Bantuan

Ketahui Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Mar 2022

Bagikan

kedutan mata kanan

Gejala kedutan mata kanan atas adalah hal wajar dan hampir dialami oleh setiap orang. Mungkin Anda juga pernah mengalaminya secara disadari atau tidak disadari. Banyak anggapan berupa mitos atau kepercayaan yang berkembang di masyarakat bahwa kedutan mata kanan atas merupakan salah satu pertanda baik maupun pertanda buruk. Namun terlepas dari semua anggapan tersebut, terdapat penjelasan mengenai kedutan mata kanan atas dalam sudut pandang medis.

Apa itu Kedutan Mata Kanan Atas?

Kedutan mata kanan atas adalah gerakan otot pada kelopak mata kanan bagian atas yang terjadi secara berulang. Selain kedutan mata kanan atas, kedutan mata juga kerap terjadi pada bagian lainnya, seperti pada kelopak mata bawah. Secara medis, kedutan mata disebut dengan istilah myokymia. Gejala kedutan mata kanan atas dianggap sebagai gejala ringan dan terkadang tidak dihiraukan oleh sebagian orang.

Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas

Sebenarnya kedutan mata kanan atas adalah gejala ringan yang bisa terjadi kapan saja. Penyebab terjadinya kedutan mata kanan atas cukup beragam. Berbagai aktivitas sehari-hari atau kebiasaan yang Anda lakukan bisa berpengaruh pada timbulnya gejala tersebut. Berikut ini beberapa penyebab kedutan mata kanan atas yang perlu Anda ketahui:

  1. Iritasi Mata

Iritasi mata membuat mata menjadi kering atau membuat mata menjadi perih disertai kemerahan. Ketika mata mengalami iritasi bisa menyebabkan terjadinya kedutan mata kanan atas. Iritasi mata bisa disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya ketika mata terkontaminasi oleh debu dan polusi atau zat-zat kimia tertentu.

  1. Kebiasaan Merokok, Minum Kopi, dan Alkohol yang Berlebih

Kandungan kafein pada kopi, nikotin pada tembakau, serta kandungan alkohol pada minuman tertentu jika dikonsumsi berlebih bisa menyebabkan kedutan mata kanan atas. Kafein, nikotin, dan alkohol merupakan zat adiktif yang memberikan efek ketergantungan. Zat adiktif bisa menstimulus otot-otot pada mata sehingga menimbulkan kedutan mata kanan atas. Sehingga orang yang sering merokok, meminum kopi dan alkohol akan lebih rentan mengalami hal tersebut.

  1. Kurang Tidur dan Kelelahan

Mata adalah alat indera yang bersifat sensitif. Ketika menjalankan aktivitas, otomatis mata Anda juga ikut bekerja. Pada saat  Anda merasakan kelelahan, sedangkan waktu tidur atau istirahat Anda sangat terbatas, maka Anda bisa saja menjadi stres. Kondisi tersebut bisa membuat saraf mata menjadi tegang dan memicu terjadinya kedutan mata kanan atas.

Cara Mengatasi Kedutan Mata Kanan Atas

Jika Anda telah mengetahui penyebab terjadinya kedutan mata kanan atas, Anda menjadi tahu akar permasalahannya, sehingga Anda bisa mencari solusinya. Lalu bagaimana cara untuk menangani kedutan mata kanan atas? Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Hindari Merokok, Kopi dan Alkohol 

Merokok adalah kebiasaan buruk yang bisa membahayakan kesehatan. Begitu pun dengan mengonsumsi kopi atau alkohol secara berlebih akan berdampak buruk pada kesehatan. Mulailah mengurangi kebiasaan tersebut dan terapkan pola hidup sehat, hindari zat-zat adiktif yang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

  1. Istirahat dan Tidur dengan Waktu yang Cukup dan Teratur

Istirahat dan tidur secara teratur adalah hal yang mudah dilakukan. Cobalah tidur lebih awal atau jangan terlalu larut malam. Sertakan dengan waktu yang cukup agar kualitas tidur Anda tetap terjaga. Ketika kita memiliki jam istirahat yang cukup maka mata kita pun akan bekerja dengan baik, sehingga bisa menghindari ketegangan otot pada kelopak mata yang bisa menyebabkan kedutan mata kanan atas.

  1. Hubungi Dokter Jika Gejala Terus Terjadi Secara Berkepanjangan

Jika kedutan mata kanan atas terus terjadi dalam jangka waktu lama dan tidak bisa Anda tangani sendiri, maka tidak ada salahnya jika Anda menghubungi dokter mata. Konsultasikan dengan dokter mengenai apa yang Anda rasakan. Gejala kedutan mata yang serius akan berdampak pada sistem saraf dan membutuhkan penanganan medis yang intensif.

Kebanyakan dari gejala kedutan mata akan sembuh dengan sendirinya tanpa ada pengobatan khusus. Jika Anda mengalami kedutan mata kanan atas sesekali, mungkin tidak membahayakan karena tidak menimbulkan rasa sakit yang mengganggu. Namun jika kedutan mata terus terjadi secara berlanjut atau disertai gelaja lainnya, maka Anda tidak boleh membiarkan hal tersebut, karena bisa saja terjadi masalah yang lebih serius. Tetaplah waspada dan jangan meremehkan suatu gejala sekecil apapun.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Kedutan Mata Kiri Bawah Bisa Menjadi Tanda Seseorang Mengalami Stres, Benarkah Hal Ini?

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Holland, Kimberly: Eyelid Twitch. 2018. Available at:https://www.healthline.com/health/eyelid-twitch (Accessed: 06 October 2021)

Mayo Clinic: Symptoms Eye Twitching. 2021. Available at:

https://www.mayoclinic.org/symptoms/eye-twitching/basics/causes/sym-20050838 (Accessed: 06 October 2021)

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang