Bantuan

Kaya Nutrisi, Inilah Beberapa Rekomendasi Menu Takjil Buka Puasa

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 21 Apr 2022

Bagikan

menu takjil buka puasa

Rekomendasi menu takjil buka puasa kaya nutrisi ini perlu Anda coba. Dalam menjalani puasa selama kurang lebih 13 jam, tubuh Anda akan mengambil energi dari cadangan gula dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan kadar gula darah menjadi tetap terjadi, Anda juga dapat bisa melakukan beragam aktivitas seperti hari biasanya. Setelah melakukan aktivitas harian, cadangan energi tentu saja akan terus menurun. Sehingga, tidak heran di sore hari Anda menjadi merasa lelah dan lemas. Untuk mengganti energi yang hilang, maka saat berbuka Anda membutuhkan makanan manis. 

Rekomendasi Menu Takjil Buka Puasa

Walau tubuh Anda membutuhkan makanan manis, namun Anda tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan. Kerap kali menu takjil buka puasa mengandung gula yang sangat tinggi. Oleh karenanya, kadar gula meningkat lebih cepat, sehingga akan sangat berbahaya untuk Anda yang mengidap diabetes. Agar terhindar dari gula darah yang meningkat cepat, maka Anda sebaiknya memilih menu takjil buka puasa yang tidak terlalu manis. Untuk memilih menu takjil buka puasa, satu yang penting yakni kandungan nutrisi di dalamnya. Di bawah ini adalah beberapa menu sehat yang kaya nutrisi untuk berbuka:

  1. Buah kurma

Buah kurma menjadi pilihan terbaik sebagai menu takjil buka puasa sebab buah satu ini memiliki kandungan serat dan energi yang banyak. Oleh karenanya, akan mampu mencegah Anda makan berlebihan, meskipun begitu mengonsumsi terlalu banyak buah kurma juga tidak baik. Buah kurma memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, sehingga disarankan untuk berbuka Anda mengonsumsi tiga buah kurma saja. 

  1. Sop buah

Menu takjil buka puasa kaya nutrisi selanjutnya yakni sop buah, yang mana mengandung banyak buah-buahan. Buah memiliki kandungan gula yang cukup guna mengganti energi Anda yang sudah hilang karena beraktivitas seharian. Buah juga memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk Anda kenyang lebih lama selama berpuasa. Akan tetapi, Anda juga harus berhati-hati ketika menambahkan susu kental manis atau gula dalam menu sop buah. Tambahan gula atau susu kental manis boleh saja, asalkan tidak berlebihan. 

  1. Kolak pisang

Kolak pisang dapat Anda jadikan menu takjil buka puasa, dengan catatan sebaiknya tanpa tambahan santan. Untuk mengganti santan dalam kolak pisang, Anda dapat menggunakan susu rendah lemak. 

  1. Puding buah

Gorengan menjadi camilan yang biasanya orang suka ketika berbuka puasa. Namun, sebenarnya gorengan tidaklah baik untuk kesehatan, apalagi jika dikonsumsi setiap hari. Adanya kandungan lemak dan kalori yang sangat tinggi dalam gorengan bisa menyebabkan penyakit serius. Beberapa penyakit yang dapat menyerang Anda yakni hipertensi dan diabetes. Untuk itu Anda bisa mengganti gorengan dengan puding buah yang menyegarkan. Perlu Anda perhatikan jika akan mengonsumsi puding buah pun, haruslah dengan gula yang sewajarnya dan tidak berlebihan. 

  1. Chicken salad

Chicken salad yang gurih dan segar bisa Anda jadikan menu takjil buka puasa kaya nutrisi. Untuk mengolahnya pun sangat mudah yakni dengan grill dada ayam telah dipotong-potong, kemudian taruh dalam semangkuk sayuran bernutrisi. Agar rasanya semakin nikmat, Anda dapat menambahkan keju secukupnya. Adanya serat dalam sayuran serta protein dalam makanan akan membuat Anda cukup kenyang dalam waktu yang lama, namun tidak akan membuat Anda merasa mengantuk. Hal ini terjadi karena kalori dalam chicken salad tidaklah setinggi makanan yang manis. 

Selain beberapa menu takjil buka puasa kaya nutrisi seperti di atas, Anda juga sebaiknya mengonsumsi banyak air putih ketika sahur dan berbuka. Ini guna memenuhi cairan tubuh yang diperlukan oleh tubuh. Tubuh yang berpuasa selama kurang lebih 13 jam tentu akan membutuhkan cairan tubuh agar tetap berenergi. 

Ketika berbuka puasa, kerap kali keinginan untuk mengonsumsi banyak makanan menjadi semakin tinggi. Namun, mengonsumsi banyak makanan juga tidak baik untuk kesehatan. Anda juga disarankan untuk menghindari makanan yang berminyak seperti gorengan. Sebab akan merugikan kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi setiap hari. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi saat sahur dan buka puasa menjadi hal penting. Dengan nutrisi yang tetap terpenuhi, maka Anda bisa beraktivitas seperti biasa setiap harinya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Camilan Buka Puasa yang Sehat Ini Bisa dengan Mudah Dibuat

Referensi

Healthline. What Breaks a Fast? Foods, Drinks, and Supplements.

Medical News Today. What you can and cannot eat and drink while fasting.

Bagikan artikel ini