Bantuan

Agar Terhindar dari Jerawat, Ini Dia Pilihan Jenis Skincare untuk Kulit Acne Prone

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Feb 2022

Bagikan

skincare

Memiliki kulit wajah yang mudah berjerawat atau acne prone memang bukanlah hal yang menyenangkan. Anda harus benar-benar memilih skincare untuk kulit acne prone yang biasanya telah diformulasikan secara khusus. Salah memilih skincare malah akan membuat jerawat di kulit wajah semakin parah. 

Namun, mengatasi kulit berjerawat terkadang bukan hanya tentang menggunakan sebuah produk skincare tertentu, melainkan juga dipengaruhi oleh perubahan gaya hidup yang lebih sehat. 

Jerawat dan Jenisnya

Sebelum memilih skincare untuk kulit acne prone, Anda perlu memahami terlebih dahulu jerawat dan jenisnya. Secara sederhana jerawat terbagi menjadi dua tipe, yaitu non-inflamasi dan inflamasi. 

  1. Jerawat non-inflamasi

Jerawat jenis ini adalah sumbatan kotoran di dalam pori-pori kulit yang menyebabkan komedo atau whiteheads. Komedo termasuk ke dalam jenis jerawat ringan.

  1. Jerawat Inflamasi

Jerawat jenis ini adalah jerawat yang menimbulkan benjolan merah pada kulit dan berisi nanah. Biasanya jerawat jenis inilah yang menimbulkan rasa sakit. 

Penyebab Jerawat

Untuk mengatasi terjadinya jerawat, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan terjadinya jerawat. Secara umum jerawat disebabkan oleh kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Namun, jika dirinci lebih jauh lagi, jerawat disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor seperti hormon, minyak, dan bakteri. 

Sel kulit mati yang terdapat pada lapisan luar kulit akan bergabung dengan minyak dan juga bakteri yang kemudian menyumbat pori-pori. Penyumbatan ini mengakibatkan sebum atau kelenjar minyak yang dihasilkan oleh kulit wajah tidak dapat keluar, sehingga sumbatan tersebut menimbulkan jerawat. 

Selain itu, jerawat juga bisa disebabkan oleh kelebihan produksi minyak di wajah yang dipengaruhi oleh keadaan hormonal seperti pubertas, siklus menstruasi, hamil, hingga menopause. 

Jenis Skincare untuk Kulit Berjerawat

Penggunaan skincare yang tidak tepat, akan membuat keadaan kulit wajah semakin parah. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah memilih produk skincare yang akan digunakan. 

Sebenarnya saat ini ada banyak sekali pilihan produk yang bisa Anda temukan untuk mengatasi kulit berjerawat. Berbagai pilihan produk skincare ini pun tersedia dari rentan harga yang ramah di kantong, hingga harga yang lebih mahal. Oleh karena itu, Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan budget yang disediakan.

  1. Cleansing

Hal utama yang harus dilakukan pada skincare routine Anda adalah mencuci muka dua kali dalam sehari dan mencuci muka setelah beraktivitas yang menimbulkan keringat. Pilihlah produk cleanser atau sabun pencuci wajah yang ringan, oil-free, dan mengandung salicylic acid, dan hindari juga sabun pencuci wajah yang mengandung parfum.

  1. Toner

Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan menggunakan toner pada rangkaian skincare harian. Toner berfungsi sebagai penyeimbang pH wajah dan melembabkan. Pilihlah toner yang juga memiliki kandungan salicylic acid di dalamnya. 

  1. Moisturizer

Menggunakan pelembab atau moisturizer yang tepat akan menjadikan kulit wajah tetap terhidrasi. Penggunaan moisturizer mencegah kulit menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak. Gunakanlah moisturizer yang tepat, salah satunya moisturizer water based atau yang tidak menutupi pori-pori. 

  1. Sunscreen

Apapun kondisi kulitnya, sunscreen tetap menjadi skincare yang penting untuk digunakan, bahkan wajib. Anda perlu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah. Gunakanlah sunscreen yang mengandung SPF yang cukup agar dapat memberikan perlindungan maksimal. 

  1. Exfoliator

Exfoliator akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori. Lakukan eksfoliasi maksimal dua kali seminggu karena jika lebih dari ini Anda akan lebih rentan mengalami iritasi. Untuk produknya, ada baiknya memilih exfoliator yang mengandung AHA/BHA dan utamakan untuk memulai dari konsentrasi kandungan yang lebih kecil terlebih dahulu.

Demikianlah penjelasan mengenai skincare yang dapat digunakan oleh pemilik tipe kulit berjerawat. Selain mengatasi jerawat menggunakan skincare untuk kulit acne prone, hal yang tidak kalah penting adalah memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat. Hal ini terkadang masih belum disadari oleh kebanyakan orang. Padahal, gaya hidup juga memiliki andil besar bagi timbulnya jerawat di kulit wajah.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Saja Tanda Skincare Bekerja di Kulit? Ketahui Jawabannya di Sini!

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Sharkey, Lauren. 2021. Acne-Prone Skin? Here’s How to Identify and Create the Right Routine. 

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/acne-prone-skin#see-a-dermatologist

Celletti, Erin. 2021. A Dermatologist-Approved Skincare Routine for Adult Acne. https://www.byrdie.com/adult-acne-routine-4843241

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang