Bantuan

Kenali Berbagai Tipe Jerawat dan Bagaimana Cara Menanganinya Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Feb 2022

Bagikan

jenis-jenis jerawat

Memiliki kulit berjerawat rasanya pasti tidak menyenangkan. Selain mengganggu penampilan, tak jarang jerawat yang meradang dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat mengganggu. Tahukah Anda bahwa ternyata jerawat memiliki tipe yang berbeda-beda. Mulai dari tipe jerawat yang ringan hingga berat dan membutuhkan penanganan khusus. Tipe yang berbeda-beda juga membutuhkan cara yang berbeda pula dalam menanganinya. 

Secara umum, jerawat muncul karena penyumbatan pori-pori sehingga kelenjar minyak pada kulit wajah (sebum) tidak dapat mengeluarkan minyak yang dihasilkan. Pori-pori yang tersumbat menghasilkan komedo yang dapat berubah menjadi jerawat. Penyumbatan pori-pori dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  • Produksi minyak berlebih 

  • Bakteri

  • Sel kulit mati

  • Hormon 

Tipe-Tipe Jerawat 

Tipe jerawat terbagi menjadi dua, yakni non-inflammatory acne (jerawat non-inflamasi) dan inflammatory acne (jerawat inflamasi). Untuk mengetahui apa perbedaan di antara keduanya, ada baiknya Anda memahami kriterianya pada penjelasan berikut ini. 

Non-inflamasi 

Jerawat non-inflamasi adalah jerawat yang tidak menyebabkan pembengkakan. Jerawat jenis kita kenal juga dengan komedo, yang terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu komedo hitam atau blackheads dan komedo putih atau whiteheads. Kedua jenis komedo ini mudah untuk diatasi dengan produk skincare yang mengandung salicylic acid dan retinoid. 

  • Blackheads 

Komedo jenis ini adalah komedo yang disebabkan oleh kelenjar minyak dan sel kulit mati. Pori-pori tersumbat tapi masih terbuka di bagian atasnya. Jenis komedo ini mudah terlihat dan berwarna hitam. 

  • Whiteheads

Sama halnya dengan blackheads, whiteheads juga disebabkan oleh kelenjar minyak dan sel kulit mati yang menutup pori-pori. Akan tetapi, keseluruhan pori-pori tertutup dan menimbulkan benjolan kecil pada kulit. 

Jerawat Inflamasi

Jerawat yang tergolong jerawat inflamasi adalah jerawat yang menimbulkan radang pada kulit di sekitar pori-pori yang tersumbat. Hal ini biasanya disebabkan bakteri yang berada pada kulit wajah sehingga memperparah komedo yang sebelumnya timbul. 

  • Papula 

Papula adalah jenis jerawat yang meradang dan berwarna merah muda. Kulit disekitar pori-pori mengeras dan bagian tengah benjolan terasa lembut saat disentuh. 

  • Pustula

Penyebab pustula sama dengan papula. Akan tetapi, benjolan pada pustula berisi nanah. Di atas benjolan tersebut biasanya berwarna putih atau kuning. 

  • Nodul

Nodul terjadi ketika iritasi berlanjut dan semakin parah. Nodul terletak lebih dalam dibandingkan pustula dan papula. Untuk menangani nodul biasanya diperlukan penanganan dokter dengan menggunakan obat tertentu. 

  • Jerawat Batu

Jerawat yang satu ini disebabkan oleh bakteri, penumpukan minyak, dan sel kulit mati yang terletak jauh di bawah lapisan luar kulit. Peradangan yang terjadi menimbulkan pembengkakan pada kulit. Penanganan yang terlambat bisa menimbulkan jerawat baru. Jerawat batu juga seringkali meninggalkan bekas yang sulit pudar. 

Cara Mengatasi Jerawat

Penanganan terhadap jerawat yang Anda alami tergantung dengan tingkat keparahan jerawat itu sendiri. Semakin ringan jerawat yang dihadapi maka penanganannya pun semakin mudah. Dalam hal ini tipe jerawat non-inflamasi, yaitu komedo hitam dan komedo putih adalah jenis jerawat yang paling ringan dan paling mudah untuk diatasi. Anda dapat mengatasinya cukup dengan menggunakan skincare seperti toner atau serum yang mengandung salicylic acid atau retinoid. 

Pada tipe jerawat inflamasi seperti papula dan pustula, Anda akan membutuhkan perawatan lebih. Biasanya dokter kulit akan meresepkan obat berupa antibiotik untuk membantu mengatasi jerawat Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan obat luar seperti krim jerawat yang bisa Anda temukan di apotek atau toko kecantikan. Untuk mengatasi papula Anda juga harus rajin mencuci muka dua kali sehari dengan sabun khusus jerawat. 

Jerawat yang paling parah adalah nodul dan jerawat batu. Untuk mengatasinya Anda membutuhkan bantuan dokter kulit agar tidak meninggalkan bekas luka yang bisa hilang dalam waktu yang lama. 

Memahami berbagai tipe jerawat Akan semakin memudahkan Anda dalam menangani jerawat yang dialami dengan penanganan yang tepat sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih efektif dan maksimal. Jangan biarkan jerawat Anda begitu saja. Segera atasi dengan tepat agar tidak menjadi semakin parah. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Agar Terhindar dari Jerawat, Ini Dia Pilihan Jenis Skincare untuk Kulit Acne Prone

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Cherney, Kristeen. 2019. Types of Acne and How to Treat Them. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/types-of-acne#severity

American Academy of Dermatology Association. How to Treat Different Types of Acne. https://www.aad.org/public/diseases/acne/diy/types-breakouts

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang