Bantuan

Lebih Berbahaya Dari Depresi, Anxiety disorder Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Feb 2022

Bagikan

Anxiety disorder

Anxiety disorder adalah kondisi di mana seseorang merasakan gangguan kecemasan yang berlebihan dan terjadi terus menerus. Kondisi ini semakin lama akan menjadi lebih buruk bahkan membuat penderitanya sulit menjalankan aktivitas sehari-hari dengan normal, bahkan anxiety disorder ini dianggap lebih berbahaya dari pada depresi. 

Penyebab Anxiety disorder

Rasa cemas adalah hal yang wajar dirasakan oleh setiap orang. Akan tetapi, penderita anxiety disorder akan merasakan cemas yang berlebih tanpa tahu apa penyebabnya. Oleh karena itu, tidak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan seseorang bisa mengalami anxiety disorder. Akan tetapi ada beberapa faktor yang memungkinkan seseorang mengalami kondisi ini. Berikut ini beberapa faktor risiko yang meningkatkan risiko anxiety disorder

  1. Trauma 

Faktor risiko pertama anxiety disorder adalah trauma. Orang-orang yang pernah mengalami trauma seperti kekerasan, pelecehan baik mengalami langsung maupun menyaksikannya dapat menimbulkan kecemasan dalam diri. Oleh karena itu, orang yang mengalami hal ini berisiko lebih besar mengalami gangguan kecemasan. 

  1. Genetik

Tahukah Anda, ternyata anxiety disorder juga dapat diturunkan melalui genetika. Jadi, jika dalam keluarga Anda ada yang mengalami anxiety disorder, maka Anda juga memiliki kemungkinan untuk mengalami hal yang sama. 

  1. Obat-obatan

Ternyata obat-obatan yang Anda konsumsi bisa saja memicu anxiety disorder pada diri Anda. Tidak hanya itu, penggunaan obat-obatan terlarang juga akan memperbesar kemungkinan Anda mengalami anxiety disorder. Tidak hanya itu, penggunaan obat-obatan terlarang hanya akan memperparah anxiety disorder

Gejala Anxiety disorder

Lalu apa saja gejala yang muncul jika mengalami anxiety disorder? Sebenarnya, gejala yang muncul akan sangat beragam. Namun ada beberapa gejala yang kerap muncul pada pengidap anxiety disorder. Berikut ini beberapa gejala anxiety disorder yang perlu Anda ketahui.

  • Mudah merasa lelah

  • Merasa gelisah berkepanjangan

  • Sulit untuk berkonsentrasi

  • Sulit mengendalikan perasaan khawatir 

  • Gangguan tidur baik sulit tidur ataupun merasa tidur tidak cukup

  • Selalu merasa takut

  • Sering uring-uringan

  • Terasa kram pada otot di seluruh tubuh 

  • Mudah terkejut

Mengatasi Anxiety disorder

Apabila anxiety tidak segera ditangani dengan baik, maka mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi anxiety disorder. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani anxiety disorder.

  1. Hindari konsumsi alkohol

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anxiety disorder adalah menghindari konsumsi alkohol. Mungkin dengan mengonsumsi alkohol dapat membuat Anda merasa lebih rileks. Akan tetapi, konsumsi alkohol yang terlalu banyak dan sering justru membuat gangguan kecemasan akan semakin parah. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi alkohol dan ganti dengan air putih saja. 

  1. Rutin olahraga

Olahraga merupakan kunci dari segala kesehatan tubuh. Jadi, untuk mengatasi anxiety disorder pastikan Anda rutin berolahraga. Pasalnya, kondisi fisik yang tidak prima bisa menyebabkan Anda lebih rentan mengalami gangguan kecemasan. Dengan berolahraga maka kondisi tubuh Anda akan menjadi lebih baik dan tanda-tanda gangguan kecemasan akan mereda. 

  1. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anxiety disorder. Bahkan dalam sebuah penelitian menyebutkan, jika Anda melakukan meditasi selama 10 menit setiap hari, maka berbagai gejala gangguan kecemasan akan menurun. Untuk melakukan meditasi, Anda bisa mengikuti tutorial yang banyak tersebar di internet. 

  1. Atur napas

Saat Anda merasakan kecemasan yang berlebih, cobalah untuk mengatur napas. Tariklah napas dalam-dalam selama 5 detik, lalu tahan selama 3 detik dan hembuskan secara perlahan selama 5 detik. Lakukan cara ini berulang kali hingga Anda merasa lebih tenang. 

  1. Cerita dengan orang terdekat

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anxiety disorder, yaitu bercerita dengan orang-orang terdekat. Jika Anda merasa pikiran atau kecemasan semakin menumpuk, cobalah untuk bercerita. Dengan begitu, semua pikiran yang Anda miliki akan terasa berkurang dan menjadi lebih lega. 

Nah, itulah dia seluk beluk anxiety disorder yang penting untuk Anda ketahui. Jika Anda merasa sedang mengalami anxiety disorder, sebaiknya segera hubungi dan berkonsultasi dengan psikiater untuk menentukan penyebab dan penanganan yang tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Anxiety depression: Hal yang Perlu Dilakukan Ketika Depresi dan Gangguan Kecemasan Menyerang

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

American Psychiatric Association. 2021. What Are Anxiety disorders?. https://www.psychiatry.org/patients-families/anxiety-disorders/what-are-anxiety-disorders

Mayo Clinic. Anxiety disorders. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/anxiety/symptoms-causes/syc-20350961

NIH. Anxiety disorders. https://www.nimh.nih.gov/health/topics/anxiety-disorders

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kesehatan Jiwa

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang