Jarang Dilakukan, Ini Manfaat Lari Sore Dan Tips Melakukannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Jul 2021

Bagikan

Jarang Dilakukan, Ini Manfaat Lari Sore & Tips Melakukannya

Pernahkah Anda mendengar bahwa manfaat lari sore lebih baik daripada lari pagi? Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan lari sore lebih bermanfaat daripada lari pagi, namun manfaat lari sore bisa Anda rasakan ketika Anda telah selesai menjalankan aktivitas sehari-hari, yang membuat pikiran stres.

Sebelum Anda mengetahui manfaat lari sore, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan  sebelum menjalankan aktivitas lari sore, diantaranya: 

Tips Lari Sore

  1. Gunakan Aplikasi Pelacak

Untuk keamanan pada saat lari sore menjelang malam, sebaiknya gunakan aplikasi pelacak seperti strava agar tidak tersesat, sehingga Anda bisa dengan mudah melihat ke mana Anda pergi ketika Anda tersesat dan keluar jalur. 

  1. Dengarkan Podcast

Jika Anda memiliki kebiasaan mendengarkan musik ketika lari, pada saat lari sore sebaiknya gantilah dengan podcast agar suara disekitar Anda masih terdengar, sehingga Anda masih bisa memperhatikan apa yang terjadi di sekitar Anda. 

  1. Pilihlah Sepatu Lari yang Tepat

Sepatu lari yang cocok dan nyaman perlu Anda perhatikan, agar kaki Anda nyaman pada saat lari. Anda bisa menggunakan sepatu yang mempunyai sol empuk dan lentur, terutama pada satu pertiga  bagian depan. Leher sepatu diusahakan tidak menutupi mata kaki seperti sepatu basket. Selain untuk kenyamanan, sepatu lari yang tepat juga bisa meminimalisir terjadinya cidera pada pergelangan kaki, tulang belakang, lutut dan pinggang.

  1. Tentukan Jalur Lari

Jalur lari perlu Anda perhatikan untuk keamanan dan keselamatan Anda. Pilihlah lokasi yang aman, misalnya lokasi yang terdapat banyak orang di sekitarnya dan terdapat sedikit kendaraan di jalanan. Sebagai pilihan terbaik, Anda bisa lari di sekitar gedung olahraga atau taman umum, sebagai pilihan.

Baca Juga: Perlu Anda Ketahui, Ini Perbedaan Jalan Dan Berlari. Manakah Yang Lebih Sehat?

Manfaat Lari Sore

  1. Membakar Kalori Makan Siang

Salah satu manfaat lari sore yang bisa Anda rasakan ialah membakar kalori sisa makan siang. Makan siang biasanya waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh mereka yang bekerja di kantor, sekolah dan tidak sempat sarapan, sehingga terkadang jumlah kalori yang dikonsumsi jauh lebih banyak. Maka dari itu, lari sore menjadi solusi untuk mengurangi kalori tersebut, agar terhindar dari obesitas.

  1. Mengurangi Stres

Lari sore bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan stres dan ketegangan yang melanda seharian, baik pada saat belajar ataupun bekerja. Olahraga lari bisa menurunkan hormon stres dan meningkatkan hormon endorfin yang bisa memperbaiki suasana hati.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Lari sore dipercaya bisa membuat tidur lebih nyenyak dan lebih lama pada malam harinya. Bagi Anda yang sedang berusaha memperbaiki pola tidur, manfaat lari sore sangat cocok untuk Anda.

  1. Meningkatkan Performa dalam Berolahraga

Performa tubuh biasanya akan meningkat pada sore hari, tepatnya sekitar pukul 2 hingga 6 petang. Pada waktu ini, fungsi tubuh, termasuk otot, berada dalam level yang optimal. Selain itu, penyerapan oksigen dalam tubuh pun menjadi lebih tinggi, sehingga tubuh menjadi lebih efektif dalam menggunakan energi dan olahraga yang Anda lakukan bisa menjadi lebih optimal, khususnya ketika Anda melakukan olahraga berintensitas tinggi.

  1. Meminimalisir Terjadinya Cedera

Lari sore bisa mengurangi risiko cedera, karena detak jantung dan tekanan darah Anda pada sore hari cenderung lebih rendah. Dengan begitu, Anda menjadi lebih fokus dan cepat ketika berlari. Selain itu, otot-otot tubuh pun menjadi lebih fleksibel, sehingga meminimalisir risiko terjadinya cedera pada saat lari.

  1. Terhindar dari Panas Matahari

Manfaat lari sore selanjutnya adalah terhindar dari paparan sinar matahari. Suhu panas matahari pada saat sore hari cenderung lebih rendah dibandingkan pada saat pagi atau siang hari. Dengan demikian, Anda pun akan lebih nyaman pada saat lari pada sore hari.

Itulah tips dan manfaat lari sore hari yang penting bagi Anda ketahui. Lari sore memiliki banyak manfaat lain yang tidak didapatkan pada pagi hari. Namun, pada dasarnya waktu terbaik untuk lari ialah ketika Anda melakukannya secara konsisten, sehingga aktivitas lari tersebut menjadi suatu kebiasaan atau rutinitas harian yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Olahraga atau Diet Untuk Turunkan Berat Badan?

 

Referensi:

1. Slide share: Benefits of jogging in the afternoon (no date).

2. Fit Fun Mom: Tips for Afternoon and Evening Runs. (2018).

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi