Bantuan
Free Tele x

Kedutan Mata Kiri Bawah Bisa Menjadi Tanda Seseorang Mengalami Stres, Benarkah Hal Ini?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 01 Dec 2021

Bagikan

Mitos! Ini Penyebab dan Arti Kedutan Mata Kiri Bawah

Tahukah Anda bahwa kedutan mata kiri bawah dapat mengindikasikan bagaimana kondisi kesehatan? Sering kali kedutan yang terjadi di bagian mata kiri bawah dihubungkan dengan mitos. Faktanya dari sisi medis kondisi ini dapat menjadi sebuah tanda kondisi kesehatan seseorang. Kedutan mata di bagian kiri bawah bisa terjadi secara mendadak, lamanya kondisi ini terjadi juga bisa mulai dari beberapa detik saja, atau sampai seharian. Bagi sebagian orang mungkin dapat merasakan matanya berkedut, tetapi bagi sebagian orang lainnya dapat merasakan kedutan yang kecil saja sehingga tidak terlalu merasakannya. Perlu Anda ketahui bahwa kedutan bukan hanya terjadi pada mata kiri bawah, tetapi juga bisa terjadi di bagian mata kanan bawah. 

Baca Juga: Bagaimana Arti Kedutan Mata Kanan Bawah dari Sisi Medis? 

Penyebab kedutan mata kiri bawah

Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kedutan mata kiri bawah, salah satunya adalah dimana kondisi ini menjadi tanda bagaimana kesehatan Anda. Tentunya Anda perlu untuk mengetahui apa sajakah itu, ini berguna untuk Anda tahu cara untuk menanganinya. Tak hanya itu, Anda juga perlu waspada kapan kedutan terjadi. Di bawah ini adalah beberapa penyebab kedutan mata kiri bawah:

  1. Mengalami stres

Salah satu penyebab terjadi kedutan mata kiri bawah, yakni stres. Memang pada umumnya penyebab terjadinya kedutan yang mendadak, tidaklah hal yang berbahaya. Kedutan juga mungkin akan mudah untuk ditangani, tetapi tak semua orang yang mengalami stres juga mengalami kedutan di matanya. Namun, untuk beberapa orang yang sedang stres dapat memicu terjadinya kedutan. Jika Anda mengalami kedutan yang mana dikarenakan stres maka relaksasi menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan. Relaksasi yang dapat Anda lakukan, yakni seperti yoga, latihan teknik pernapasan, melakukan hobi, dan aktivitas lainnya. 

  1. Mengonsumsi kafein

Kedutan mata kiri bawah juga dapat disebabkan mengonsumsi kafein. Cara untuk menanganinya sangat sederhana, tentunya Anda harus mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein, yakni seperti kopi, coklat, teh, minuman bersoda, dan lainnya. Minuman yang mengandung alkohol juga dapat menjadi penyebab kedutan mata. Maka dari itu, berhenti mengonsumsinya bisa menjadi pilihan Anda. 

  1. Kelelahan

Penyebab kedutan mata kiri bawah lainnya yang bisa terjadi adalah kelelahan. Bisa menjadi karena kurang tidur, atau karena faktor penyebab lainnya. Cara untuk mengatasi bisa dengan bersantai atau meluangkan waktu untuk beristirahat yang lebih banyak. Kelelahan bisa juga menjadi penyebab kedutan mata, ini terjadi karena adanya gangguan pada penglihatan sehingga Anda perlu untuk mengganti ukuran lensa kacamata. 

  1. Tidak memperoleh asupan nutrisi yang seimbang

Kurangnya asupan nutrisi terutama magnesium, bisa mengakibatkan kedutan mata kiri bawah. Kurangnya asupan nutrisi juga dapat memengaruhi adanya alergi. Mata yang mengalami alergi mungkin akan mengalami pembengkakan, gatal, dan juga berair. Jika Anda mengalami alergi maka biasanya akan refleks untuk menggosok mata. Kondisi ini menyebabkan zat histamin dilepaskan ke jaringan kelopak mata serta air mata. Zat histamin ini juga diduga menjadi penyebab terjadinya kedutan pada mata. 

  1. Mata kering

Kedutan mata kiri bawah bisa juga menjadi tanda mata kering, kondisi ini wajar terjadi pada seseorang yang berusia diatas 50 tahun. Jika Anda sering meggunakan komputer atau laptop untuk aktivitas harian maka kondisi seperti ini juga bisa terjadi. Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti antidepresan dan antihistamin, juga bisa mengakibatkan kedutan untuk orang tertentu. 

Jika Anda mengalami kedutan mata secara terus-menerus dan terjadi dalam beberapa minggu, kelopak mata yang tertutup rapat secara penuh ketika berkedut, serta Anda sulit untuk membuka mata, mata yang bengkak, berair, merah, sampai mengeluarkan cairan yang seperti nanah maka segera periksakan diri Anda ke dokter. Kedutan yang terjadi dengan jangka waktu lama, sangat mengganggu aktivitas, dan terasa berat maka itu mungkin bukan gejala yang biasa sehingga penting untuk Anda memeriksakan mata kepada dokter mata. Hal ini untuk mengetahui penyebabnya dan segera dapat melakukan perawatan dan penanganan yang tepat dan cepat.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Referensi:

Healthline

 

Liputan6

Bagikan artikel ini