Obat Kutu Air Alami Yang Bisa Anda Gunakan Untuk Mengatasi Gejalanya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Dec 2021

Bagikan

Obat Kutu Air Alami Untuk Mengatasi Gejalanya

Gejala kutu air yang menimbulkan gejala yang tidak nyaman, telah menjadikan banyak dari kita mempertanyakan obat kutu air alami yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala tersebut. Dalam hal ini, Anda tidak perlu khawatir lagi karena sejatinya ada beberapa alternatif obat-obatan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kutu air yang mengganggu tersebut. Untuk lebih lanjutnya, simak terus pembahasan berikut ini.

Obat Kutu Air Alami

Membasmi kutu air menggunakan pilihan obat-obatan alami menjadi alternatif yang banyak disukai karena sifatnya yang mudah ditemui dan praktis digunakan. Nah, adapun pilihan dari obat kutu air alami tersebut di antaranya adalah sebagai berikut ini. 

  1. Bawang Putih

Khasiat bawang putih dalam mengatasi kutu air memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Dalam hal ini, bawang putih memiliki kandungan antijamur dan antimikroba yang dapat menyembuhkan bagian tubuh yang terkena kutu air. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 34 orang, bawang putih mampu menyembuhkan infeksi kutu air yang dialami oleh 24 orang di antaranya.

Jika hendak menggunakan bawang putih untuk obat kutu air alami ini, pertama-tama Anda perlu menghancurkan 4-5 siung bawang putih, lalu mengoleskannya pada area yang terkena. Selain itu, cobalah untuk mencampurkan beberapa siung bawang putih ke dalam baskom, lalu rendam kaki Anda di dalamnya hingga 30 menit lamanya. 

  1. Baking Soda

Siapa yang menyangka bahwa salah satu bahan yang kerap digunakan untuk membuat kue ini ternyata memiliki efek yang cukup ampuh dalam mengatasi kutu air? Studi yang dilakukan pada tahun 2013 silam menunjukkan bahwa baking soda dalam hal ini mampu melawan infeksi jamur yang dalam hal ini memicu terjadinya peradangan. 

Adapun untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mencampurkan baking soda sebanyak 115 gram ke dalam baskom yang berisikan air hangat. Kemudian, rendam bagian tubuh yang mengalami infeksi selama 15 sampai 20 menit. Lakukan kebiasaan ini sebanyak 2x dalam sehari untuk mengatasi kutu air yang dialami.

Baca Juga: Inilah Gejala Serta Penyebab Dari Kutu Air Di Kaki

  1. Minyak Oregano

Minyak oregano ternyata juga menjadi salah satu alternatif obat kutu air alami yang bisa Anda pilih untuk membantu mengatasi gejala yang timbul. Dalam hal ini, minyak oregano disebut-sebut mengandung sekitar 71% senyawa antiseptik, yakni fenol. Senyawa inilah yang mampu mengendalikan mikroba dalam tubuh.

Apabila Anda berminat untuk menggunakannya, cukup campurkan sekitar 3 tetes minyak oregano ini dengan minyak tea tree. Oleskan campuran minyak ini pada bagian tubuh yang terinfeksi, paling tidak sebanyak 3x dalam sehari. 

  1. Teh Hijau

Tidak berhenti sampai disitu saja, rekomendasi obat kutu air alami berikutnya adalah teh hijau, yang memiliki sifat antijamur. Sifat antijamur pada teh hijau ini mampu mengatasi berbagai hal yang dapat menjadi penyebab kutu air.

Untuk menggunakannya, silakan rebus teh hijau kemudian dinginkan hingga beberapa saat. Setelah air menjadi lebih hangat, rendam kaki Anda ke dalam larutan teh hijau ini. Apabila dilakukan secara rutin, teh hijau ini disebut mampu menghilangkan gejala kutu air dalam waktu yang cukup singkat.

  1. Daun Sirih

Alternatif obat kutu air alami berikutnya yang bisa Anda coba gunakan adalah daun sirih. Dalam hal ini, daun sirih memiliki kandungan antiseptik yang mampu membunuh kuman penyebab terjadinya infeksi kutu air.

Untuk mulai menggunakannya, Anda dapat merebus beberapa lembar daun sirih ini dengan sejumput garam. Setelah itu, tunggu hingga air rebusan daun sirih menjadi lebih hangat, kemudian rendam kaki Anda ke dalam air rebusan ini hingga sekitar 30 menit lamanya. Agar hasilnya semakin maksimal, cobalah untuk merendam kaki Anda pada rebusan daun sirih ini dengan sering. 

Nah, demikianlah penjelasan mengenai alternatif obat kutu air alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal dan perih yang sangat mengganggu. Alternatif ini memang sangat mudah ditemukan di berbagai tepat, dan penggunaannya pun terbilang cukup mudah. Meskipun begitu, pengobatan langsung ke dokter menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang tengah mengalami kutu air.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cara Mencegah Kutu Air di Musim Penghujan

 

Sumber:

1. Gotter, Ana. 2019. Home Remedies for Athlete’s Foot.

2. DerSarkissian, Carol. 2020. Home Remedies for Athlete’s Foot: What Works.

3. Berry, Jennifer. 2020. Five home remedies for athlete’s foot.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi