Bantuan
Bantuan

Baik bagi Kesehatan Tubuh, Ini Manfaat Asparagus yang Tidak Bisa Dilewatkan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 04 Feb 2022

Bagikan

Asparagus

Manfaat asparagus mungkin masih jarang terdengar. Bahkan, konsumsi asparagus di Indonesia sendiri juga dapat dibilang masih cukup jarang. Namun, tahukah Anda bahwa jenis sayuran yang satu ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat beragam. Kandungan inilah yang menjadikan asparagus makanan yang tidak bisa dilewatkan. 

Asparagus sendiri merupakan sayuran hijau yang memiliki bentuk layaknya batang bambu, tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil. Pada umumnya, asparagus dikonsumsi dengan cara ditumis dan dipanggang, atau bahkan dikonsumsi secara langsung dan menjadi campuran dalam sup.

Kandungan Nutrisi Asparagus

Sebagai salah satu jenis sayuran, asparagus ini memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100 gram asparagus di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Karbohidrat: 4 gr

  • Serat: 2 gr

  • Protein: 2 gr

  • Kalium: 200 mg

  • Fosfor:  50 mg

  • Kalsium: 25 mg

  • Zat besi: 2 mg

  • Vitamin E: 1,1 mg

  • Zinc 0,5: mg

Tidak hanya kandungan nutrisi yang telah disebutkan di atas, asparagus juga ternyata memiliki kandungan Vitamin K, A, B, dan C, selenium hingga antioksidan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Manfaat Asparagus

Sehubungan dengan kayanya nutrisi yang terdapat pada asparagus, tentu tidak mengherankan jika jenis sayuran yang satu ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Adapun beberapa manfaat asparagus yang tidak bisa dilewatkan adalah sebagai berikut. 

Baca juga: Murah dan Mudah Didapatkan, Ini Dia Kandungan Gizi Tempe Dan Manfaatnya

  1. Dapat melancarkan pencernaan

Bagi Anda yang sering mengalami masalah pencernaan, maka konsumsi asparagus yang memiliki kandungan serat ini dapat menjadi solusinya. Kandungan serat asparagus yang cukup tinggi dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan terhindar dari berbagai gangguan, seperti sembelit. 

  1. Mengontrol tekanan darah 

Manfaat asparagus berikutnya bagi kesehatan yang tidak bisa dilewatkan adalah kemampuannya dalam mengontrol tekanan darah. Dalam hal ini, asparagus memiliki kandungan amino asparagin yang dapat menjadi diuretik alami agar dapat mengatasi kelebihan garam dan gas beracun. Dengan cara ini, maka tekanan darah Anda akan tetap stabil dan lebih terkontrol.

  1. Menurunkan berat badan

Dalam setiap 100 gram asparagus, terdapat kalori yang cukup rendah, yakni hanya sekitar 20 kalori saja. Dengan begitu dapat dikatakan bahwa sayuran ini akan cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. 

  1. Menangkal radikal bebas

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalam sayuran hijau ini. Kandungan antioksidan tersebut yang mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Dengan begitu, tubuh Anda akan terhindar dari berbagai ancaman penyakit dan kerusakan. 

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat asparagus berikutnya yang tidak bisa dilewatkan adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Bagaimana tidak, asparagus dalam hal ini memiliki berbagai kandungan yang diperlukan untuk jantung yang sehat, seperti serat yang dapat menurunkan kolesterol, kalium yang dapat mengontrol tekanan darah hingga antioksidan yang mencegah kerusakan jantung itu sendiri.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Di masa pandemi COVID 19 ini, Anda dapat menjaga atau bahkan meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi asparagus. Dalam hal ini, asparagus memiliki kandungan vitamin E yang merupakan antioksidan penting yang dibutuhkan oleh daya tahan tubuh.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat asparagus selanjutnya ini sangat bermanfaat untuk kesehatan, karena dapat membantu menjaga agar gula darah tetap terkontrol. Mengapa demikian? Hal ini sejatinya karena asparagus merupakan jenis makanan dengan kandungan indeks glikemik yang rendah. Dengan mengonsumsi ini, maka tentu kadar gula darah dalam tubuh tidak akan meningkat dengan tiba-tiba. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai tujuh manfaat asparagus bagi kesehatan tubuh yang tidak bisa dilewatkan. Tidak hanya itu saja, sejatinya masih ada banyak lagi manfaat yang bisa Anda petik dari mengonsumsi asparagus secara rutin.

Adapun manfaat lainnya adalah dapat mendukung tumbuh kembang janin di kandungan, membantu mencegah kanker karena kandungan antioksidannnya yang tinggi, menjaga kesehatan kandung kemih, bahkan dapat meningkatkan suasana hati. Selain itu, asparagus juga sangat baik dalam mengatasi masalah reproduksi pada wanita serta meredakan gejala menopause. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi

Gabrick, Andrea. The Health Benefits of Asparagus. https://www.webmd.com/diet/features/the-health-benefits-of-asparagus#:~:text=This%20giant%20veggie%20is%20one,and%20is%20low%20in%20calories

Coyle, Daisy. 2018. 7 Reasons Why You Should Eat More Asparagus. https://www.healthline.com/nutrition/asparagus-benefits

Felton, Kathleen. 2020. 10 Benefits of Asparagus, According to Nutritionists. https://www.health.com/nutrition/asparagus-health-benefits

Szalay, Jessie. 2018. Asparagus: Health Benefits, Risks (Stinky Pee) & Nutrition Facts. https://www.livescience.com/45295-asparagus-health.html

Bagikan artikel ini