Bantuan

Deretan Pengobatan Herpes yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Jun 2022

Bagikan

Deretan Pengobatan Herpes yang Bisa Anda Lakukan

Pengobatan herpes perlu dilakukan agar herpes yang sedang dialami tidak berubah menjadi komplikasi yang lebih parah. Namun, mungkin beberapa dari Anda masih belum tahu apa saja pengobatan herpes tersebut. Tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini Anda akan menemukan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati herpes ini.

Baca juga: Apa Itu Herpes? Mari Cari Tahu Jawabannya di Sini

Pengobatan Herpes

Mungkin banyak dari Anda yang mengetahui bahwa pengobatan herpes dilakukan dengan perawatan dan obat-obatan medis. Namun sebenarnya, Anda bisa melengkapi pengobatan herpes ini menggunakan bahan-bahan alami dan bisa dilakukan di rumah. Lantas apa saja pengobatan herpes tersebut?  Simak terus penjelasan pengobatan herpes di bawah ini. 

1. Mengonsumsi Oatmeal

Pengobatan herpes yang bisa Anda lakukan pertama, yaitu dengan mengonsumsi oatmeal. Hal ini karena oatmeal memiliki kandungan protein dengan sifat antiradang dan antioksidan. Tidak hanya itu, oatmeal juga dapat berperan dalam meningkatkan kelembapan kulit yang sangat berguna saat Anda mengalami herpes. Pasalnya, seseorang yang terinfeksi herpes akan kehilangan kelembapan pada kulit sehingga membuatnya sulit untuk sembuh. Dengan bantuan oatmeal ini, maka kulit menjadi lebih cepat sembuh dan meringankan gejala yang muncul. 

2. Mengoleskan Madu

Selain mengonsumsi oatmeal, Anda juga bisa melakukan pengobatan herpes dengan cara mengoleskan madu pada area munculnya gejala. Hal ini karena madu memiliki sifat antiradang yang dapat membantu meredakan infeksi. Tidak hanya itu madu juga memiliki kandungan propolis yang dapat melembapkan kulit. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan madu asli secara langsung ke bagian yang terluka atau ruam merah tanpa perlu dilarutkan terlebih dahulu.  

3. Mengoleskan Lidah Buaya

Sudah bukan rahasia lagi, lidah buaya sudah sangat terkenal dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan kulit salah satunya, yaitu menyembuhkan penyakit kulit. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan ekstrak lidah buaya langsung ke bagian yang muncul gejala berupa luka ataupun  ruam. Dengan cara ini, maka lidah buaya akan membantu menenangkan kulit sehingga peradangan yang terjadi dapat berkurang. 

4. Menggunakan Bawang Putih

Selain dijadikan sebagai bumbu masakan, bawang putih juga dapat Anda gunakan sebagai pengobatan herpes. Hal ini karena, bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat mengatasi infeksi. Tidak hanya itu, bawang putih juga memiliki sifat antiradang yang sangat kuat. Cara menggunakannya, yaitu dengan menghaluskan bawang putih, lalu mengoleskan ke bagian kulit yang terdampak. Anda juga bisa mengonsumsi bawang putih ini untuk mengatasi mononukleosis. 

5. Membatasi Waktu Mandi

Pengobatan herpes yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu membatasi waktu mandi. Jika Anda mengalami herpes dan hendak mandi, sebaiknya tidak lebih dari 20 menit. Mengapa demikian? Karena mandi lebih dari 20 menit hanya membuat kulit Anda menjadi semakin kering. Padahal, selama Anda mengalami herpes sebisa mungkin untuk menjaga kelembapan kulit. 

6. Memperbanyak Cairan dan Istirahat

Salah satu gejala yang umum terjadi pada semua jenis penyakit herpes, yaitu demam dan lelah. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan cairan Anda tercukupi selama mengalami penyakit herpes ini. Apabila Anda merasa bosan minum air putih, maka Anda bisa mengonsumsi jus buah dan teh herbal tanpa gula. Selain itu, Anda perlu mencukupi waktu tidur minimal 6-7 jam per harinya.

7. Mengonsumsi Suplemen

Pengobatan herpes yang bisa Anda lakukan terakhir, yaitu dengan mengonsumsi suplemen. Jika Anda hendak mengonsumsi suplemen, pilihlah suplemen dengan kandungan vitamin B kompleks, probiotik, zink dan lisin. Berbagai kandungan ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu mempercepat penyembuhan dari herpes. Namun, jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan dari dokter, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum  mengonsumsi suplemen. 

Nah, itulah dia beberapa penjelasan mengenai pengobatan herpes yang bisa Anda lakukan. Perlu diketahui, pengobatan yang telah dijelaskan di atas hanya pelengkap dari obat yang diserapkan oleh dokter. Jadi, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan beberapa pengobatan alami ini, terutama mengenai penggunaan bahan alami  yang dioleskan langsung ke kulit.

Baca juga: Berbagai Penyebab dan Faktor Risiko Herpes yang Perlu Anda Hindari
Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Watson, Kathryn. 2021. 37 Home Remedies for Herpes Simplex Virus 1 and Virus 2. https://www.healthline.com/health/sexually-transmitted-diseases/home-remedies-for-herpes

Brazier, Yvette. 2020. Symptoms, causes, and treatment of herpes. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317907

Bagikan artikel ini