Jangan Disepelekan, Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Menjadi Penyebab Tipes

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Inilah Kebiasaan Sehari-hari Yang Bisa Menyebabkan Tipes

Apakah Anda tahu apa penyebab tipes? Pada dasarnya, penyebab tipes yaitu karena bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini dapat masuk ke dalam tubuh manusia dan mulai menginfeksi Anda. Pada saat bakteri telah masuk ke dalam tubuh, maka akan menimbulkan beberapa gejala seperti demam tinggi, sembelit, sakit perut, dan lainnya. 

Lalu bagaimanakah cara bakteri Salmonella typhi dapat masuk ke dalam tubuh manusia? Untuk menemukan jawabannya, mari simak beberapa penyebab tipes dapat menyerang Anda melalui penjelasan di bawah ini. 

Penyebab Tipes

Bakteri Salmonella typhi sering ditemukan pada feses, sehingga ketika Anda tidak menjaga kebersihan maka bakteri tersebut dapat berpindah ke tempat atau benda lain. Oleh karena itu, salah satu penyebab terbesar Anda bisa terinfeksi oleh bakteri ini yaitu karena menyentuh benda-benda yang telah terkontaminasi. Berikut ini ada beberapa kebiasan sehari-hari yang dapat menjadi penyebab bakteri tipes dapat masuk ke dalam tubuh. 

  1. Makan Makanan yang Tidak Bersih

Penyebab tipes dapat menyerang Anda yang pertama yaitu karena makan makanan yang tidak bersih. Salah satu contohnya yaitu mengonsumsi makanan laut atau ikan yang berasal dari air yang sudah terkontaminasi oleh feses atau urine pengidap tipes. Tidak hanya itu, chef atau juru masak yang tidak mencuci bersih tangannya setelah membuang air, maka dapat memindahkan bakteri Salmonella typhi ke dalam makanan yang dia sajikan kepada pelanggan. 

  1. Suka Jajan Sembarang

Apakah Anda sering jajan sembarangan? Tidak dapat dipungkiri, jajan sembarangan merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Namun siapa sangka, ternyata kebiasaan ini bisa menjadi salah satu penyebab Anda terkontaminasi bakteri Salmonella typhi. Hal ini umumnya, sangat sering dilakukan oleh anak-anak dan mereka akan sangat rawan terinfeksi. Mengingat, daya tahan tubuh yang dimiliki oleh anak-anak belumlah sekuat orang dewasa. 

  1. Minum Air yang Tidak Bersih

Tidak hanya melalui makanan, bakteri Salmonella typhi juga dapat menginfeksi Anda melalui minuman yang Anda konsumsi. Terutama bagi Anda yang sering mengonsumsi minuman dingin dengan es batu yang dijual di jalanan. Hal ini karena, Anda tidak pernah tahu air apa yang digunakan untuk membuat es batu tersebut. Bisa saja, air yang digunakan merupakan air yang telah terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhi.

Baca Juga: Kenali Gejala Tipes dan Cara Mencegahnya!

  1. Berhubungan Seksual dengan Penderita Tipes

Tahukah Anda, ternyata berhubungan intim dengan penderita tipes juga dapat menjadi penyebab Anda mengalami hal yang serupa. Pasalnya, bakteri Salmonella typhi dapat ditularkan melalui anal seks ataupun oral seks. Ketika Anda melalui oral ataupun anal seks, maka bakteri tersebut akan berpindah dari penderita tipes kepada Anda. 

  1. Tidak Menjaga Kebersihan Toilet

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Salmonella typhi dapat ditemukan di dalam feses ataupun urine. Oleh karena itu, toilet yang kotor dapat memperbesar risiko penularan penyakit tipes kepada orang lain. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihan toilet agar tidak menularkan bakteri ke orang lain. Tidak hanya itu, ketika Anda selesai menggunakan toilet di tempat lain pastikan telah mencuci tangan dengan bersih agar tidak ada bakteri yang menempel. 

  1. Tidak Beristirahat

Apakah Anda sering melakukan aktivitas secara berlebihan, sehingga melupakan waktu istirahat? Sebaiknya segera hentikan kebiasan buruk ini. Pasalnya, ketika Anda tidak memiliki waktu istirahat, maka sistem imun tubuh akan menurun. Kondisi ini tentunya membuat Anda lebih mudah terserang penyakit salah satunya yaitu tipes. 

  1. Bertukar Alat Makan atau Pakaian

Penyebab tipes yang terakhir yaitu sering bertukar alat makan dan pakaian. Mungkin pada sebagian orang, kebiasaan ini merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, tanpa Anda sadari baik di pakaian dan juga alat makan bisa saja terdapat bakteri yang menempel. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi kebiasan seperti ini, terutama dengan penderita tipes. 

Nah, itulah dia beberapa penjelasan mengenai penyebab tipes yang perlu Anda ketahui. Untuk dapat mencegah penularan penyakit tipes ini, maka Anda wajib menjaga kebersihan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan vaksinasi tifoid untuk mencegah penyakit tipes.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Demam Menurun Hingga Tubuh Lebih Bertenaga, Berikut Ini Ciri Tipes Mulai Membaik

 

Sumber:

1. Dowshen,Steven. Typhoid Fever.

2. Newman, Tim. 2017. What you need to know about typhoid.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi