Bantuan

Jangan Sampai Kekurangan! Inilah Vitamin untuk Tulang dan Sendi yang Baik Bagi Anda

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Apr 2022

Bagikan

vitamin c

Peran vitamin untuk tulang dan sendi menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia Anda. Di saat Anda menginjak usia 50 tahun, risiko terkena osteoporosis dan radang persendian atau arthritis menjadi lebih besar dari sebelumnya. Selain itu, nutrisi yang tepat juga dibutuhkan untuk mempercepat pemulihan dari cedera yang mungkin pernah Anda alami. 

Beberapa vitamin dan mineral dalam bentuk suplemen bisa memberikan dukungan yang signifikan bagi kesehatan. Namun, pastikan Anda juga menjalankan pola makan sehat yang disertai dengan olahraga teratur. Jangan lupa juga untuk aktif berkonsultasi dengan dokter mengenai suplemen yang Anda konsumsi. Simak penjelasan lengkap tentang beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tulang dan persendian.

Vitamin untuk Tulang dan Sendi yang Esensial Bagi Kesehatan

Jika Anda tekun menjalani pola makan yang suhAnda Anda akan mendapatkan banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan sendi. Tetapi jika nutrisi yang Anda konsumsi belum cukup, terutama dengan bertambahnya usia, menambahkan suplemen ke dalam pola makan sehari-hari dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut. Berikut adalah daftar vitamin yang sangat baik untuk tulang dan sendi. 

  1. Vitamin D

Vitamin ini penting untuk membantu tubuh menyerap kalsium yang mendukung kesehatan tulang, sendi dan otot Anda. Vitamin D alami bisa Anda dapatkan dari sinar matahari, namun jika Anda tidak rutin berjemur atau cuaca tidak memungkinkan untuk mendapatkan sinar matahari, suplemen harian vitamin D sebanyak 10 mikrogram bisa sangat membantu.

Makanan kaya vitamin D yang bisa dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari Anda di antaranya adalah daging merah, kuning telur, sereal sehat dengan susu dari kacang-kacangan, jamur, dan ikan yang berminyak. Selain itu, hati juga kaya akan vitamin D, namun tidak cocok untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.

  1. Vitamin C

Mungkin Anda sudah tahu jika vitamin C memiliki peran yang penting untuk menjaga kekebalan tubuh. DI samping itu, vitamin ini juga membantu pembentukan protein kolagen yang penting untuk mineralisasi tulang. Suplemen vitamin C sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari dan biasanya tidak memiliki efek samping.

Selain melalui suplemen, tentu Anda juga bisa mendapatkan vitamin C dari beberapa makanan, seperti jeruk, paprika hijau dan merah, sayur-sayuran hijau, kentang, dan juga stroberi. Jika Anda menyukai jus buah, Anda juga bisa mengonsumsi jeruk, stroberi, bahkan sayur-sayuran hijau dalam bentuk jus yang alami.

  1. Vitamin K

Vitamin untuk tulang dan sendi berikutnya adalah vitamin K. Peran vitamin ini adalah membantu untuk mengantarkan kalsium ke semua tulang di dalam tubuh Anda. Jika Anda kekurangan vitamin K, hal ini dapat menyebabkan kurangnya kepadatan tulang yang meningkatkan risiko patah tulang saat terjadi cedera.

Anda bisa mendapatkan vitamin K dari beberapa sayuran hijau seperti kangkung, sawi, brokoli, bayam, kubis, dan selada. Namun, jika Anda sedang meminum obat pengencer darah, perhatikan kadar vitamin K yang Anda konsumsi tiap harinya. Tidak disarankan untuk menambah suplemen yang mengandung vitamin ini bersamaan dengan obat pengencer darah.

Mineral dan Suplemen Tambahan yang Baik Bagi Kesehatan Tulang dan Sendi

Selain ketiga vitamin di atas, tentunya perawatan tulang dan persendian Anda tidak akan lengkap tanpa kehadiran kalsium dan magnesium. Dua mineral ini memang sangat substansial bagi kesehatan tulang dan sendi, namun di samping itu, kalsium juga bermanfaat untuk mendukung pergerakan otot Anda. Sedangkan, magnesium juga memiliki manfaat lain, yaitu menjaga kestabilan tekanan darah dan kesehatan jantung.

  1. Kalsium

Anda bisa mendapatkan kalsium yang dibutuhkan tubuh Anda dari makanan dan minuman, di antaranya adalah susu sapi, susu kedelai, yogurt, sayuran hijau, kacang-kacangan, roti, serta ikan dengan tulang yang bisa dimakan seperti sarden. Menambahkan suplemen yang mengandung kalsium juga sangat disarankan.

  1. Magnesium

Magnesium juga sangat baik bagi kesehatan tulang. Mineral ini membantu memaksimalkan fungsi Vitamin D dan kalsium di dalam tubuh Anda. Kekurangan magnesium bisa berakibat meningkatnya risiko penyakit osteoporosis. Dengan kadar magnesium yang memadai, Anda dapat terhindar dari risiko patah tulang maupun mempercepat penyembuhan setelah mengalami cedera pada tulang.

Selain vitamin dan mineral di atas, ada beberapa suplemen lain seperti omega-3, glukosamin dan kondroitin, serta kolagen yang bisa menjadi pilihan. Demikianlah uraian lengkap mengenai vitamin untuk tulang dan sendi yang sebaiknya Anda konsumsi secara teratur, baik melalui pola makan yang sehat maupun dibantu dengan dukungan suplemen. Jangan lupa untuk berolahraga rutin juga agar kesehatan Anda lebih terjaga.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Memahami Proses Osifikasi atau Proses Pembentukan Tulang dalam Tubuh Manusia

Referensi

Boots Pharmacy Team. 2018. Vitamins For Bone and Joint Health. https://www.boots.com/health/vitamins-advice/healthy-living-vitamins/vitamins-for-bone-health

Countryside Orthopaedics. 2021. What Supplements Are Best For Bone and Joint?. https://www.countrysideortho.com/what-supplements-are-best-for-bone-and-joint-health/

Bagikan artikel ini