Bantuan

Lakukan Cara Mengatasi Perut Kembung Berikut Ini agar Perut Kembali Nyaman

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Mar 2022

Bagikan

perut kembung

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengatasi perut kembung? Perut kembung akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman pada bagian perut. Tentu saja kondisi seperti ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari sehingga menurunkan konsentrasi bekerja. Oleh karena itu, bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara mengatasi perut kembung perlu menyimak terus penjelasan di bawah ini. 

Cara Mengatasi Perut Kembung 

Perut kembung merupakan kondisi di mana terdapat sejumlah gas yang menumpuk pada sistem pencernaan. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena adanya udara dari luar yang menyebabkan produksi gas dalam usus meningkat. Untuk dapat mengatasi kondisi ini, Anda bisa melakukan beberapa cara sebagai berikut. 

  1. Kompres menggunakan air hangat

Cara mengatasi perut kembung yang selalu menjadi andalan adalah dengan melakukan kompres dengan air hangat. Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menyediakan waslap yang telah direndam dalam air hangat. Tempelkan kompres ini sekitar 10 sampai 15 menit di atas perut yang mengalami kram, nyeri, atau kembung.

Penting untuk diketahui, suhu hangat dari kompres ini nantinya akan membuat pembuluh darah melebar, sehingga mampu membawa oksigen dan darah dengan lancar kembali. Selain itu, otot perut juga bisa menjadi lebih rileks dan perut kembung akan berkurang. 

  1. Perbanyak gerakan

Apabila Anda merasa terlalu banyak duduk dan berdiam diri lalu mengalami perut kembung, cobalah untuk memperbanyak gerakan. Bisa jadi, kondisi perut kembung Anda ini disebabkan oleh kurangnya gerakan. Untuk itu, cobalah untuk bangkit lalu perbanyak gerakan-gerakan ringan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit.

Gerakan ringan yang Anda lakukan ini akan membantu mengendurkan otot pada perut sehingga mempermudah pengeluaran gas. Selain itu, cara ini juga akan mampu melancarkan proses buang air besar.

  1. Bersendawa 

Terlalu sering menahan sendawa atau kentut bisa menjadi salah satu penyebab perut kembung. Selain itu, bersendawa juga akan mampu meredakan perut kembung dan mengeluarkan gas berlebihan yang ada di dalam perut.

Untuk itu, cobalah untuk mengubah kebiasaan ini sejak dini, agar tidak timbul dampak yang lebih parah. Apabila Anda merasakan perasaan yang tidak nyaman di perut, segeralah menjauh dari kerumunan dan bersendawalah untuk mengeluarkan gas yang terperangkap.

  1. Hindari rokok

Masih sering merokok dan kemudian mengalami perut kembung? Bisa jadi kondisi ini disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok tersebut. Bahkan, merokok hanya akan membuat kondisi yang Anda alami semakin parah karena saat merokok, udara akan lebih banyak masuk dan menumpuk dalam perut Anda.

Apabila terus dibiarkan, udara yang masuk ini akan semakin banyak dan semakin menumpuk di saluran pencernaan. Bahkan, dalam jangka panjang kebiasaan ini akan meningkatkan risiko terjadinya iritasi pada saluran pencernaan Anda.

  1. Makanlah secara perlahan

Tahukah Anda bahwa makan secara tergesa-gesa dapat menjadi penyebab timbulnya perut kembung? Hal ini benar adanya karena kebiasaan ini hanya menyebabkan lebih banyak udara masuk ke dalam perut dan menyebabkan perut terasa kembung. Untuk itu, cobalah untuk selalu mengunyah makanan secara perlahan lalu menelannya setelah 30 hitungan mengunyah.

Agar lebih maksimal, pastikan perut Anda sepenuhnya tertutup saat proses makan ini, dan hindari pula berbicara, agar dapat mencegah lebih banyak udara masuk ke dalam lambung.

  1. Pijat bagian perut

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya untuk mengatasi perut kembung yaitu dengan memijat bagian perut. Dengan memberikan pijatan lembut pada perut, maka pergerakan sistem pencernaan akan menjadi lancar. Pada akhirnya gas yang sebelumnya menumpuk pada sistem pencernaan akan hilang. 

Cara melakukan pijatan pada perut yang pertama yaitu dengan meletakkan kedua tangan pada pinggul sebelah kanan. Setelah itu, pijat secara perlahan dengan gerakan memutar yang disertai tekanan ringan ke arah sisi kanan tulang rusuk. Kemudian lakukan pijatan yang mengarah ke perut bagian atas, lalu ke tulang rusuk sebelah kiri. 

Nah, itulah dia beberapa cara mengatasi perut kembung yang bisa Anda lakukan. Apabila beberapa cara di atas tidak dapat mengatasi perut kembung yang Anda alami, maka Anda bisa mencoba beberapa obat-obatan yang dijual di apotek atau sesuai dengan resep dokter.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Seluk Beluk Flu Perut yang Biasa Terjadi pada Saluran Cerna 

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Berry, Jennifer. 2020. Eighteen ways to reduce bloating. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322525#quick-tips-to-get-rid-of-bloating

Gunnars, Kris. 11 Proven Ways to Reduce or Eliminate Bloating. https://www.healthline.com/health/abdominal-bloating#_noHeaderPrefixedContent

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang