Bantuan

Mengetahui Seluk Beluk Paratusin dari Manfaat hingga Efek Sampingnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Mar 2022

Bagikan

paratusin

Anda bisa menggunakan obat paratusin. Sebab paratusin mengandung Chlorpheniramine Maleate yang mampu meringankan gejala alergi, Untuk meringankan alergi, Anda bisa mengonsumsi paratusin sesuai dengan petunjuk dari dokter.

Efek Samping Paratusin

Sama halnya dengan beberapa obat lainnya, paratusin juga bisa menimbulkan sejumlah efek samping jika tidak dikonsumsi dengan benar. Beberapa efek samping paratusin itu bisa dikategorikan mulai dari ringan hingga parah. Berikut beberapa efek samping paratusin berdasarkan kategori ringan dan parah yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  1.  Efek Samping Ringan

Setiap orang bisa merasakan efek samping yang berbeda. Ini karena setiap orang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang berbeda. Beberapa efek samping ringan yang bisa dirasakan oleh seseorang akibat mengonsumsi paratusin seperti mudah mengantuk, muntah, mual, sakit perut, pusing, dan mulut terasa kering. Untuk mengurangi beberapa efek samping ini Anda bisa memperbanyak konsumsi air putih atau air kelapa untuk menetralisir.

  1.  Efek Samping Parah

Selain beberapa efek samping ringan di atas. Paratusin juga bisa menimbulkan efek samping hingga ke tahap yang lebih parah. Beberapa efek samping yang telah memasuki tahap yang lebih parah bisa menyebabkan alergi berat, ruam gatal pada kulit, sulit bernapas, pembengkakan di leher, wajah, dan lidah. Jika Anda merasakan beberapa efek samping di atas, sebaiknya Anda hentikan penggunaannya dan segera hubungi dokter.

Demikian beberapa manfaat paratusin dan efek sampingnya yang perlu Anda ketahui. Jika beberapa penyakit di atas tidak kunjung hilang dalam 3 hari, Anda bisa mengonsultasikannya kembali dengan dokter. Namun jika paratusin justru menimbulkan beragam efek samping, Anda bisa langsung menghentikan penggunaan dan segera menetralisirnya.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mari Cari Tahu Mengenai Ranitidine yang Sering digunakan untuk Asam Lambung

Referensi

MIMS: Paratusin (no date). Available at: https://www.mims.com/indonesia/drug/info/paratusin (Accessed: 19 November 2021).

Generic Drug: Paratusin Uses (no date). Available at: https://www.ndrugs.com/?s=paratusin (Accessed: 19 November 2021).

Bagikan artikel ini