Bantuan

Halo Bunda, Ini Deretan Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 29 Mar 2022

Bagikan

makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Tahukah bunda, ternyata ada beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Beberapa makanan yang dilarang ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu dan juga janin yang sedang dikandung. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengetahui apa saja makanan yang dilarang untuk ibu hamil tersebut.

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil sangatlah berpengaruh pada perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan memastikan nutrisinya tercukupi. Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari terlebih dahulu. Berikut ini beberapa makanan yang dilarang untuk ibu hamil. 

  1. Steak setengah matang

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang pertama, yaitu steak setengah matang. Pada dasarnya, ibu hamil tidak dilarang untuk mengonsumsi steak bahkan makanan ini memiliki nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Akan tetapi, makanan ini berubah menjadi dilarang apabila dikonsumsi dalam kondisi setengah matang. Hal ini karena daging yang tidak diolah hingga matang sempurna kemungkinan memiliki kandungan parasit toksoplasmosis yang sangat berbahaya bagi janin. Jadi, jika ingin mengonsumsi steak pastikan pilih yang matang sempurna atau well done

  1. Telur setengah matang

Mungkin banyak dari Anda yang menyukai telur dengan tingkat kematangan yang tidak terlalu matang. Namun, jika Anda sedang mengandung atau hamil sebaiknya hindari konsumsi makanan ini terlebih dahulu. Hal ini karena telur yang belum matang memiliki bakteri salmonella yang aktif. Jika diolah tidak hingga matang sempurna, maka bakteri ini dapat menginfeksi Anda dan janin. Infeksi bakteri salmonella ini dapat menyebabkan muntah dan diare. 

  1. Seafood bermerkuri

Seafood atau makanan laut seperti ikan dan kerang sebenarnya baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena seafood memiliki kandungan protein dan asam lemak omega-3. Akan tetapi, ada beberapa seafood yang sebaiknya dihindari terlebih dahulu karena memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi. Jika Anda mengonsumsi ikan-ikan yang memiliki kandungan merkuri ini, maka dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada perkembangan otak bayi. Beberapa seafood yang sebaiknya Anda hindari terlebih dahulu di antaranya salmon, udang, ikan nila, ikan tuna, dan ikan pedang. 

  1. Sayuran mentah

Makan yang dilarang untuk ibu hamil yang selanjutnya, yaitu sayuran mentah. Pada dasarnya, sayuran merupakan makanan yang menyehatkan dan bernutrisi. Akan tetapi, jika Anda mengonsumsinya dalam kondisi mentah, maka makanan ini menjadi dilarang. Hal ini karena terdapat bakteri dan zat kimia pada sayuran sehingga jika dikonsumsi dengan kondisi mentah, maka bakteri dan zat kimia tersebut bisa masuk ke dalam tubuh ibu hamil. Jadi, sebelum mengonsumsi sayuran pastikan telah mencucinya di air mengalir dan memasaknya hingga matang.

  1. Keju lunak

Keju lunak merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil yang selanjutnya. Hal ini karena keju lunak lebih berisiko terkontaminasi bakteri seperti Salmonella. Selain itu, keju lunak juga memiliki kandungan air sebanyak 50% yang membuatnya bersifat lembap sehingga menjadi tempat yang disukai oleh bakteri. Jika Anda ingin mengonsumsi keju, sebaiknya pilih keju selain keju lunak. Karena pada dasarnya, keju baik untuk kesehatan ibu dan janin. 

  1. Makanan cepat saji

Apakah Anda sering mengonsumsi makanan cepat saji seperti burger, kentang goreng, ayam goreng tepung, atau jajanan di pinggir jalan? Jika Anda sedang hamil sebaiknya hentikan kebiasan itu terlebih dahulu. Memang mengonsumsi makanan cepat saji tersebut sangatlah enak dan menyenangkan, tetapi ada efek buruk yang bisa mengintai kesehatan ibu hamil dan juga janin. Hal ini karena berbagai makanan cepat saji memiliki kandungan lemak trans yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan makrosomia atau ukuran janin yang terlalu besar.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Selalu konsultasikan kondisi kandungan Anda dengan dokter kandungan untuk memantau perkembangan janini. Pastikan Anda juga meminta saran untuk hal-hal yang tidak boleh Anda lakukan terlebih dahulu selama masa kehamilan. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Dalam Menunjuang Pertumbuhan Janin

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang
Referensi

Kubala, Jilian. 2020. 11 Foods and Beverages to Avoid During Pregnancy - What Not to Eat. https://www.healthline.com/nutrition/11-foods-to-avoid-during-pregnancy#3.-Undercooked,-raw,-and-processed-meat

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Kehamilan & Menyusui

Mulai dari IDR 300.000

Pesan Sekarang