Bantuan

Kecil-kecil Tapi Punya Peranan Besar, Ini Dia Fungsi Empedu Bagi Sistem Pencernaan Manusia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Jun 2022

Bagikan

Ini Dia Fungsi Empedu bagi Sistem Pencernaan Manusia

Empedu merupakan salah satu organ yang berfungsi dalam sistem pencernaan, tahukah Anda apa saja fungsi empedu? Empedu merupakan organ kecil namun cukup vital bagi sistem pencernaan. Sistem pencernaan adalah serangkaian organ yang memiliki fungsi untuk mencerna makanan. Proses pencernaan yang kita kenal terbagi menjadi dua yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi.

Pencernaan mekanik adalah proses pencernaan yang terjadi di dalam mulut ketika mengunyah makanan dan di dalam lambung ketika proses peremasan makanan, sedangkan pencernaan kimiawi adalah pencernaan yang melibatkan enzim untuk memecah nutrisi besar menjadi lebih kecil agar bisa diserap.

Apa Itu Empedu?

Empedu adalah salah satu organ yang memiliki bentuk sangat kecil dan terletak di bawah hati. Meskipun bentuknya terbilang kecil, fungsi empedu cukup besar bagi sistem pencernaan dan sistem ekresi manusia. Empedu memiliki cairan berwarna kuning kehijauan yang dihasilkan oleh hati untuk membantu proses pencernaan lemak di dalam tubuh dan menyerap vitamin A, D, E, K. Berikut sejumlah fungsi empedu yang perlu Anda ketahui:

  1. Membantu Mengeluarkan Racun pada Hati

Salah satu fungsi empedu yang paling penting adalah membantu hati dalam mengeluarkan zat beracun. Makanan yang Anda konsumsi setiap harinya bisa jadi mengandung zat beracun, sehingga membutuhkan hati untuk menyaring dan menyimpan zat beracun di empedu.

Melalui empedu, zat beracun bisa dikeluarkan dalam bentuk urine dan fases. Jika kondisi tubuh Anda sehat empedu akan lebih mudah membersihkan hati dan usus dari zat beracun. Untuk menjaga kesehatan pencernaan sebaiknya kurangi makanan yang mengandung kolesterol dan lemak tinggi yang bisa mengakibatkan batu empedu dan merusak fungsi empedu.

  1. Menyerap Lemak 

Makanan berlemak yang Anda konsumsi dan masuk ke dalam usus belum sepenuhnya tercerna. Mengapa demikian? Karena lemak tidak bisa larut di dalam air dan lemak mampu membentuk partikel yang lebih besar, sehingga menyulitkan usus halus untuk menyerapnya. Maka disinilah fungsi empedu dalam proses pencernaan yaitu menyerap lemak dengan bantuan garam empedu agar lemak membentuk misel yang larut di dalam air.

  1. Menghambat Mikroba Masuk Ke Dalam Tubuh

Bisa Anda bayangkan berapa banyak mikroba yang bisa masuk ke dalam tubuh Anda bersama makanan yang Anda konsumsi. Selain karena peran sistem imun di dalam tubuh yang membuat kita tidak sakit selepas makan, empedu juga memiliki fungsi sebagai sistem pertahanan dari mikroba. Empedu mampu menciptakan basa, sehingga mikroba tidak bisa masuk ke dalam tubuh.

  1. Membantu Enzim Lipase

Partikel lemak yang cenderung besar bisa menghambat fungsi enzim lipase dalam proses pencernaan, sehingga disinilah fungsi empedu untu membantu enzim lipase dengan membentuk misel bermuatan negatif sehingga terjadi tolak menolak antar misel dan fungsi enzim lipase menjadi lebih cepat dalam merombak lemak.

  1. Menjaga PH 

Dengan PH yang dimiliki oleh empedu mampu membantu mengoptimalkan fungsi enzim pencernaan, tentunya dengan cara menetralisir sifat asam pada makanan. Semakin banyak sifat asam makanan di dalam usus maka semakin banyak juga empedu yang disekresikan.

  1. Fungsi Hormonal

Garam pada empedu memiliki fungsi sebagi pemberi sinyal nutrisi dengan cara mengaktifkan resptor tertentu. Selain itu, garam empedu juga bekerjasama dengan insulin untuk mengatur menutrisi metabolisme pada hati.

  1. Mencegah Regurgitasi

Istilah regurgitasi dikenal ketika isi lambung keluar melalui mulut. Mungkin sebagian di antara Anda pernah merasakan adanya cairan atau asam lambung yang bergerak ke atas kerongkongan, kemudian Anda merasakan rasa aneh, pahit dan asam, kondisi inilah yang dikenal sebagai regurgitasi. Regurgitasi pada empedu mampu menetralkan asam lambung, sehingga mampu mencegah efek buruk pada mukosa lambung.

Fungsi empedu sangat vital bagi sistem pencernaan, di antaranya adalah untuk mengoptimalkan fungsi enzim di dalam organ pencernaan, penyerapan nutrisi dan pencernaan lemak maupun vitamin. Jika fungsi empedu terganggu maka proses pencernaan di dalam tubuh Anda pun akan terganggu, maka dari itu penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan empedu dari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi untuk mencegah terjadinya batu empedu yang bisa merusak fungsi empedu.

Baca juga: Mengenal Fungsi Hati dan Cara Menjaganya, Ini Informasinya!

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Kumar, Karthik. What Is the Function of Bile? 2021. Available at: https://www.medicinenet.com/what_is_the_function_of_bile/article.htm (Accessed: 29 September 2021).

Johns Hopkins: Biliary System Anatomy and Functions. Available at: https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/biliary-system-anatomy-and-functions (Accessed: 29 September 2021).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang