Bantuan

Hidung Tersumbat Tapi Tidak Pilek, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Mar 2022

Bagikan

hidung tersumbat tapi tidak pilek

Pernahkah Anda mengalami hidung tersumbat tapi tidak pilek? Mungkin sebagian besar dari kita beranggapan bahwa hidung tersumbat adalah gejala pilek. Namun ternyata banyak pula orang yang mengalami hidung tersumbat tapi tidak pilek.  Apakah hidung tersumbat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda? Ya tentu saja akan sangat mengganggu dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Maka bisa Anda simak penjelasan berikut mengenai penyebab hidung tersumbat tapi tidak pilek.

Apa Itu Hidung Tersumbat?

Sebelum mengetahui penyebab hidung tersumbat tapi tidak pilek, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu hidung tersumbat. Hidung tersumbat merupakan salah satu penyakit umum yang mungkin bisa dialami oleh semua orang. Hidung tersumbat adalah suatu gejala yang ditandai dengan tersumbatnya sinus yang membuat Anda harus bernafas melalui mulut dan bisa juga disertai dengan lendir atau radang selaput lendir hidung secara terus menerus, sakit kepala, hidung menjadi sakit dan kemerahan, serta gangguan penciuman dan rasa.

Penyebab Hidung Tersumbat 

Penyebab hidung tersumbat tapi tidak pilek sangatlah beragam. Jika Anda mengetahui lebih awal mengenai penyebab hidung tersumbat, maka Anda bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Sehingga kemungkinan Anda untuk sembuh akan semakin cepat. Berikut ini beberapa penyebab hidung tersumbat tapi tidak pilek yang perlu Anda ketahui:

  1. Alergi

Penyebab hidung tersumbat tapi tidak pilek yang sering dialami oleh sebagian besar orang adalah alergi. Alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap zat asing yang dianggap berbahaya. Sehingga menciptakan respon seperti peradangan untuk menyingkirkannya. Tingkat keparahan reaksi cukup bervariasi, mulai dari gejala hidung tersumbat ringan hingga hidung tersumbat total.

  1. Sinusitis

Infeksi pada sinus atau biasa disebut dengan sinusitis juga menjadi salah satu penyebab hidung Anda tersumbat. Sinusitis adalah suatu kondisi dimana saluran hidung menjadi meradang. Sinus hidung adalah rongga kecil dalam tengkorak yang terhubung dan terbuka ke rongga hidung. Biasanya lendir yang berlebih dan pembengkakan pada lapisan mukosa bisa menyebabkan peradangan sinus dan membuat hidung menjadi tersumbat.  

  1. Polip Hidung

Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan yang bersifat lunak pada lubang hidung. Polip hidung dapat berkembang karena reaksi peradangan kronis pada selaput lendir yang melapisi hidung dan sinus. Biasanya yang menjadi pemicu polip hidung di antaranya seperti asma, demam, infeksi sinus yang berkepanjangan, konsumsi obat-obatan inflamasi. Kondisi ini akan menyebabkan tersumbatnya saluran hidung serta hilangnya penciuman. 

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

  1. Hindari Pemicu Alergi 

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika mengalami hidung tersumbat karena alergi adalah mencari tahu penyebab utama alergi tersebut. Alergi yang membuat hidung Anda menjadi tersumbat umumnya disebabkan karena berbagai hal. Seperti udara terlalu kering, asap rokok, obat-obatan tertentu, dan lain sebagainya. Jika Anda sudah mengetahui penyebabnya maka sebisa mungkin Anda harus menghindarinya.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Hal yang paling mudah untuk menjaga kesehatan organ pernapasan Anda adalah rutin meminum air putih, karena air putih bisa ditemukan dimana saja. Segudang manfaat bisa Anda rasakan pada tubuh jika Anda rutin meminum air putih. Meminum banyak air putih bisa membantu mengencerkan sekret hidung. Sehingga proses pernapasan menjadi lancar dan gejala hidung tersumbat bisa teratasi.

  1. Segera Hubungi Dokter Jika Terus Dialami dalam Jangka Waktu yang Panjang

Jika berbagai metode yang Anda coba sendiri di rumah sudah dilakukan namun tidak ada perubahan pada kondisi hidung Anda yang tersumbat, maka sebaiknya Anda segera menghubungi dokter. Segeralah konsultasikan keluhan yang Anda rasakan, agar kondisinya tidak menjadi semakin parah. Setelah itu Anda akan dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang sesuai resep dokter. Selain itu, Anda juga bisa disarankan untuk melakukan terapi antibiotik.

Beberapa penyebab hidung tersumbat tapi tidak pilek jika diperhatikan memang saling berkaitan atau saling mempengaruhi satu sama lain. Hal yang paling penting adalah Anda harus lebih sadar terhadap kesehatan, termasuk organ pernapasan seperti hidung.  

Mengingat hidung adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat sensitif. Oleh karena itu jika Anda mengalami gejala hidung tersumbat, maka segeralah ketahui penyebab utamanya beserta cara penanganan yang tepat. Sehingga Anda  bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa gangguan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Anda Tidak Perlu Khawatir, Berikut Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Mayo Clinic: Symptoms Nasal Congestion. 2021. Available at: https://www.mayoclinic.org/symptoms/nasal-congestion/basics/causes/sym-20050644(Accessed: 29 September 2021)

E. Grant, William: Top 6 Causes of a Blocked Nose. 2018. Available at: https://www.topdoctors.co.uk/medical-articles/top-6-causes-of-blocked-nose (Accessed: 29 September 2021)

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang