Hadirkan Banyak Manfaat bagi Kesehatan, Berikut Ini Manfaat Habbatussauda yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

5 Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak dari Anda mungkin sudah sangat familiar dengan manfaat habbatussauda yang belakangan ini tengah populer di kalangan masyarakat. Habbatussauda ternyata sudah lama digunakan sebagai obat herbal yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat habbatussauda bagi kesehatan tersebut?

Sebelum membahas mengenai manfaat habbatussauda itu sendiri, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan habbatussauda tersebut. Langsung saja, mari kita simak bersama pembahasan mengenai habbatussauda berikut ini.

Apa Itu Habbatussauda?

Mungkin banyak dari Anda yang hanya mengenal habbatussauda ini dari berbagai macam produk suplemen yang kerap dipasarkan. Namun tahukah Anda bahwa Habbatussauda sejatinya adalah biji jintan hitam? Ya, habbatussauda adalah tanaman herbal berbunga tahunan yang memiliki nama latin Nigella sativa. Tanaman yang berasal dari Asia Selatan dan Asia Barat ini, masih merupakan keluarga dari Ranunculaceae. 

Jintan hitam sebenarnya kerap digunakan sebagai bumbu penyedap makanan dan juga sering dijadikan sebagai pengawet makanan alami, di tempat asalnya yakni Timur Tengah dan India. Tanaman yang satu ini memiliki rasa dan juga aroma yang cukup khas, yakni memiliki sensasi pahit dan pedas, seperti sensasi yang dihasilkan dari perpaduan bumbu dapur bawang merah, oregano, dan lada hitam.

Manfaat Habbatussauda

Habbatussauda memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini telah dibuktikan sejak zaman dahulu, oleh seorang pemikir Islam ternama, Ibnu Sina. Dalam hal ini, ia menuliskan bahwa biji jintan hitam memiliki banyak manfaat, termasuk dalam mengobati gejala asma, serta masalah pada sistem pernapasan lainnya.

Tidak hanya itu saja, ternyata manfaat habbatussauda hingga kini masih terus diteliti. Adapun manfaat lainnya dari habbatussauda adalah sebagai berikut. 

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat habbatussauda yang bisa Anda dapatkan pertama yaitu menurunkan tekanan darah. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Iran. dalam penelitian tersebut didapatkan hasil, bahwa mengonsumsi ekstrak habbatussauda selama 2 bulan dapat menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Bahkan dalam penelitian tersebut tidak ditemukan komplikasi yang disebabkan oleh habbatussauda. 

  1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Ternyata habbatussauda juga dapat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas sperma. Dalam sebuah penelitian yang telah dilakukan pada tahun 2014 ditemukan bahwa minyak habbatussauda dapat meningkatkan kualitas sperma serta menunjang struktur jaringan organ testis. Bagi Anda perokok berat, habbatussauda sangat bermanfaat, karena kandungan nikotin dan racun dapat menurunkan kualitas sperma.

Baca Juga: Makanan Penambah Sperma yang Bisa Anda Konsumsi Agar Cepat Mendapatkan Momongan

  1. Mencegah Kanker

Habbatussauda juga memiliki manfaat yang luar biasa yaitu mencegah kanker. Hal ini karena habbatussauda memiliki kandungan antioksidan etanol yang dapat menghambat perkembangan sel kanker. Hal ini dibuktikan dari hasil uji coba yang dilakukan pada tikus. Tidak hanya itu, kandungan etanol dalam habbatussauda juga dapat memberikan perlindungan terhadap stress oksidatif. 

  1. Mengatasi Gejala Diabetes

Manfaat habbatussauda yang terakhir yaitu dapat mengatasi gejala diabetes. Hal ini karena habbatussauda memiliki kandungan thymoquinone yang dapat menghentikan penyakit diabetes tipe 1. Dalam sebuah penelitian di Mesir ditemukan bahwa ekstrak habbatussauda yang dicampur dengan rempah khas timur tengah efektif dapat menurunkan gula darah. 

  1. Melawan Bakteri Jahat

Kita semua tentu tahu bahwa bakteri adalah mikroorganisme berbahaya yang dapat menyebabkan berbagai macam infeksi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Dalam hal ini, Anda tidak perlu khawatir karena dengan konsumsi habbatussauda, Anda dapat melawan bakteri penyebab penyakit tersebut.

Habbatussauda dalam hal ini memiliki kandungan yang bersifat antibakteri, sehingga efektif dalam membasmi beberapa bakteri tertentu, seperti bakteri penyebab infeksi kulit stafilokokus pada bayi. 

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat habbatussauda yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, setelah membaca penjelasan mengenai manfaatnya tersebut, apakah Anda tertarik untuk mengkonsumsinya? 

Sebelum itu, Anda perlu memahami bahwa konsumsi habbatussauda ini sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan, mengingat berbagai manfaat dari tanaman yang satu ini masih terbatas penelitiannya. Bahkan pada beberapa studi yang telah ada, manfaat ini dilakukan pada hewan uji, yang belum tentu memiliki hasil yang sama untuk manusia. Untuk itu, cobalah untuk bijak dalam mengkonsumsinya.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Saja Tanaman Herbal Yang Dapat Mencegah COVID-19? Cari Tahu Faktanya Disini!

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. Nall, Rachel. 2020. The Health and Beauty Benefits of Black Seed Oil
  2. Habbatus Sauda Benefits, Uses & Cures.  
  3. 2020. Black Seed.
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter nutrisi & gizi sekarang!

Pesan Konsultasi