Bantuan
Free Tele x

Jauhi Pantangan Sakit Tipes Ini agar Tidak Semakin Parah

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Mar 2022

Bagikan

Pantangan sakit tipes

Selain beristirahat total, menghindari pantangan sakit tipes merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan agar cepat sembuh dan tidak semakin parah. Tipes itu sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi. Oleh karena itu, penderita tipes memiliki banyak pantangan agar sakit yang diderita tidak semakin parah. 

Pantangan Sakit Tipes

Lalu apa saja pantangan sakit tipes yang perlu dijauhi tersebut? Berikut ini akan dijelaskan beberapa pantangan sakit tipes yang perlu Anda jauhi saat menderita penyakit tipes. 

  1. Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas merupakan sesuatu yang nikmat dan sulit untuk dihindari oleh sebagian banyak orang. Akan tetapi, untuk membuat sakit tipes cepat sembuh, sebaiknya hindari terlebih dahulu mengonsumsi makanan pedas ini. Pasalnya, makanan pedas mengandung cabai atau merica yang dapat mengiritasi saluran pencernaan. Hal ini tentunya akan membuat gejala tipes akan semakin parah. 

  1. Makanan Berlemak

Selain menghindari makanan pedas, saat menderita tipes sebaiknya Anda juga menghindari makanan yang berlemak seperti gorengan atau makanan yang bersantan. Pasalnya, beberapa makanan tersebut memiliki lemak yang sangat tinggi sehingga dapat membuat kerja dari sistem pencernaan menjadi berat. Kondisi ini tentunya membuat proses penyembuhan penyakit tipes akan semakin lama. 

  1. Makanan Mentah

Pantangan penyakit tipes yang perlu Anda jauhi selanjutnya, yaitu makanan mentah. Pasalnya, dalam makanan mentah atau kurang matang terdapat beberapa bakteri seperti Salmonella, E.coli dan Listeria. Beberapa bakteri ini akan membuat penyakit tipes yang sedang Anda alami akan semakin parah. Beberapa contoh makanan mentah yaitu, sushi, daging setengah matang, buah dan sayuran yang tidak dicuci dan dimasak. 

  1. Makanan Berserat

Walaupun makanan berserat sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan, namun hal ini sebaiknya dihindari terlebih dahulu selama menderita penyakit tipes. Pasalnya, mengonsumsi makanan berserat akan membuat penyerapan nutrisi dari makan semakin lambat dan dapat meningkatkan produksi gas. Hal inilah yang membuat makanan berserat menjadi salah satu pantangan sakit tipes yang perlu Anda jauhi. 

  1. Aktivitas Berat

Penderita penyakit tipes akan dianjurkan oleh dokter untuk beristirahat total terlebih dahulu hingga sembuh. Dalam masa ini sebaiknya hindari beberapa aktivitas berat karena akan memperlambat proses penyembuhan. Pasalnya, dalam proses penyembuhan tubuh memerlukan energi dan waktu untuk dapat melawan bakteri Salmonella typhi. Tidak hanya itu, istirahat di rumah juga akan membuat tubuh memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak karena infeksi bakteri. 

  1. Minum Sembarangan

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab tipes, yaitu karena mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi. Oleh karena itu, selama menderita penyakit tipes Anda sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi air. Selain itu,  hindari mengonsumsi air putih yang tidak dimasak ataupun galon kemasan eceran. Pasalnya, air minum yang tidak dimasak ataupun galon kemasan eceran tidak diketahui secara jelas sumbernya sehingga memiliki risiko telah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi

  1. Jajan Sembarangan

Mengonsumi jajanan di pinggir jalan memang jauh lebih menggoda dibandingkan dengan makanan orang sakit. Walaupun begitu, Anda harus bisa menghindari untuk mengonsumsi jajanan ini. Paslanya, Anda tidak pernah tahu bagaimana jajanan tersebut diolah dan bagaimana kebersihan dari peralatan yang digunakan. Oleh karena itu, kehigienisan jajanan ini tidak dapat dipastikan sehingga berisiko menyebabkan penyakit diabetes bertambah parah. 

Nah, itulah beberapa pantangan sakit tipes yang perlu dijauhi agar tidak semakin parah. Namun tahukah Anda, ada pantangan lain yang perlu Anda hindari, yaitu berhubungan intim. Sebaiknya selama menderita penyakit tipes, hindari hubungan intim terlebih dahulu, hal ini disebabkan bakteri Salmonella typhi dapat menular ke orang melalui kontak langsung. 

Selain menghindari beberapa pantangan yang telah disebutkan, Anda perlu melakukan beberapa kebiasan agar sakit tipes cepat sembuh. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan, yaitu mengonsumsi makanan tinggi protein, mengonsumsi makanan rendah serat, mengonsumsi makanan tinggi kalori, dan juga mengonsumsi olahan susu.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Jangan Sembarangan Makan, Ini Daftar Makanan untuk Sakit Tipes yang Boleh Dikonsumsi

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

CDC. 2020. Food Safety. https://www.cdc.gov/foodsafety/foods-linked-illness.html

Doctor NDTV. 2018. Typhoid Diet: Here's What You Should Eat And Avoid If You Have Typhoid. https://doctor.ndtv.com/living-healthy/typhoid-diet-foods-to-eat-and-avoid-during-typhoid-1879975

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami