Bantuan

Apa Gunanya Air bagi Tubuh Manusia? Berikut Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Mar 2022

Bagikan

air

Mengapa manusia perlu minum dan apa gunanya air bagi tubuh manusia? Pasti banyak dari Anda selalu mendengar anjuran untuk  menjaga cairan tubuh dengan perbanyak minum. Bahkan sangat dianjurkan setiap orang untuk mengonsumsi air sebanyak 8 gelas sehari. Namun apa gunanya air bagi tubuh manusia? Temukan penjelasanya di bawah ini. 

Kegunaan Air Bagi Tubuh

  1. Menghidrasi Tubuh

Kegunaan air bagi tubuh yang paling pertama, yaitu menghidrasi tubuh sehingga Anda dapat terhindar dari dehidrasi. Mungkin dehidrasi terdengar ringan, yaitu hanya masalah kekurangan air. Akan tetapi, dehidrasi yang tidak cepat ditangani dapat menyebabkan berbagai gangguan pada kesehatan yang serius seperti gangguan fungsi ginjal, kejang, bahkan bisa mengancam nyawa. Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini Anda dianjurkan menjaga asupan air harian. 

  1. Mengontrol Suhu Tubuh

Air bagi tubuh berperan penting dapat mengontrol suhu tubuh. Pasalnya, air mampu menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh serta menghasilkan panas untuk mengontrol suhu tubuh. Tidak hanya itu, air juga berperan dalam mendinginkan tubuh melalui keringat. Pendinginan suhu tubuh juga dapat dilakukan melalui penguapan dari permukaan kulit. Pendinginan ini diperlukan untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. 

  1. Menjaga Konsentrasi

Apabila Anda kekurangan cairan  maka fungsi otak akan mengalami gangguan. Hal ini tentunya akan menyebabkan Anda sulit untuk fokus dan berkonsentrasi. Pada akhirnya, kondisi ini membuat Anda menjadi tidak produktif dan mengangu  aktivitas sepanjang hari. Oleh karena itu, apa gunanya air bagi tubuh yang selanjutnya, yaitu menjaga fungsi otak tetap maksimal sehingga dapat membuat Anda bisa berkonsentrasi. 

  1. Mencegah Konstipasi

Mungkin selama ini, banyak yang berpikir bahwa konstipasi hanya disebabkan oleh kekurangan asupan serat. Namun ternyata,  konstipasi juga dapat disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh. Dalam hal ini, ketika tubuh kekurangan cairan maka absorbsi di dalam usus besar juga akan berkurang. Kondisi ini menyebabkan konsistensi kotoran menjadi lebih keras sehingga akan menyulitkan Anda untuk buang air besar. 

  1. Membuang Sisa Metabolisme

Kegunaan air bagi tubuh yang selanjutnya. yaitu membantu membuang sisa metabolisme tubuh. Beberapa akan dikeluarkan melalui keringat, buang air kecil, dan buang air besar. Selain itu, air juga membantu ginjal dalam membuat limbah yang berasal dari darah. Hal ini tentunya sangat bermanfaat karena pembuluh darah yang mengalir ke ginjal tetap lancar. 

  1. Menjaga Tekanan Darah

Apabila Anda mengalami kekurangan cairan dalam tubuh maka dapat menyebabkan menurunnya tekanan darah. Hal ini karena, air merupakan bagian terbesar dari darah.  Jika tubuh mengalami kekurangan cairan maka darah menjadi lebih kental sehingga menyebabkan terjadinya ketidakseimbagan elektorit seperti kalium, natrium yang terdapat di dalam darah. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi asupan air untuk menjaga tekanan darah tetap normal. 

  1. Meningkatkan Stamina

Kegunaan air bagi tubuh yang terakhir, yaitu dapat meningkatkan stamina. Stamina ini diperlukan oleh tubuh agar membuat Anda bisa menjalani aktivitas sepanjang hari dengan normal, tetapi tahukah Anda stamina atau energi itu tidak hanya berasal dari makanan. Namun bisa juga berasal dari air. Mengonsumsi air yang cukup dapat membuat tubuh menjadi lebih tidak mudah lemas. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai apa gunanya air bagi tubuh yang perlu Anda ketahui. Ternyata kegunaan air bagi tubuh sangatlah penting oleh karena itu  mulailah untuk mencukupi kebutuhan air harian Anda. Namun perlu diingat bahwa air yang dikonsumsi sebaiknya air putih bukan air lainnya baik itu soda atau alkohol.

Bagi Anda yang jarang mengonsumsi air putih, mungkin bingung bagaimana cara memenuhi kebutuhan air harian. Tidak perlu bingung berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan air harian. 

  • Cobalah untuk membiasakan minum air sebelum makan. 

  • Cobalah untuk membiasakan minum 1 atau 2 gelas air setelah bangun. 

  • Sediakan botol atau tumblr yang bisa diisi air agar bisa dibawa-bawa sehingga Anda bisa minum kapan saja. 

Semoga informasi mengenai kegunaan air ini bisa bermanfaat bagi Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyebarkan informasi ini kepada orang-orang terdekat Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengenal Manfaat Air Kelapa Hijau yang Sangat Menyegarkan

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

MIgala, Jessica. 2020. 7 Health Benefits of Water Backed by Scientific Research. https://www.everydayhealth.com/water-health/water-body-health.aspx

Silver, Natalie. Why Is Water Important? 16 Reasons to Drink Up. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/why-is-water-important

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang