Bantuan

Alami dan Efektif! Ini Dia Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Mar 2022

Bagikan

menghilangkan bruntusan

Apakah Anda tahu bagaimana cara menghilangkan bruntusan di jidat? Bruntusan itu sendiri merupakan kondisi di mana akan munculnya bintik-bintik pada permukaan kulit yang umumnya muncul di jidat. Permukaan kulit yang muncul bruntusan akan terasa kasar dan tidak rata ketika Anda merabanya. Tentu saja kondisi ini akan sangat mengganggu penampilan.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat

Lalu bagaimanakah cara menghilangkan bruntusan di jidat tersebut? Jangan khawatir, karena berikut ini ada beberapa cara menghilangkan bruntusan di jidat menggunakan bahan alami dan terbukti efektif. 

  1. Mengoleskan Air Lemon

Cara menghilangkan bruntusan di jidat yang bisa Anda lakukan pertama yaitu dengan mengoleskan air lemon. Namun sebelum itu, Anda perlu membersihkan area jidat yang muncul bruntusan terlebih dahulu. Dalam hal ini, lemon mampu menghilangkan bruntusan di jidat karena memiliki senyawa astringent dan antibakteri yang dapat mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori dan mengelupas sel kulit mati. Perlu diperhatikan,  cara ini tidak dapat dilakukan dalam jangka waktu yang lama karena memiliki risiko iritasi. 

  1. Menggunakan Masker Teh Hijau

Kandungan polifenol epigallocatechin gallate dalam teh hijau ternyata bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit berminyak dan juga menghilangkan bruntusan di jidat. Oleh karena itu, cara menghilangkan bruntusan di jidat yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan masker teh hijau. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan seduhan air teh hijau dengan gel lidah buaya atau madu. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 10 hingga 20 menit. 

  1. Menggunakan Es Batu

Anda  juga bisa menggunakan es batu untuk menghilangkan bruntusan yang muncul di jidat. Walaupun cara ini tidak dapat menyembuhkan bruntusan sepenuhnya, tetapi sensasi dingin yang dihasilkan sangat bermanfaat dalam mengatasi bruntusan di jidat. Tidak hanya itu, menggunakan es batu juga dapat mengurangi kemerahan dan rasa gatal yang muncul di jidat. Jadinya, keberadaan bruntusan akan menjadi tersamarkan. 

  1. Mengoleskan Minyak Zaitun

Cara menghilangkan bruntusan di jidat yang selanjutnya yaitu dengan mengoleskan minyak zaitun. Caranya cukup mudah yaitu dengan menuangkan minyak zaitun ke telapak tangan lalu mengoleskannya ke area yang muncul bruntusan. Setelah itu diamkan selama 15 detik lalu bilaslah dengan air hingga bersih. Anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun dengan produk-produk perawatan kulit lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan cara ini dengan rutin.  

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sejak lama dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Selain itu, kandungan antiradang dan antibakterinya juga dapat bermanfaat dalam menghilangkan bruntusan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bruntusan di jidat. Caranya pun cukup mudah yaitu dengan mengoleskan lidah buaya secara langsung ke area munculnya bruntusan. Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya yang banyak di jual di pasaran. 

  1. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan zat asam asetat yang bermanfaat dalam meredakan peradangan pada kulit. Oleh karena itu, cuka apel juga dapat digunakan untuk menghilangkan bruntusan yang ada di jidat. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan 3 sendok makan air dengan 1 sendok makan cuka apel.  Apabila kulit Anda sensitif, sebaiknya gunakan air yang lebih banyak. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada area bruntusan dan diamkan selama 20 detik. 

  1. Menggunakan Minyak Cengkeh

Cara menghilangkan bruntusan di jidat yang terakhir yaitu dengan menggunakan minyak cengkeh. Hal ini karena minyak cengkeh dapat menenangkan kulit dan mengatasi rasa gatal karena memiliki kandungan eugenol di dalamnya. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan minyak cengkeh dengan beberapa minyak esensial lainnya seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah cara ini dengan rutin. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai  cara menghilangkan bruntusan di jidat yang bisa Anda lakukan dengan bahan alami dan efektif. Selain melakukan beberapa cara di atas, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mudah dan Efektif! Ini Cara Menghilangkan Bruntusan di Hidung

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Watson, Stephanie. 2019. Forehead Acne. https://www.healthline.com/health/forehead-acne#treatment

Kandola, Aaron. 2020. What causes forehead acne?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322130#treatment-and-home-remedies 

Fletcher, Jenna. 2018. Can aloe vera help with acne?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321273#seven-ways-to-use-aloe-vera 

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Kulit dan Kelamin

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang