Bantuan
Free Tele x

Kondisi Buruk yang Mungkin Terjadi Akibat Kurang Tidur

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Nov 2021

Bagikan

Kondisi Buruk yang Mungkin Terjadi Akibat Kurang Tidur

Tahukah Anda, akibat kurang tidur tidak hanya rasa kantuk saat beraktivitas. Akan tetapi, bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, disarankan setiap orang harus memenuhi waktu istirahatnya minimal 6 hingga 7 jam dalam sehari. Apabila Anda tidak mencukupi waktu  tidur tersebut, maka bisa menimbulkan berbagai gangguan lainnya. 

Lalu apa saja gangguan yang bisa timbul akibat kurang tidur? Berikut ini beberapa kondisi buruk yang mungkin akan Anda alami apabila kurang tidur.

Baca Juga: Cukupi Waktu Istirahat Anda, Ini Manfaat Tidur Yang Bisa Didapatkan

Akibat Kurang Tidur

  1. Menurunkan fungsi otak

Kondisi buruk akibat kurang tidur yang pertama, yaitu menurunnya fungsi otak. Salah satu tanda Anda mengalami penurunan fungsi otak, yaitu pikun atau mudah lupa. Hal ini karena, kurang tidur akan mengganggu fungsi dan kinerja otak yang berkaitan dengan daya ingat. Tidak hanya itu, akibat kurang tidur juga akan membuat Anda sulit dalam memecahkan suatu masalah atau membuat suatu keputusan. 

  1. Penuaan dini

Akibat kurang tidur yang selanjutnya, yaitu terjadinya penuaan dini. Pada saat Anda kurang tidur, maka wajah Anda akan terlihat pucat serta mata yang bengkak. Jika kondisi ini berlangsung dalam jangka panjang, maka akan muncul keriput atau kerutan pada sekitar mata. Selain itu, dalam penelitian juga dijelaskan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat karena terjadi peningkatan produksi hormon kortisol. 

  1. Mudah sakit

Mudah sakit merupakan salah satu akibat kurang tidur yang selanjutnya. Hal ini terjadi karena kurang tidur akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah. Padahal sistem kekebalan tubuhlah yang melindungi Anda dari berbagai infeksi yang disebabkan oleh virus, parasit, jamur, atau bakteri. Oleh karena itu, pada saat sistem kekebalan tubuh melemah, Anda menjadi mudah terserang oleh penyakit. 

  1. Kenaikan berat badan

Pada saat Anda kurang tidur Anda akan cenderung merasa lapar dan  terjadi peningkatan nafsu makan sehingga dapat meningkatkan berat badan. Tidak hanya itu, pada saat Anda kurang tidur maka tubuh akan merasa kelelahan sehingga Anda akan mengurangi aktivitas fisik. Padahal aktivitas fisik diperlukan untuk membakar kalori dari makanan yang Anda makan. Oleh karena itu, salah satu akibat kurang tidur yaitu meningkatkan berat badan. 

  1. Risiko penyakit jantung

Akibat kurang tidur yang selanjutnya, yaitu risiko penyakit jantung. Hal ini karena, kurang tidur dapat menyebabkan terbentuknya sitokin inflamasi yang mengakibatkan berkembangnya gangguan pada kardiovaskular. Tidak hanya itu, sitokin inflamasi ini juga dapat menyebabkan terjadinya peradangan yang akan menyerang berbagai jaringan dan organ di tubuh termasuk organ jantung dan pembuluh darah. 

  1. Penyakit mental

Tidak hanya gangguan gangguan pada fisik, namun juga akibat kurang tidur bisa berdampak pada mental seseorang. Hal ini terjadi karena, kurang tidur akan memengaruhi suasana hati seseorang menjadi lebih buruk. Orang yang memiliki waktu tidur yang kurang akan cenderung mudah mengalami agitasi atau perasaan gelisah, marah, jengkel. Kondisi ini merupakan salah satu pertanda penyakit mental. 

  1. Mengganggu aktivitas seksual

Akibat kurang tidur yang terakhir, yaitu mengganggu aktivitas seksual. Mungkin banyak orang yang tidak menyadari hal ini, tetapi rasa kantuk dan kelelahan akibat kurang tidur akan mengganggu aktivitas seksual. Beberapa gangguan tersebut ialah terjadinya penurunan gairah untuk melakukan hubungan seksual dan tidak dapat mempertahankan ereksi dengan optimal.  

Cara Tidur Cepat

Mungkin banyak juga diantara Anda yang menginginkan waktu tidur yang cukup, namun merasa sulit untuk tidur dengan cepat. Anda tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk bisa tidur dengan cepat agar dapat menghindari efek buruk dari akibat kurang tidur. 

  • Kurangi penggunaan alat elektronik seperti smartphone sebelum tidur.

  • Kurangi konsumsi kafein.

  • Perbanyak aktivitas fisik seperti olahraga.

  • Aturlah pola makan Anda dengan menerapkan pola makan sehat. 

  • Buatlah jadwal tidur.

Nah, itulah beberapa kondisi buruk yang terjadi akibat kurang tidur. Untuk dapat menghindari kondisi buruk tersebut, cukupilah waktu tidur Anda minimal 6 hingga 7 jam setiap harinya. Selain itu, terapkan cara tidur cepat yang telah dijelaskan untuk membantu Anda memenuhi waktu istirahat yang diperlukan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mudah dan Tergolong Ampuh, Ini Dia Cara Tidur Cepat 30 Detik yang Bisa Dicoba

 

Sumber:

Watson, Stephanie & Kristeen Cherney. 2020. The Effects of Sleep Deprivation on Your Body

Web MD. 2014. 10 Things to Hate About Sleep Loss.  

Sleep. 2021. How to Fall Asleep Fast.

Tag :
Bagikan artikel ini