Bagaimana Arti Kedutan Mata Kanan Bawah dari Sisi Medis?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Nov 2021

Bagikan

Bagaimana Arti Kedutan Mata Kanan Bawah dari Sisi Medis?

Pernahkah Anda mengalami kedutan mata kanan bawah? mungkin Anda tidak pernah mengambil pusing kondisi seperti ini. Lalu apa sebenarnya arti dari terjadinya kedutan pada mata bagian kanan bawah ini? Menurut primbon Jawa, kedutan yang terjadi ini bisa menjadi sebuah pertanda keberuntungan, bahkan kepercayaan yang orang Jawa turun-temurun percayai, kedutan pada mata kanan bawah adalah pertanda seseorang akan memperoleh kabar baik. Namun, perlu Anda ketahui bahwa itu adalah mitos yang mana dari sisi medis hal seperti itu juga memiliki arti. Misalnya seperti kedutan di mata kiri atas yang bisa menjadi sebuah tanda seseorang mengalami stres, kurangnya asupan gizi tertentu, atau indikasi adanya gejala alergi. 

Baca Juga: Tak Selalu Soal Primbon, Ini Arti Kedutan Mata Kanan Atas pada Wanita Dari Sisi Medis

Kedutan mata kanan bawah dari sisi medis

Lalu apa arti kedutan mata kanan bawah jika dilihat dari sisi medis? Kondisi ini sering kali ditemukan dan terjadi, serta umumnya tidak berbahaya dialami. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal sebagai miokimia atau orbikularis myokymia. Miokimia atau kedutan mata kanan bawah biasa hanya terjadi dalam satu waktu, dan juga pada satu mata saja. Kondisi dimana kedua mata mengalami kedutan miokimia adalah hal yang jarang terjadi. Mulai dari tak terasa sama sekali sampai sangat menganggu, tingkat keparahan yang diakibatkan miokimia berbeda. Kedutan pada mata kanan bawah dapat hanya terjadi selama beberapa detik, tetapi bisa juga terjadi dalam jangka waktu lama. Dari beberapa jam sampai berhari-hari, tetapi hal ini masih dikategorikan kondisi normal. 

Penyebab kedutan mata kanan bawah 

Kondisi mata kanan bawah alami kedutan yang mendadak muncul adalah karena terjadinya kontraksi otot pada bagian kelopak mata kanan atas atau kiri atas. Kedutan ini juga dapat terjadi di kelopak bagian kiri bawah atau mata kanan bawah. Diketahui dari beberapa kasus, bahwa kedutan dapat terjadi pada area alis di sisi ujung mata. Dari sisi medis, kedutan mata kanan bawah dapat menjaid sebuah tanda terjadinya:

  1. Mata yang mengalami iritasi.

  2. Mata yang lelah, seperti diakibatkan menatap layar gadget smartphone atau komputer terlalu lama.

  3. Mengalami stres.

  4. Alergi pada benda yang ada di lingkungan sekitar Anda, yang mana ini mengakibatkan tubuh lepas histamin. Hal ini yang menyebabkan mata menjadi gatal, berkedut, dan juga berair. 

  5. Mengonsumsi terlalu banyak tembakau, alkohol, dan kafein.

  6. Efek samping dari mengonsumsi obat tertentu.

  7. Kurang tidur. 

Walaupun begitu, kedutan mata kanan bawah dapat menjadi hal yang lebih serius, apabila disebabkan efek penyakit tertentu. 

Spasme hemifasial dan blefarospasme menjadi salah satu masalah yang sering kali ditemukan pada pasien yang mengalami kedutan mata kanan bawah. Spasme hemifasial terjadi bukan hanya di kelopak mata, tetapi hampir pada seluruh bagian salah satu sisi wajah. Apabila Anda mengalami kondisi kedutan seperti ini maka dengan segera periksakan diri Anda ke dokter ahli untuk segera mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat. Sementara itu, blefarospasme adalah kondisi yang mana pada awalnya kelopak mata akan sering berkedip, kemudian akan menyebabkan kelopak mata tersebut menjadi tertutup. Kasus blefarospasme jarang terjadi, tetapi harus segera ditangani jika gejala awal tersebut muncul. Anda tidak dapat menyepelekan hal ini karena dapat menyebabkan gangguan fungsi mata, yakni seperti mata yang menjadi lebih sensitif pada cahaya, serta terjadinya gangguan fungsi mata. 

Mengatasi kedutan mata kanan bawah

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan guna atasi kedutan, yakni seperti tidur jika Anda telah merasa lelah. Ketika Anda merasa stres maka lakukanlah aktivitas yang mana bisa menyegarkan pikiran. Bahkan, jika diperlukan Anda dapat beristirahat atau cuti dari pekerjaan, lalu berlibur untuk pikiran yang lebih tenang. Ketika mata Anda masih berkedut maka kurangi dan hindari mengonsumsi alkohol dan kafein. Serta tidak lupa untuk Anda menghindari rokok. 

Ingatlah bahwa mata kanan bawah mengalami kedutan, tidak selalu menjadi pertanda Anda akan mendapatkan kabar baik karena itu hanyalah mitos. Bila sudah mengganggu aktivitas maka kedutan bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Referensi:

Healthline

Mayo Clinic

 

All About Vision

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi