnya relatif mudah dan dapat dilakukan di rumah. Misalnya relaksasi dengan mengompres perut menggunakan air hangat atau yoga, mencukupi gizi, memenuhi vitamin C dan mengonsumsi rempah-rempah yang bisa kita temukan di sekitar rumah. Selain sejumlah cara mempercepat haid, ada beberapa makanan yang perlu Anda hindari agar tidak menghambat siklus haid seperti makanan tinggi gula, mengandung banyak garam dan lemak tinggi.

Baca juga: Faktor Kenapa Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Whelan, Corey. Can I Make My Period End Faster? 2019. Available: https://www.healthline.com/health/womens-health/how-to-make-your-period-end-faster (Accessed: 14 April 2022).

Ferguson, Sian. 16 Foods to Eat (and Some to Avoid) During Your Period. 2019. Available at: https://www.healthline.com/health/womens-health/what-to-eat-during-period (Accessed: 14 April 2022).

Bagikan artikel ini