Bantuan
Free Tele x

Jangan Panik, Berikut Ini Cara Mengobati Sesak Napas yang Bisa Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Dec 2021

Bagikan

Jangan Panik, Ketahui Cara Mengobati Sesak Napas Berikut Ini

Sudahkah Anda tahu bagaimana cara mengobati sesak napas? Saat Anda mengalami sesak napas, maka akan muncul sensasi nyeri di dada. Mungkin pada sebagian orang yang mengalami kondisi ini akan panik. Namun sebaiknya Anda tidak perlu panik dan terapkan cara mengobati sesak napas. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan cara mengobati sesak napas saat Anda mengalaminya. 

Cara Mengobati Sesak Napas

Pada dasarnya, mengobati sesak napas pada setiap orang tidaklah sama. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Lantas apa saja cara mengobati sesak napas tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, Anda wajib mengikuti penjelasan di bawah ini. 

  1. Berbaring

Cara yang bisa Anda lakukan pertama untuk mengobati sesak napas yaitu dengan berbaring. Pertama-tama saat Anda mengalami sesak napas terutama saat dalam kondisi tidur yaitu dengan mengatur posisi telentang. Selain itu, Anda perlu menyangga kepala menggunakan bantal agar posisinya lebih tinggi daripada jantung.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu menyelipkan bantal atau guling pada bagian lutut. Posisi ini akan membantu melebarkan saluran udara yang terhambat sehingga Anda bisa bernapas dengan lega kembali. 

  1. Hirup Uap

Cara selanjutnya dalam mengobati sesak napas yaitu dengan menghirup uap. Cara ini akan membantu membuat saluran hidung tetap bersih sehingga bernapas menjadi lebih mudah tidak hanya itu, uap hangat juga mampu memecah lendir di paru-paru sehingga sesak napas pun dapat berkurang.

Cara melakukannya cukup mudah yaitu dengan mengisi wadah seperti mangkuk dengan air panas. Selain itu, tambahkan juga beberapa tetes minyak esensial. Setelah itu, tepatkan wajah di atas wadah tersebut dan hirup uap hangatnya dengan menarik napas yang dalam. 

  1. Konsumsi Jahe Segar

Mengonsumsi jahe segar merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sesak napas. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian bahwa jahe efektif melawan virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Jadi, Anda bisa menambahkan jahe segar dalam minuman Anda. Anda juga bisa mengolahnya menjadi berbagai minuman jahe agar lebih nikmat untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Jahe Bagi Kesehatan?

  1. Bersandar di Dinding

Anda juga bisa bersandar di dinding saat mengalami sesak napas yang tiba-tiba. Cara melakukannya yaitu dengan menempelkan punggung di dinding dengan tubuh agak condong ke depan. Selain itu, Anda juga perlu membuka kaki selebar bahu dan menaruh tangan pada paha. Dalam posisi ini, bernapaslah dengan rileks dan perlahan. Lakukan cara ini hingga sesak napas yang Anda alami mulai membaik dan mereda. 

  1. Gunakan Kipas Angin

Tahukah Anda, ternyata Anda bisa mengatasi sesak napas dengan cara menggunakan kipas angin. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa aliran udara sejuk dapat melancarkan pernapasan. Jadi, Anda bisa menyalakan kipas angin dan mengarahkan ke hadapan Anda agar sesak napas dapat teratasi.

  1. Pursed Lip Breathing

Anda juga bisa melakukan teknik lip breathing untuk mengobati sesak napas. Cara melakukaya cukup mudah yaitu dengan menarik napas selama dua detik melalui hidung. Setelah itu, hembuskan secara perlahan melalui mulut selama dua detik. Saat melakukan teknik ini, pastikan bahu dan leher dalam keadaan rileks. Anda bisa melakukan teknik ini kapan pun dan di mana pun saat sesak napas melanda.

Baca Juga: Yuk, Berkenalan dengan Pursed-Lip Breathing

  1. Konsumsi Obat

Cara mengobati sesak napas yang bisa Anda lakukan terakhir yang terakhir yaitu dengan mengonsumsi obat. Beberapa pilihan obat yang biasa digunakan yaitu inhaler, bronkodilator dan nebulizer. Namun sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan berbagai obat ini. Pasalnya, ada beberapa obat yang mungkin tidak cocok dengan Anda dan bisa saja menimbulkan efek samping. 

Nah, itulah dia beberapa cara mengobati sesak napas yang bisa Anda lakukan. Apabila sesak napas yang Anda alami tidak kunjung membaik setelah melakukan beberapa cara di atas atau justru semakin parah, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Cirino, Erica. 2021. 9 Home Treatments for Shortness of Breath (Dyspnea).
  2. Burgess, Lana. 2020. 7 home remedies for shortness of breath.
Bagikan artikel ini