Bantuan

Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengobati Ambeien Berdarah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Mar 2022

Bagikan

cara mengobati ambeien berdarah

Ragam cara mengobati ambeien berdarah untuk hilangkan rasa sakitnya. Ambeien atau wasir merupakan kondisi di mana terjadi pembengkakan di pembuluh darah vena. Pembengkakan ini terjadi di dalam atau sekitar anus, yang mana biasa dialami oleh orang dewasa antara 46 sampai 65 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan jika orang yang lebih muda mengalaminya. Terutama jika orang tersebut mengalami diare atau sembelit. Terjadinya peningkatan tekanan pada perut yang diakibatkan beberapa aktivitas seperti batuk, kehamilan, konstipasi, mengejan, atau duduk bisa menjadi penyebab ambeien. Ambeien dapat memunculkan pendarahan yang akan mengganggu aktivitas yang dilakukan oleh penderitanya. 

Penyebab ambeien berdarah

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa adanya pembengkakan pada pembuluh darah vena menjadi penyebab dari ambeien berdarah. Penyebab lainnya adalah kolitis, yakni peradangan yang ada di usus. Kolitis disebabkan karena adanya infeksi dan pola makan yang tak teratur. Anal fissure bisa juga menjadi penyebab ambeien, ini merupakan kondisi di mana terjadi robekan pada kulit sekitar anus. Tentu saja kondisi ini sangat menyakitkan, karena kulit menjadi sensitif. Anda tidak perlu cemas karena umumnya pendarahan akan cepat berhenti serta akan sembuh dengan sendirinya. 

Adanya pertumbuhan jaringan dari dinding usus atau polip, yang mana menonjol dalam lumen usus. Walaupun, gejala dari polip usus ini tidak serius namun, penderitanya bisa mengalami pendarahan yang terus-menerus. Hal ini tentu akan mengancam jiwa penderitanya, sehingga Anda tidak bisa meremehkan penyebab ambeien satu ini. 

Cara mengobati ambeien berdarah

Jika Anda mengalami ambeien jangan panik, karena ada banyak cara mengobati ambeien berdarah. Mulai dari cara alami sampai medis guna menghilangkan iritasi dan menghilangkan rasa sakit yang disebabkannya. Di bawah ini ada beberapa obat sebagai cara untuk mengobati ambeien berdarah yang Anda alami:

  1. Lidah buaya

Tahukah Anda bahwa gel lidah buaya sudah digunakan untuk mengobati ambeien dan masalah kulit yang lainnya, secara turun-menurun? Lidah buaya yang memiliki kandungan anti peradangan diyakini dapat membantu kurangi iritasi yang diakibatkan ambeien. 

  1. Witch hazel

Pernahkah Anda mendengar witch hazel? Ini merupakan salah satu jenis tanaman yang mana diyakini bisa mengurangi sakit dan gatal, terutama karena ambeien. Tanaman witch hazel ini memiliki kandungan zat anti peradangan yang mana dapat mengurangi pembengkakan pada ambeien. Produk witch hazel umumnya berbentuk cairan, sehingga bisa Anda oleskan langsung ke bagian anus. 

  1. Kompres air dingin

Mengompres bagian anus dengan menggunakan air es atau air dingin, bisa meredakan pembengkakan karena ambeien. Anda harus memastikan untuk membungkus es dengan handuk atau kain, sebelum mengompres. Perhatikan bahwa jangan pernah menempelkan es atau air dingin ke bagian kulit secara langsung. 

  1. Konsumsi makanan tinggi serat

Salah satu cara mengobati ambeien berdarah yang alami adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat. seperti biji-bijian, buah, dan sayuran. Makanan tinggi serat akan membantu melunakkan tinja, serta meningkatkan jumlahnya. Sehingga, Anda tidak perlu mengejan yang mana akan memperparah gejala ambeien. Tambahkan serat ke menu makanan sehari-hari Anda, untuk terhindar dari gas berlebih dalam perut. 

  1. Salep

Cara mengobati ambeien berdarah pada sebagian kasus bisa menggunakan salep, krim, atau gel yang ada di apotek. Salep atau krim ambeien biasanya berperan sebagai vasokonstriktor. Di mana bekerja dengan cara mengecilkan pembuluh darah serta jaringan kulit, sehingga akan bantu mengurangi tekanan dan juga rasa sakit karena ambeien yang dialami. Terdapat beberapa obat ambeien yang tersedia di apotek, mengandung hidrokortison dan steroid yakni kandungan yang bantu kurangi peradangan di anus. 

  1. Skleroterapi

Cara mengobati ambeien berdarah selanjutnya adalah memasukkan larutan kimia, ke dalam pembuluh darah. Cara ini bertujuan guna menghambat aliran darah dalam ambeien agar bisa menyusut. 

Pastikan Anda memperoleh diagnosis yang benar dan tepat, sesuai dengan kondisi ambeien yang Anda derita, sebelum melakukan pengobatan. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter ahli, tentang penanganan yang tepat. Apalagi jika sebelumnya Anda belum pernah mengalami ambeien. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Waspadai, Berbagai Kebiasaan Buruk Ini Bisa Menjadi Penyebab Ambeien

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Healthline, remedies for hemorrhoid

Mayoclinic, hemorrhoid dignosis treatment

Webmd

Merdeka

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang