Bantuan

Lebih Besar Dibanding Manfaatnya, Ini Bahaya Minuman Keras bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Feb 2022

Bagikan

bahaya minuman keras

Apakah Anda tahu apa saja bahaya minuman keras atau alkohol? Menikmati beberapa cangkir minuman keras untuk menyenangkan diri mungkin sering dilakukan oleh beberapa orang. Namun tahukah Anda, ternyata mengonsumsi minuman keras secara berlebihan dapat menyebabkan bahaya bagi kesehatan. 

Pada dasarnya, minuman keras juga bermanfaat bagi tubuh seperti menyembuhkan pilek bahkan menguatkan otak. Akan tetapi, banyak yang mengindahkan batas konsumsi minuman keras ini. Pada akhirnya, bahaya yang ada jauh lebih besar daripada manfaatnya. 

Bahaya Minuman Keras

Seseorang yang mengonsumsi minuman keras dalam jumlah yang berlebihan akan merasakan beberapa efek secara langsung seperti mual, sakit kepala, dan muntah. Akan tetapi, ada beberapa efek yang baru terjadi dalam jangka panjang. Berikut ini beberapa bahaya minuman keras bagi kesehatan yang perlu Anda hindari. 

  1. Merusak sistem pencernaan

Bahaya minuman keras yang pertama, yaitu dapat merusak sistem pencernaan. Pasalnya, jika Anda mengonsumsi minuman keras dalam jumlah yang banyak dan jangka waktu yang lama dapat menyebabkan saluran pencernaan mengalami masalah. Kondisi ini menyebabkan berbagai nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat terserap dengan baik. Dengan begitu, Anda akan mengalami kekurangan nutrisi yang membuat tubuh tidak sehat. Beberapa penyakit yang bisa disebabkan minuman keras, yaitu tukak lambung, penyakit asam lambung, hingga kanker saluran pencernaan. 

  1. Merusak pankreas

Bahaya minuman keras yang berlebihan selanjutnya, yaitu merusak pankreas. Pankreas itu sendiri merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Fungsi dari organ ini, yaitu memecah lemak, karbohidrat, dan protein sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Namun, ketika Anda mengonsumsi minuman keras dalam jumlah yang banyak maka pankreas akan bekerja lebih ekstra sehingga organ ini mengalami kerusakan. 

  1. Merusak otak

Sedikit minuman keras mungkin dapat menguatkan otak, tetapi jika dalam jumlah yang banyak justru menyebabkan kerusakan otak bahkan gangguan kejiwaan yang serius. Pasalnya, minuman keras ini akan merusak banyak bagian dari otak sehingga sangat memengaruhi seseorang dalam bersikap. Jadi, mulailah untuk menghentikan konsumsi minuman keras yang berlebihan. Bahkan, lebih baik untuk tidak mengonsumsinya lagi mengingat efek negatifnya yang jauh lebih besar. 

  1. Memicu gangguan hati

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan juga memicu gangguan pada hati. Hal ini karena minuman keras merupakan racun bagi tubuh, jadi saat asupan minuman keras dalam jumlah banyak menyebabkan terjadinya penumpukan lemak di dalam hati. Apabila kondisi ini dibiarkan dan Anda tetap mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan maka akan terjadi luka pada hati hingga kerusakan hati secara permanen. 

  1. Menyebabkan masalah paru-paru

Pada umumnya, orang yang mengonsumsi minuman keras secara berlebihan akan mengalami hangover setelahnya. Beberapa gejala nya yaitu pusing, mual, dan muntah. Namun, saat muntah bisa saja iya tersedak dan residunya masuk ke dalam paru-paru. Kondisi ini sangat berakibat fatal bagi kesehatan seperti infeksi paru-paru dan pneumonia. 

  1. Menyebabkan penyakit jantung

Bahaya minuman keras bagi tubuh yang selanjutnya, yaitu menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena minuman keras yang berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah meningkatkan. Tidak hanya itu, alkohol juga menyebabkan terjadinya gangguan irama jantung dan melemahkan otot jantung. Tentu saja kondisi ini dapat menyebabkan jantung tidak sehat lagi sehingga memicu penyakit jantung. 

  1. Memicu kanker

Bahaya yang mungkin tidak ingin dialami oleh semua orang, yaitu kanker. Namun, jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman keras dalam jumlah yang banyak maka risiko kanker ini akan semakin besar. Hal ini telah banyak dibuktikan dalam riset yang menyebutkan bahwa minuman keras berkaitan erat dengan peningkatan risiko kanker seperti kanker lidah, kanker mulut, hingga kanker usus besar. Hal ini disebabkan oleh minuman keras yang bersifat karsinogen sehingga merusak sel-sel di dalam tubuh. 

Nah, itulah dia beberapa bahaya minuman keras yang penting untuk Anda ketahui. Melihat bahaya yang tidak sebanding dengan manfaatnya, maka sebaiknya kurangi bahkan hentikan mengonsumsi minuman keras. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Ketahui Jenis Minuman Beralkohol Beserta Kadarnya, Manakah yang Terbilang Tinggi?

Referensi

Kementerian Kesehatan Indonesia. 2008. 10 Dampak negatif alkohol bagi kesehatan. http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/stress/page/21/10-dampak-negatif-alkohol-bagi-kesehatan

Pietrangelo, Ann. 2021. What Are the Effects of Alcohol on the Body?. https://www.healthline.com/health/alcohol/effects-on-body#physical 

Bagikan artikel ini